LAPORAN EDS 2


PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU  UTARA

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL

SMP N 2 ARGA MAKMUR

Jalan Ratu Samban 12  Arga Makmur

KECAMATAN KOTA  KABUPATEN BENGKULU UTARA

2010

LAPORAN

EVALUASI DIRI SEKOLAH

TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas taufik dan hidayah Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan Laporan EDS di SMP Negeri 2 Arga Makmur ini. Tersusunnya Laporan EDS ini tidak terlepas dari bimbingan dan masukan berbagai pihak, oleh sebab itu penulis menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya  dan penghargaan setinggi-tingginya kepada :

  1. Bapak Nahardi S.Pd selaku pengawas pembina SMP Negeri 2 Arga Makmur yang selalu memberi bimbingan dan saran agar segera menyelesaikan Laporan EDS ini.
  2. Tim Pengembang Sekolah, Pengurus Komite Sekolah, Bapak dan Ibu dewan guru dan Staf Tata Usaha SMP Negeri 2 Arga Makmur yang telah membantu dalam menyelesaikan Laporan EDS ini ini.

Dalam Laporan EDS ini tentu banyak dijumpai kekurangan-kekurangan, dengan senang hati penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun dari semua pihak untuk kesempurnaannya.

Semoga Laporan ini memberikan manfaat bagi kita semua terutama bagi sekolah

SMP N 2 Arga Makmur dan yang membacanya, akhirnya penulis kepada Allah SWT juga berserah diri.

Arga Makmur,   November 2010

Tim Pengembang Sekolah

INSTRUMEN EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS)

Daftar Isi

Nomor

Bagian

Halaman

Kata Pengantar

Daftar Isi

Pedoman Penggunaan

1.

Standar Sarana dan Prasarana

8

1.1.

Apakah sarana sekolah sudah memadai?

9

1.2.

Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara baik?

10

2.

Standar Isi

11

2.1.

Apakah kurikulum  sudah sesuai dan relevan?

12

2.2.

Bagaimana sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik?

14

3.

Standar Proses

16

3.1.

Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?

17

3.2.

Apakah RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif?

19

3.3.

Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara tepat?

21

3.4.

Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?

23

3.5.

Apakah sekolah memenuhi kebutuhan sarana peserta didik?

25

3.6.

Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?

27

4.

Standar Penilaian

29

4.1.

Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik, baik dalam bidang akademik maupun non akademik?

30

4.2.

Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar?

32

4.3.

Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?

33

5.

Standar Kompetensi Lulusan

35

5.1.

Apakah peserta didik dapat mencapai prestasi akademik yang diharapkan?

36

5.2.        Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi secara penuh sebagai anggota masyarakat?

38

6.

Standar Pengelolaan

40

6.1.

Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat, dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak?

41

6.2.

Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai?

43

6.3.

Apakah ad dampak rencana pengembangan sekolah/ rencana kerja sekolah terhadap peningkatan hasil belajar?

45

6.4.

Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid?

47

6.5.

Bagaimana cara memberikan dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan?

49

6.6.

Bagaimana cara masyarakat mengambil bagian dalam kehidupan sekolah?

51

7.

Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

52

7.1.

Apakah pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan  lain sudah memenuhi?

53

8.

Standar Pembiayaan

54

8.1.

Bagaimana sekolah mengelola keuangan?

55

8.2.

Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?

57

8.3.

Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses?

58

PENDAHULUAN

1.         Identitas Sekolah

Nama Sekolah                                                  :  SMP N 2 ARGA MAKMUR

-       Nomor Statistik Sekolah                              :  20.1.26.01.11.002

-       Alamat                                                                         :  Jln.Ratu Samban 12 Arga Makmur

:  Kecamatan Kota  Arga Makmur Bengkulu Utara

-       Nomor Telepon                    :  (0737) 522202

2.     Identitas Kepala Sekolah

-          Nama                                                                                :  BUNAZIM. S.Pd.MM

-          Tempat, Tgl. Lahir                                               :  Bengkulu Utara, 10-03-1963

-          Alamat                                                                 :  Jl.kol.Alamsyah.SH.03 Arga Makmur

-          Nomor Telepon / HP                               :  0811735420

3.     Jumlah Guru PNS                                        :  36 orang

4.     Jumlah siswa                                   :  520  orang

SMP N 2 Arga Makmur berdiri  tahun 1982 sekolah ini terletak ± 2 km dari pusat kota Arga Makmur, Tahun2009-2010 sekolah ini masuk dalam tahap persiapan SSN. Di sekolah ini juga terdapat SMP T Arga Makmur 2 yang jumlah siswa bervariasai dari tahun ke tahun (berkisar 100-150) orang .Visi sekolah ini adalah “unggul dalam prestasi berdasakan IMTAQ dan IPTEK serta dalam pelestarian Lingkunga tahun2014”

Tingkat kelulusan sekolah ini selama tiga tahun terakhir mencapai rata- rata  95% per tahun.

Luas tanah keseluruhan yang merupakan tanah milik bersertifikat SMP N 2 Arga Makmur ± 631km2 Dan sekolah ini terletak di wilayah pedesaan yang penduduk nya bervariasi dari pedagang,petani,PNS ,POLRI,dan TNI namun sebagian besar berprofessi sebagai petani yang terdiri dari berbagai suku dan etnis namun mayoritas penduduk aslinya berbahasa Rejang .

Para siswa di sekolah ini pernah mencapai prestasi gemilang di bidang Olah raga yaitu tennis lapangan yang pernah sampai di tingkat nasional,dan athletic juara 1 tingkat kabupaten ,prestasi yang lain yaitu dibidang PMR yang  berhasil meraih juara umum bergilir tingkat kabupaten.di bidang akademik prestasi yang dicapai baru sebatas juara dua tingkat kabupaten  dan kelulusan Ujian nasional 100 % .

Untuk tahun Pelajaran 2010-2011 Sekolah mulai melaksanakan kegiatan belajar tambahan untuk semua siswa  disemua tingkat yang meliputi semua mata pelajaran yang di UN kan.    Sekolah kami membebas siswa miskin dari segala macam biaya dan diberi subsidi transportasi .


1.   STANDAR SARANA DAN PRASARANA

1.1.      Apakah sarana sekolah sudah memadai?

Spesifikasi menurut standar sarana dan prasarana

  • Sekolah mematuhi standar terkait dengan sarana dan prasarana (ukuran ruangan, jumlah ruangan, dan persyaratan untuk sistem ventilasi, dll)
  • Sekolah mematuhi standar  terkait dengan jumlah peserta didik dalam kelompok belajar
  • Sekolah mematuhi standar  terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran

Indikator Pencapaian

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Catatan mengenai ukuran ruangan, jumlah dan sarana prasarana

Ukuran kelompok belajar

Catatan peralatan dan sumber belajar

Catatan pengeluaran

Lainnya (mohon jelaskan)

Setiap tahun sekolah kami meluluskan 175 sampai 210 siswadan setiap tahun juga sekolah ini menerima siswa berkisar  170 sampai 200 orang siswa .

Lahan Sekolah :

-       Luas lahan 1800 m2

-       Rasio luas lahan terhadap peserta didik 1 : 4  m2

-       Bukti kepemilikan lahan berupa setifikat

Bangunan Gedung

-       Luas lantai 2269 m2

-       Rasio luas lantai terhadap peserta didik 1:4 m2

-       Dilengkapi instalasi listrik dengan daya 180 watt

Prasarana dan Sarana

1. Ruang Kelas :

  • Banyaknya ruang kelas 16 ruang
  • Banyaknya ruang kelas yang memenuhi rasio minimum (2 m2/peserta didik) ,,, ruang
  • Banyaknya ruang kelas yang tidak memenuhi rasio minimum (2 m2/peserta didik)  0  ruang
  • Sarana ruang kelas yang tersedia meja kursisiswa,guru,papan pengumuma,tulis

3

2. Ruang Perpustakaan

  • Luas Ruang Perpustakaan  84  m2
  • Ruang perpustakaan mudah/sukar diakses
  • Sarana ruang perpustakaan yang tersedia .penerangan lstrik,akses internet,dll

3. Laboratorium IPA

  • Luas laboratorium 108  m2
  • Sarana laboratorium yang tersedia  penerangan lstrik,akses internet,dll

4. Ruang Pimpinan

  • Luas ruang pimpinan 64 m2
  • Sarana ruang pimpinan yang tersedia penerangan lstrik,akses internet,dll

5. Ruang Guru

-       Luas lantai 72 m2

-       Rasio luas lantai  1:1 m2/pendidik

  • Ruang guru dilengkapi dengan  lstrik,akses internet,dll

6. Tempat beribadah

  • Luas lantai … m2
  • Sarana yang tersedia  penerangan lstrik,akses internet,dll

7. Ruang UKS

  • Luas lantai 32  m2
  • Sarana yang tersedia  penerangan lstrik,akses internet,dll

8. Jamban

  • Jumlah jamban 6 buah
  • Luas lantai tiap jamban 3 m2
  • Setiap jamban tersedia air yang cukup/tersedi
  • Sarana yang tersedia keran air PDAM

9. Gudang

  • Luas lantai 9 m2
  • Sarana yang tersedia listri,rak penyimpanan dll
10. Ruang Sirkulasi

11. Tempat Bermain / Berolahraga

  • Tempat bermain berfungsi sebagai … (area bermain, berolah raga, pendidikan jasmani, upacara, dan kegiatan ekstra kurikuler)
  • Luas tempat bermain/berolah raga  m2.
  • Rasio tempat bermain/berolahraga 20 m2/peserta didik

(Untuk SMP ditambah}

12. Ruang Tata Usaha (Urutan 6)

  • Luas ruangan 72 m2
  • Raio luas ruangan 9 m2/petugas
  • Sarana yang tersedia dalam ruang tata usaha listrik,almari,meja kursi tu dll

13. Ruang Konseling (Urutan 8)

  • Luas ruangan 9 m2
  • Sarana yang tersedia dalam ruang konseling listrik,meja kursi,akses internet dll

14. Ruang Organisasi Kesiswaan (Urutan 10)

  • Luas ruangan 9 m2
  • Sarana yang tersedia dalam ruang listrik,meja kursi,akses internet.papa n tulis

1.2.        Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik?

Spesifikasi dalam standar sarana dan prasarana

q Bangunan

Ÿ  Pemeliharaan bangunan dilaksanakan paling tidak setiap 5 tahun sekali

Ÿ  Bangunan  mudah, aman, dan nyaman untuk semua peserta didik, termasuk  penyandang cacat .

Indikator Pencapaian

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

  • Catatan pengeluaran

˅

-       Pemeliharaan Bangunan.

  • Kami membuat pemelihaharaan … (jangka pendek, jangka menengah, jangka panjang)
  • Kami melaksanakan program pemeliharaan … (catatan kegiatan pemeliharaan)
  • Kami memiliki program 7 K
  • Kami melaksanakan program 7 K ….

-       Kondisi Bangunan

  • Kemudahan Akses

ü  Jalan menuju sekolah ada/tidak ada dan berfungsi/tidan berfungsi

ü  Sekolah kami mudah/sukar dijangkau

  • Keamanan

ü  Sekolah kami … pagar dan …

ü  Bangunan gedung dilengkapi dengan … (penangkal petir, pemadam kebakaran).

ü  Sekolah kami memiliki/tidak memiliki petugas keamanan

  • Kebersihan

ü  Sekolah dalam keadaan bersih/kurang bersih/tidak bersih.

ü  Sekolah memiliki/tidak memiliki tempat sampah yang cukup/kurang

ü  Sekolah kami memilki/tidak memiliki tempat pembuangan akhir.

3

·      Observasi

  • Pendapat peserta didik
  • Pendapat guru
  • Kehadiran peserta didik yang berkebutuhan khusus

V

V

·      Lain-lain (silahkan jelaskan)

Sampai saat ini Alhamdulillah belum ada peserta didik kami yang merupakan penyandang cacat , kecuali hanya kurang kecerdasan .

.

  • Keindahan

ü  Keindahan terpelihara/tidak terpelihara.

ü  Sekolah memiliki/tidak memiliki taman yang terpelihara/kurang terpelihara/tidak terpelihara.

ü  Sekolah kami rindang/kurang rindang/tidak rindang.

  • Kenyamanan

ü  Suasana sekolah kami nyaman/kurang nyaman/tidak nyaman.

ü

2.    STANDAR ISI

2.1.        Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?

Spesifikasi dalam standar isi

q Kerangka kerja dasar dan struktur kurikulum

Ÿ  Kurikulum mata pelajaran memenuhi standar untuk jenis  satuan pendidikan

q Kurikulum untuk tingkat satuan pendidikan

Ÿ Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan mempergunakan panduan yang memadai  yang disusun BNSP.

Ÿ Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat dan kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran

Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Kurikulum tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah

V

Kerangka Dasar Kurikulum

-       Kurikulum sekolah kami memuat 5 kelompok mata pelajaran.(ada 5 kelompok, sebutkan yang dimuat)

-       Kurikulum dikembangkan berdasar 7 prinsip. (ada 7 prinsip)

Struktur Kurikulum

-       Kurikulum sekolah kami memuat  ( 8/10 mata pelajaran, muatan local, pengembangan diri)

-       Pembelajaran pada kelas rendah menggunakan/tidak menggunakan pendekatan tematik / mata pelajaran. (Khusus SD)

-       Jumlah jam pembelajaran perminggu adalah 36 jam pembelajaran.

-       Alokasi waktu tiap jam pembelajaran adalah 40 menit.

-       Jumlah minggu efektif dalam setahun 72 minggu.

-       Silabus tersedia/tidak tersesedia untuk semua mata pelajaran, termasuk mata pelajaran muatan local.

-       RPP tersedia/tidak tersedia untuk semua mata pelajaran, termasuk mata pelajaran muatan local.

4

Kurikulum tersedia untuk mata pelajaran tambahan untuk memenuhi kebutuhan daerah

V

Wawancara dengan orang tua peserta didik V

Wawancara dengan peserta didik

V
Lain-lain
Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran

-       Sekolah kami memiliki/tidak memiliki Tim Pengembang Kurikulum.

-       Dalam penyusunan kurikulum kami melibatkan … (Kepala Sekolah, Pendidik, Komite Sekolah, Tokoh Masyarakat) ya

-       Kami menyusun kurikulum menggunakan/tidak menggunakan Panduan Penyusunan Kurikulum dari BNSP.

-       Kurikulum sekolah kami disusun … (setiap tahun, 2 tahun sekali, …)

-       Kurikulum kami memuat muatan lokal yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah yaitu … (Bahasa Daerah, Bahasa Inggris, PLH, …)ya

-       Kurikulum kami memuat pengembangan diri yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, yaitu … (Sebutkan)

-       Olah Raga,Pramuka,PKS,PASKIB,Seni,English Club,KIR,PMR

..

2.2.        Bagaimana sekolah menyediakan apa yang dibutuhkan dalam pengembangan pribadi peserta didik?

Spesifikasi dalam standar isi

§  Sekolah mematuhi standar untuk menyediakan apa yang dibutuhkan bagi pengembangan pribadi peserta didik termasuk konseling dan kegiatan ekstra kurikuler

Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Wawancara peserta didik

V

Ekstra Kurikuler :

-       Kami menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler … (Sebutkan) OlahRaga,Pramuka,PKS,PASKIB,Seni,English Club,KIR,PMR

-       Kami memnyelenggarakan berdasarkan/tidak berdasarkan kebutuhan peserta didik. (Jenis kelamin, minat, bakat, dan usia peserta didik)

-       Kami mengorganisasikan / tidak mengorganisasikan kegiatan ekstra kurikuler.(Program/Perencanaan, catatan kegiatan, evaluasi, rencana tidak lanjut)

Bimbingan dan Konseling

-       Kami menyelenggarakan / tidak menyelenggarakan kegiatan Bimbingan dan Konseling.

-       Kami mengorganisasikan / tidak mengorganisasikan kegiatan Bimbingan dan Konseling.(Program/Perencanaan, catatan kegiatan, evaluasi, rencana tidak lanjut)

-

4

Wawancara orang tua peserta didik

V

Observasi V

Laporan mengenai kegiatan sekolah

V
Lain-lain

3.   STANDAR PROSES BELAJAR

3.1.      Apakah silabus sudah sesuai dan relevan?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

Standar proses belajar

A: Silabus

Ÿ Silabus dikembangkan berdasarkan standar isi, standar kompetensi kelulusan dan panduan kurikulum (KTSP)

Ÿ Silabus diarahkan pada pencapaian standar standar kompetensi lulusan

Bukti prestasi sekolah ((Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah

V

-       100% ( 36 orang) pendidik pada seolah kami memiliki/tidak memiliki silabus.

-       Silabus dikembangkan didasarkan/tidak didasarkan pada standar isi, standar kompetensi lulusan dan KTSP.

-       Silabus mengarah/tidak mengarah pada pada pencapaian SKL

-       Silabus selalu/jarang/tidak dikaji setiap tahun untuk disesuaikan dengan perubahan kebutuhan pembelajaran.

3

Wawancara dengan orang tua peserta didik V

Wawancara dengan peserta didik

V
Lain-lain

..

3.2.        Apakah RPP direncanakan untuk mencapai pembelajaran efektif

Spesifikasi dalam standar proses belajar

B: Rencana Pelaksanaan Pembelajar

Ÿ  Prinsip- prinsip perencanaan pembelajaran – Setiap guru harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mencakup identitas mata pelajaran, standar kompetensi, tujuan belajar, bahan mengajar, alokasi waktu,  metode belajar, dan evaluasi. Kegiatan belajar mencakup pendahuluan, kegiatan inti , dan penutup

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Reviu RPP

V

-       100 ( 36 orang ) pendidik di sekolah kami menyusun Program Semester dan Program Tahunan.

-       100 % ( 36 orang ) pendidik memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

-       RPP dikaji/direvieu setiap tahun atau tidak.ya

-       RPP mencakup/memuat … (Identitas mata pelajaran, SK, KD, Indikator pencapaian, Tujuan pembelajaran, Materi ajar, alokasi waktu, Metode pembelajaran, Kegiatan pembelajaran, Penilaian hasil Belajar, dan sumber belajar).ya

3

Observasi kelas

V

Interviu guru

V

Interviu peserta didik

V

Lainnya

.

3.3.        Apakah sumber belajar untuk pembelajaran dapat diakses dan dipergunakan secara  tepat?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

Implementasi Proses Belajar

  • Selain buku text pelajaran, guru menggunakan buku panduan guru, buku pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lainnya.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti berikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Jumlah dan jenis buku pelajaran yang dipergunakan

V

-       Sumber belajar yang tersedia …(buku teks, buku pengayaan, buku referensi, perpustakaan, laboratorium, Lingkungan, lainnya)

-       Buku teks lebih/cukup/tidak cukup untuk satu siswa satu buku.

-       Selain teks, guru menggunakan sumber belajar lainnya yaitu … (Panduan guru, buku pengayaan, buku referensi, buku sumber belajar lainnya)

-       Semua/sebagian besar/sebagian kecil guru kami memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.

-       Semua/sebagian besar/sebagian kecil siswa memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar.ya

3

Ketersediaan dan penggunaan bahan bacaan tambahan

V

Observasi kelas menunjukkan penggunaan alat peraga dan hasil karya peserta didik dipajang

V

Wawancara dengan peserta didik

V

Lain-lain (tuliskan)

..

3.4.        Apakah  pembelajaran  menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

q Implementasi proses belajar

Ÿ  Para guru mengimplementasikan rencana belajar dengan mempergunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik

Ÿ  Para peserta didik berpeluang untuk  melakukan ekplorasi, elaborasi,  dan  konfirmasi

Ÿ  Para Guru memiliki kemampuan  mengimplementasikan pengelolaan kelas yang efektif

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda pada jenis bukti yang dipergunakan)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Tingkat/jumlah DO

V

-       90% (36 orang ) pendidik melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang ditetapkannya.

-       Dalam proses pembelajaran 95 (36orang) pendidik menggunakan metode yang interaktif,inspiratif, menyenangkan,menantang, dan memotivasi peserta didik.

-       Dalam proses pembelajaran 100 % (36orang) pendidik menerapkan siklus pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, (eksploratif, kolaboratif, konfirmatif)

-       95% (36 orang) pendidik mengelola kelas secara efektif. (mengatur tempat duduk sesuai karakter pembelajaran, memajang hasil karya siswa)

3

Kehadiran peserta didik

Wawacara dengan guru dan peserta didik

V

Observasi sesama guru

V

Observasi Pengajaran

V

Rencana pengajaran dan reviu guru setelah menyampaikan pengajaran

V

Lain-lain (tuliskan)


3.5.        Apakah sekolah memenuhi  kebutuhan semua peserta didik?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

q Perencanaan proses belajar

Ÿ  Rencana pembelajaran dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan atau lingkungan peserta didik.

q Implementasi proses belajar

Ÿ  Guru menggabungkan pendekatan tematis dan mendorong dipertimbangkanya isu keanekaragaman dan lintas budaya

Ÿ  Guru menghargai pendapat peserta didik

Ÿ  Guru menghargai peserta didik tanpa memandang agama, ras, jenis kelamin dan keadaan sosial ekonomi mereka

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Prestasi peserta didik dalam Ujian Nasional

V

Perencanaan Proses Belajar

100 % ( 36 orang) pendidik dalam menyusun Rencana Pembelajaran memperhatikan segala perbedaan kebutuhan pada peserta didik.

3

Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

V

Kehadiran peserta didik V
Observasi sesama guru V
Rencana pengajaran guru V
Lain-lain

Implementasi Proses Belajar

-          … % pendidik menggabungkan pendekatan tematis dan mempertimbangkan isu keanekaragaman dan lintas budaya.

-          … % (…orang) pendidik menawarkan bantuan atau penjelasan tambahan bagi sebagian peserta didik setelah jam sekolah

-          …% (…orang) pendidik memberi respon positif terhadap pendapat yang dikemukakan peserta didik.

..

3.6. Bagaimana cara sekolah mempromosikan dan mempertahankan etos pencapaian prestasi?

Spesifikasi dalam standar proses belajar

  • Implementasi Proses Belajar

q   Semua anak didik mendapat perlakuan adil dan pendapat mereka dihargai.

q   Guru-guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Observasi terhadap sikap guru terhadap anak didik, khususnya dalam hal memberikan pujian.

V

-          100% (…36 orang) pendidik dalam proses pembelajaran selalu menciptakan hubungan baik antara pendidik dan peserta didik.

-          Semua peserta didik kami diperlakukan dengan hormat/baik dan diharapkan menunjukkan tanggung jawab dan dukungan bagi sesama peserta didik

-          100 % (36 orang) pendidik selalu memberi penghargaan kepada siswa yang menunjukkan keberhasilan

-          Peserta didik dan para pendidik memiliki keinginan berprestasi dan mengharapkan pihak lainpun demikian.

-          100 % (36 orang) pendidik selalu member penguatan terhadap hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung.

3

Menjadikan pekerjaan anak didik sebagai pajangan di kelas atau bahan pelajaran yang dibuat oleh anak didik.

V

Perilaku lain yang relevan V
Lain-lain

4. Standar Penilaian

4.1 Sistem apakah yang sudah tersedia untuk memberikan penilaian bagi peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik?

Spesifikasi dalam standar evaluasi

  • Guru membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian peserta didik
  • Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk kriteria penguasaan minimum
  • Guru melaksanakan penilaian pada interval yang reguler berdasarkan rencana yang telah dibuat
  • Guru menerapkan berbagai teknik penilaian dan jenis penilaian untuk memonitor perkembangan dan kesulitan peserta didik

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional

V

-          100% (36 orang) pendidik ) membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian peserta didik.(Kisi-kisi soal, Naskah soal, Kunci Jawaban, rubrik penilaian).

-          100 % (36 orang) pendidik meyusun KKM untuk mata pelajaran yang akan diujikan.

-          100 % (36 orang) pendidik mengimpormasikan rubrik penilaian dan KKM kepada peserta didik.

-          100 % (36 orang) pendidik melaksanakan ulangan secara berkala sesuai dengan rencana untuk setiap mata pelajaran.

-          100 % (36  orang) pendidik menerapkan berbagai tehnik dan jenis penilaian untuk memonitor perkembangan dan berbagai kesulitan peserta didik. (tes, observasi, penugasan, unjuk kerja, diskusi, kerja kelompok)

3

Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

V

Wawancara dengan orang tua dan peserta didik V
Rencana pengajaran guru V
Lain-lain

4.2   Bagaimana  penilaian berdampak pada  proses belajar?

Spesifikasi dalam standard proses belajar

q Evaluasi oleh guru

Ÿ  Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik

Ÿ  Guru mempergunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Pencapaian peserta didik dalam Ujian Nasional

V

-            100 % (36 orang) pendidik mereviu tingkat kemajuan semua peserta didik pada akhir setiap semester dan mempergunakan informasi untuk merencanakan program pembelajaran selanjutnya.

-            100  % (36 orang) pendidik menyusun dan melaksanakan analisa hasil belajar dan menyusun/melaksanakan rencana tindak lanjutnya.

-            100  % (36  orang) pendidik melaksanakan perbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik dan melaporkan hasilnya kepada orangtua peserta didik.

-            100 % (36 orang) pendidik secara rutin menyimpan catatan dan memastikan kemajuan peserta didik dalam tingkat yang sesuai dengan cara mempergunakan penilaian untuk memberikan masukan dalam perencanaan mereka

-            100 % (36 orang) pendidik melaporkan hasil penilaian yang disertai komentar perbaikan kepada orangtua peserta didik.

3

Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

V

Wawancara dengan orang tua dan peserta didik V
Rencana pengajaran guru V
Lain-lain
4.3. Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?

Spesifikasi dalam standar penilaian

·         Penilaian berdasarkan  unit pendidikan

Sekolah  melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran  pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk  buku laporan pendidikan

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Wawancara peserta didik

V

-          Sekolah  melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran  pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk  buku laporan pendidikan

-          Sekolah melaporkan hasil Bimbingan dan Konseling terhadap orangtua peserta didik.

3

Wawancara orang tua

V

Wawancara guru V
Laporan kegiatan sekolah V
Lain-lain
5. Kompetensi Lulusan
5.1. Apakah peserta didik dapat mencapai pencapaian akademis yang diharapkan?

Spesifikasi dalam  Standar Kompetensi Lulusan

q  Hasil belajar peserta didik sesuai dengan standar menurut usia dan mata pelajaran.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Kemajuan yang dicapai peserta didik dalam ketrampilan menulis, membaca dan berhitung -          Peserta ujian ( siswa kelas enam) memiliki rata-rata nilai ujian … (melebihi standar ketuntasan belajar nasional pada seluruh mata pelajaran, sesuai standar nasional pada mata pelajaran tertentu, masih di bawah standar nasional pada mata pelajaran tertentu, masih di bawah standar nasional untuk semua mata pelajaran)

-          Siswa memiliki rata-rata nilai (raport) …(melebihi standar ketuntasan belajar nasional pada seluruh mata pelajaran, sesuai standar nasional pada mata pelajaran tertentu, masih di bawah standar nasional pada mata pelajaran tertentu, masih di bawah standar nasional untuk semua mata pelajaran)

-          Pencapaian prestasi akademik peserta didik mengalami kemajuan/tetap/kemunduran dari tahun ke tahun.

3

Hasil Ujian
Hasil-hasil tes
Mutu pekerjaan sekolah yang dihasilkan
Hasil-hasil yang dicapai secara perorangan atau bersama
Lainnya (tuliskan)

..

5.2. Apakah peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat?

Spesifikasi dalam  Standar Kompetensi Lulusan

q  Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik

q  Sekolah mengembangkan ketrampilan hidup

q  Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Catatan pencapaian pribadi dan sosial peserta didik V

-          100 % peserta didik berperilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku.

-          100 % peserta didik menerapkan ajaran agama dalam kehidupan mereka secara konsisten.

-          Potensi dan minat dari 95 % peserta didik  telah berkembang melalui partisipasi mereka dalam berbagai jenis kegiatan.

-          Sekolah menyediakan/tidak menyediakan berbagai kegiatan pengembangan diri.

3

Kehadiran peserta didik pada kegiatan ekstra kurikuler V
Pencapaian dalam olahraga V
Catatan mengenai program budaya V
Laninya (tuliskan)
6. Standar Pengelolaan
6.1. Apakah kinerja pengelolaan berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak?

Spesifikasi dalam standard pengelolaan

·         Perencanaan Program

q  Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan  pihak berkepentingan.

q  Rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengelolaan sekolah/madrasah yang ditunjukkan dengan kemandirian,  kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Pernyataan Visi dan misi sekolah

V

-          Sekolah memiliki/tidak memiliki Komite Sekolah.

-          Komite Sekolah memiliki … (Struktur Organisasi yang lengkap dengan tupoksi, AD ART, Rencana Kerja, Catatan Kegiatan,ya)

-          Sekolah memiliki/tidak memiliki Visi dan Visi.

-          Dalam perumusan dan penyusunan Visi dan Misi sekolah melibatkan … (Kepala Sekolah, Pendidik, Tenaga  Kependidikan, Komite Sekolah, Orangtua peserta didik, Tokoh masyarakat)ekolah ya

-          Visi dan Misi Sekolah disosialisasikan kepada .. (Semua warga sekolah, Orangtua Siswa, Masyarakat Sekitar ) ya

-          Visi dan Misi telah difahami oleh … (Semua warga sekolah, Orangtua Siswa, Masyarakat Sekitar).ya

-          Sekolah merevieu/tidak Visi dan Misi secara berkala.

-          Kepala Sekolah memiliki/ tidak memiliki Rencana Kerja.

-          Pimpinan sekolah kami mendorong evaluasi diri dan memperkuat budaya dimana seluruh staf merasa mampu dan percaya diri membangun mutu  baik di kelas maupun di luar kelas sesuai Rencana Kerja Sekolah.ya

4

Dokumen penyebarluasan rumusan visi dan misi kepada pemangku kepentingan

V

Agenda/catatan hasil pertemuan komite sekolah V
Dokumen/bukti lainnya V
Lain-lain

..

6.2. Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan

  • Perencanaan Program

q  Sekolah merumuskan tujuan yang jelas dan rencana kerja untuk pengembangan dan perbaikan dan disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang bekepentingan.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Tujuan dan Rencana

V

-          Sekolah memiliki/tidak memiliki rencana kerja yang jelas dan relevan untuk jalannya sekolah dengan lancar

-          Dalam menyusun program kerja, kepala sekolah melibatkan …. (Pendidik, Tata Usaha, Penjaga, …, Peserta Didik.

-          Rencana kerja sekolah disosialisasikan kepada … (peserta didik, orang tua, pendidik, tenaga kependidikan, pemangku kepentingan) agar dipahami dengan baik ya

-          Sekolah mengevaluasi / tidak mengevaluasi program kerja secara berkala dan membuat program tindak lanjut hasil evaluasi.ya

-          Sekolah menyusun/tidak menyusun tujuan sekolah yang dibuat berdasarkan hasil yang akan dicapai bagi para peserta didik dan sejalan dengan prioritas daerah dan pusat.

-          Tujuan sekolah disosialisasikan kepada … (peseta didik, orang tua, pendidik, tenaga kependidikan, pemangku kepentingan) agar dipahami dengan baik ya

-          Sekolah menyusun/tidak menyusun Rencana Pengembangan Sekolah.

-          Rencana Pengembangan Sekolah didasarkan pada hasil Evaluasi Diri Sekolah.ya

-          Rencana Pengembangan Sekolah disosialisasika kepada … (warga sekolah, masyarakat sekitar, …) ya

3

Pendokumentasian dan sosialisasi rencana

V

Lain-lain

..

6.3. Dampak rencana pengembangan sekolah terhadap peningkatan hasil belajar?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan

Perencanaan Program

q Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah/madrasah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah

  • Supervisi dan Penilaian

q Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja  sekolah.

q Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan dalam rangka pelaksanaan SNP

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Laporan evaluasi diri sekolah V -          Sekolah menyusun/tidak menyusun RKAS sebagai implementasi Rencana Kerja Tahunan yang didasarkan pada rencana jangka menengah.

-          Sekolah melaksanakan/tidak melaksanakan evaluasi diri sekolah secara berkala.

-          Sekolah menyusun/tidak menyusun Laporan Evaluasi Diri sekolah

-          Sekolah membuat/tidak membuat Rencana Tindak Lanjut dari hasil evaluasi diri sekolah.

-          Sekolah menyusun/tidak menyusun  indicator keberhasilan sekolah.

-          Sekolah menetapkan/tidak menetapkan prioritas kegiatan perbaikan kinerja sekolah.

-          Sekolah mensosialisasikan/tidak mensosialisasikan indicator keberhasilan dan prioritas perbaikan kinerja.

3

Kemajuan dalam implementasi rencana pengembangan sekolah V
Interviu dengan peserta didik V
Interviu dengan orang tua V
Laporan guru kepada kepala sekolah mengenai pencapaian mereka V
Laninya (tuliskan)

….

6.4. Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan

q  Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang memadai, efektif, efisian dan dapat dipertanggung jawabkan

q  Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif dan dapat diakses

q  Sekolah menyediakan laporan dan data yang dibutuhkan oleh kabupaten dan tingkatan lain dalam sistem

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Informasi dan data mutakhir dan dapat diandalkan

V

-          Sekolah memiliki program pengelolaan informasi berupa … (perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut)

-          Sarana informasi yang tersedia … (Website, telepon, papan pengumuman, kotak saran)ya

-          Stake holder mudah/sulit mengakses informasi tentang pengelolaan sekolah.

-          Sekolah memiliki/tidak memiliki petugas pelayanan informasi.

-          Sekolah memiliki data pengelolaan sekolah yang … (lengkap, kurang lengkap, tidak lengkap)

-          Sekolah melaporkan/tidak melaporkan data pengelolaan sekolah kepada dinas terkait secara rutin.

3

Rencana Pengembangan sekolah berdasarkan bukti-bukti yang ditujukan dari data

V

Diknas kabupaten memiliki  catatan mengenai kegiatan dan pencapaian sekolah V
Lain-lain

..

6.5. Bagaimanakan cara mendukung dan memberikan kesempatan pengembangan profesi bagi para guru dan tenaga kependidikan

Spesifikasi dalam standar pengelolaan

  • Pendidik dan Tenaga Kependidikan

q  Sekolah mengatur kefektifan program pendidik dan tenaga kependidikan, termasuk pengembangan profesi

  • Supervisi dan Evaluasi

q  Supevisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan dilaksanakan sesuai dengan standar guru dan tenaga kependidikan

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Penilaian tahunan guru dan pegawai lain oleh kepala sekolah

V

-          Sekolah memilikitidak memiliki program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan.

-          Program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan yang dilaksanakan sekolah adalah … (pembagian tugas, pemberian penghargaan, pengembangan profesi)ya

-          Sekolah mempromosikan/belum mempromosikan pendidik dan tenaga kependidikan.

-          Sekolah memiliki/tidak memiliki program peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.

-          Sekolah memfasilitasi/tidak memfasilitasi pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan kompetensinya.

-          Kepala Sekolah membuat/tidak program supervisi pengelolaan secara rutin dan berkala.

-          Kepala Sekolah melaksanakan/tidak melaksanakan supervisi pengelolaan danmenindaklanjutinya sesuai program yang telah dibuat.

-          Kepala Sekolah membuat/tidak program supervisi pembelajaran secara rutin dan berkala.

-          Kepala Sekolah melaksanakan/tidak melaksanakan supervisi pembelajaran dan menindaklanjutinya sesuai program yang telah dibuat.

3

Interviu guru

V

Observasi V
Laporan guru kepada kepala sekolah mengenai prestasi yang dicapai V
Perbaikan dan pengembangan guru dari waktu ke waktu V
Lain-lain

..

6.6. Bagaimanakan cara masyarakat daerah mengambil bagian dalam kehidupan sekolah?

Spesifikasi dalam standar pengelolaan

q  Sekolah melibatkan anggota masyarakat dan publik dalam mengelola aspek non akademis sekolah

q  Warga sekolah harus dilibatkan dalam pengelolaan akademis dan non akademis

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Catatan mengenai dukungan komite sekolah

V

-          Masyarakat mendukung/tidak mendukung sekolah dilibatkan dalam pengelolaan non akademik.

-          Sekolah menjalin kemitraan dengan … (Komite Sekolah, Msyarakat sekitar, Lembaga kemasyarakatan, Dunia Usaha, Pemerintah setempat, Sekolah mitra, Asosiasi alumni) dalam kegiatan non akademik.ya

-          Semua warga sekolah terlibat dalam semua kegiatan sekolah.ya

3

Tingkat pendaftaran peserta didik

V

Interviu dengan perwakilan masyarakat setempat V
Lain-lain

7.      STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA PENDIDIKAN

7.1. Apakah pemenuhan jumlah guru dan pegawai lain sudah memadai?
Spesifikasi dalam standar pendidik dan tenaga kependidikan

q  Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan memenuhi standar

q  Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan memenuhi standar

q  Pendidik  dan tenaga kependidikan memenuhi standar kompetensi

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Jumlah dan kualifikasi guru

V

Kepala Sekolah

-          Tingkat pendidikan Kepala Sekolah adalah … (SLTA, D-2, S-1, S-2)

-          Jenis Pendidikan … (Pendidikan / Non Pendidikan)

-          Kepala Sekolah sudah/belum bersertifikat Guru.

Guru

-          Jumlah guru kelas … orang, lebih/cukup/kurang (Khusus SD)

-          Jumlah guru mata pelajaran …36 orang, cukup/kurang

-          95  % (36 orang) guru berijasah S-1.( … orang S-1 pendidikan, … orang S-1 non pendidikan)

-          …100 % (36 orang) guru) memiliki latar pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.

-          42 % (36 orang) guru telah bersertifikat Guru

3

Jumlah dan kualifikasi tenaga pendidik

V

Beban mengajar guru V
Laporan kepala sekolah mengenai supervisi guru V
Penilaian terhadap guru dan tenaga pendidik V
Lain-lain
Tenaga Kependidikan yang kami miliki :

  1. Tenaga Administrasi

-          Jumlah 26 orang, lebih/cukup/kurang

-          Pendidikan sarja.dan SLTA

  1. Pustakawan

-          Jumlah 3 orang, lebih/cukup/kurang

-          PendidikanD3

  1. Laboran

-          Jumlah 2 orang, lebih/cukup/kurang

-          Pendidikan SLTA

  1. Konselor

-          Jumlah 3 orang, lebih/cukup/kurang

-          Pendidikan S1

  1. Penjaga

-          Jumlah 1 orang, lebih/cukup/kurang

-          Pendidikan…

  1. Tukang kebun

-          Jumlah 2 orang, lebih/cukup/kurang

-          Pendidikan MEA

  1. Security

-          2 0rang

-          Pendidikan  SLTA

8. Standar Pembiayaan
8.1 Bagaimana sekolah mengelola keuangan?

Spesifikasi dalam standar pembiayaan

Ÿ  Pengelolaan keuangan sekolah

q Anggaran sekolah dirumuskan merujuk peraturan pemerintah pusat dan daerah

q Pengelolaan keuangan sekolah transparan, efisien, dan akuntabel.

q Sekolah membuat pelaporan  keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan V -          RAPBS dirumuskan merujuk/tidak merujuk  pada peraturan pemerintah.

-          Penyusunan RAPBS melibatkan …(Kepala sekolah, Pendidik, Tenaga Kependidikan, Komite Sekolah, Orangtua Peserta Didik, Tokoh Masyarakat)ya

-          Sekolah melakukan pembukuan keuangan yang dilengkapi/tidak dilengkapi dengan bukti pengeluaran yang sah.

-          Sekolah memajang laporan kinerja efektifitas anggaran di … (Ruang Kepala Sekolah, Ruang Guru, Ruang Tata Usaha, Ruang Pengumuman Sekolah)ya

-          Pendapatan dan pengeluaran keuangan sekolah dilaporkan/tidak dilaporkan secara periodik kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.

-          Sekolah melakukan/tidak melakukan  pertanggung jawaban penggunaan keuangan secara menyeluruh kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.

3

Laporan pendapatan dan penggunaan keuangan sekolah kepada pemerintah dan pemangku kepentingan. V
Pembukuan keuangan sekolah V
Wawancara dengan komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan V
Catatan hasil pertemuan dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang relevan. V
Laninya (tuliskan)
8.2 Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?

Spesifikasi dalam standar pembiayaan

q Sekolah  memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan V

-          Sekolah kami menjalin kemitraan dengan … (DUDI)

-          Sekolah kami mengembangkan hubungan kerjasama dengan pemangku kepentingan khususnya orang tua yang mampu membantu sekolah kami ya

-          Sekolah kami  melanjutkan hubungan kami dengan alumni.

-          ……………………………………………………………..

3

Catatan alumni V
Catatan hasil pertemuan dengan pemangku kepentigan yang relevan V
Catatan pendapatan dari semua sumber V
Interviu dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang relevan. V
Laninya (tuliskan)

8.3 Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses?

Spesifikasi dalam standard pembiayaan

q SPP siswa sekolah ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua

q Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi

Bukti-bukti prestasi sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis buktiberikut)

Ringkasan prestasi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Tingkat yang dicapai

Angka peserta didik yang masuk dan keluar

V

-          Sekolah kami membebaskan semua peserta didik dari segala bentuk pembiayaan penyelenggaraan pendidikan.

-          Sekolah kami menerima semua anak usia sekolah dari berbagai tingkatan sosial ekonomi.ya

3

Wawancara dengan anak didik

V

Wawancara dengan orang tua V
Wawancara dengan yang mewakili masyarakat V
Wawancara perwakilan masyarakat daerah V
Catatan SPPyang dibayarkan V
Tingkat putus sekolah V
Lain-lain

PENUTUP

Puji syukur  saya  sampaikan kehadirat Allah SWT  yang mana  atas izin Nya jua lah Laporan EDS ini dapat diselesaikan.

Laporan EDS ini dapat kami selesaikan atas bantuan dan kejasama dari pihak komite Sekolah, Pengawas Pembina dan teman – teman guru dan Tata Usaha yang tergabung dalam Tim Penyiapan Akreditasi sekolah ,Wakil Kepala Sekolah bidang Peningkatan mutu relevansi dan daya saing dan Wakil kepala Sekolah bidang Peningkatan akses tata kelola dan pencitraan public beserta semua jajaran nya .

Laporan hasil EDS ini mencerminkan keadaan  yang sebenarnya pada saat ini sehingga dapat dipedomani untuk penyususnan rencana pengembangan sekolah di masa yang akan datang .

semoga Allah SWT dapat memberi limpahan ganjaran pahala yang sebesar – besarnya.

Darri hasi EDS ini direkumendasi Kepala sekolah dapat Melakukan PTS tentang Standar proses dan Standar Tendik yang dalam 2 Standar ini di temukan hal – hal ssbb.1.Masih ada 2 orang guru yang dalam peroses PBM belum menerapkan method CTL.

2.Masih ada 2 belum berijazah S1 atau D4.

Kepada semua  pihak  yang telah membantu penyelesaian Laporan ini saya ucapkan terima kasih dan perhargaan yang setinggi – tingginya

Arga Makmur  November 2010

Ketua Komite Sekolah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 Kepala Sekolah

Drs.SAIFUL AMRI                                                                                                                                                                                     BUNAZIM,SPd.MM

NIP.1963031019870317

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s