APKG


ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG ) 1

LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN *)

 

 

NAMA GURU/MAHASISWA

:

…………………………………………..

 

N I M

:

…………………………………………..

 

TEMPAT MENGAJAR

:

…………………………………………..

 

KELAS

:

…………………………………………..

 

MATA PELAJARAN

:

…………………………………………..

 

WAKTU

:

…………………………………………..

 

TANGGAL

:

…………………………………………..

 

PETUNJUK

 

Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini:

 

1.   Menentukan bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan

      1.1  Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum (GBPP)

1.2  Merumuskan tujuan .*)

 1           2           3           4            5

                Rata-rata butir 1 = A

2.             Mengembangkan dan mengorgani-sasikan materi, media (alat bantu pembelajaran), dan sumber belajar

    2.1   Mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran

    2.2   Menentukan dan mengembangkan alat bantu perbaikan pembelajaran

    2.3   Memilih sumber belajar

Rata-rata butir 2 = B

3. Merencanakan skenario kegiatan

    pembelajaran

    3.1   Menentukan jenis kegiatan perbaikan pembelajaran

    3.2   Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran

    3.3   Menentukan alokasi waktu perbaikan pembelajaran

    3.4   Menentukan cara-cara memotivasi siswa

    3.5   Menyiapkan pertanyaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 3 = C

4. Merancang pengelolaan kelas

    4.1   Menentukan penataan ruang dan fasilitas belajar

    4.2   Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam pembelajaran

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 4 = D

5. Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan alat penilaian

    5.1   Menentukan prosedur dan jenis penilaian

    5.2   Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 5 = E

 

 

 

 

6. Tampilan dokumen rencana  pembelajaran

    6.1   Kebersihan dan kerapian

    6.2   Penggunaan bahasa tulis

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 6 = F

 

……….………………………

Pembimbing /Penguji I                                                  Pembimbing/Penguji II

 

 

 

_________________                                                   __________________

NIP.                                                              NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG ) 2

 LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN Melaksanakan  PEMBELAJARAN

 

1. NAMA GURU/MAHASISWA : ……………………………
2. N I M : ……………………………
3. TEMPAT MENGAJAR/UJIAN : ……………………………
4. KELAS : ……………………………
5. MATA PELAJARAN : ……………………………
6. WAKTU : ……………………………
7. TANGGAL : ……………………………

 

PETUNJUK

 

1.     Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.

2.     Pusatkanlah perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.

3.     Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut.

4.     Khusus untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.

5.     Nilailah semua aspek kemampuan guru.

 

1.  Mengelola ruang dan fasilitas                 pembelajaran

    1.1  Menata fasilitas dan sumber belajar

    1.2 Melaksanakan tugas rutin kelas

1               2               3             4             5

 

 

Rata-rata butir 1 = A

2. Melaksanakan kegiatan perbaikan

    pembelajaran

    2.1       Memulai pembelajaran

    2.2       Melaksanakan pembelajaran yang                        sesuai dengan tujuan, siswa, situasi,                           dan lingkungan

    2.3 Menggunakan alat bantu (media) pem-        belajaran yang sesuai dengan tujuan,                     siswa, situasi, dan lingkungan

    2.4       Melaksanakan pembelajaran dalam

          urutan yang logis

    2.5       Melaksanakan perbaikan                         pembelajaran secara individual,                 kelompok atau klasikal

    2.6       Mengelola waktu pembelajaran secara                      efisien

 

 

 

 

 

 

 

 

1           2         3           4         5

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 2 = B

3. Mengelola interaksi kelas

    3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang                        berkaitan dengan isi pembelajaran

    3.2 Menangani pertanyaan dan respons                 siswa

    3.3 Menggunakan ekspresi lisan, tulisan,           isyarat, dan gerakan badan

    3.4 Memicu dan memelihara keterlibatan           siswa

    3.5 Memantapkan penguasaan materi                 pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 3 = C

4.       Bersikap terbuka dan luwes serta     membantu mengembangkan sikap     positif siswa terhadap belajar

    4.1       Menunjukkan sikap ramah, luwes,

          terbuka, penuh pengertian, dan sabar                       kepada siswa

    4.2       Menunjukkan kegairahan dalam

          mengajar

    4.3       Mengembangkan hubungan antar-                       pribadi yang sehat dan serasi

    4.4 Membantu siswa menyadari kelebihan

        dan kekurangannya

    4.5       Membantu siswa menumbuhkan

          kepercayaan diri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rata-rata butir 4 = D

5.     Mendemonstrasikan kemampuan     khusus dalam perbaikan pembelajaran

    mata pelajaran tertentu

    a.       Bahasa Indonesia

        5.1 Mendemonstrasikan penguasaan                 materi bahasa Indonesia

        5.2 Mengembangkan kemampuan                 siswa untuk berkomunikasi dan               bernalar

        5.3 Memberikan latihan keterampilan                 berbahasa

        5.4 Peka terhadap kesalahan                        penggunaan istilah teknis

5.5   Memupuk kegemaran membaca

    b.       Matematika

        5.1 Menanamkan konsep matematika               melalui metode bervariasi yang               sesuai dengan karakteristik materi

        5.2 Menguasai simbol-simbol                         matematika

        5.3 Memberikan latihan matematika                 dalam kehidupan sehari-hari

        5.4 Menguasai materi matematika

    c. IPA

        5.1 Membimbing siswa membuktikan                 konsep IPA melalui  pengalaman                 langsung terhadap objek yang                 dipelajari

        5.2 Meningkatkan keterlibatan siswa                 melalui pengalaman belajar dengan                    berbagai kegiatan

        5.3 Menggunakan istilah yang tepat                 pada setiap langkah pembelajaran

        5.4 Terampil dalam melakukan                       percobaan IPA serta tepat dalam                 memilih alat peraga IPA

        5.5 Menerapkan konsep IPA dalam                 kehidupan sehari-hari

        5.6 Menampilkan penguasaan IPA

    d.       IPS

        5.1 Mengembangkan pemahaman               konsep IPS terpadu

        5.2 Mengembangkan pemahaman               konsep waktu

        5.3 Mengembangkan pemahaman               konsep ruang

        5.4 Mengembangkan pemahaman               konsep kelangkaan (scarcity)

    e. PPKn

        5.1 Menggunakan metode dan alat

              bantu dalam pembelajaran

              Pendidikan Kewarganegaraan

        5.2 Meningkatkan keterlibatan siswa                 dalam proses pembelajaran                   Pendidikan Kewarganegaraan

        5.3 Ketepatan penggunaan istilah-istilah                       khusus dan konsep dalam                                       Pendidikan Kewarganegaraan

        5.4 Menunjukkan penguasaan materi                 Pendidikan Kewarganegaraan

        5.5 Menerapkan konsep Pendidikan                 Kewarganegaraan dalam kehidupan                                    sehari-hari.

  1           2         3           4         5

Rata-rata butir 5.a = E

Rata-rata butir 5.b = E

  Rata-rata butir 5.c = E

Rata-rata butir 5.d = E

   1           2         3          4         5

Rata-rata butir 5.e = E

6.     Melaksanakan penilaian proses dan     hasil belajar

    6.1   Melaksanakan penilaian selama               proses pembelajaran

    6.2   Melaksanakan penilaian pada akhir             pembelajaran

Rata-rata butir 6 = F

 

7.     Kesan umum pelaksanaan pembelajaran

    7.1   Keefektifan proses pembelajaran.

    7.2   Penggunaan bahasa Indonesia lisan.

    7.3   Peka terhadap kesalahan berbahasa                                   siswa.

    7.4   Penampilan guru dalam

            pembelajaran

  1           2         3           4         5

             Rata-rata butir 7 = G

Nilai APGK PKP PGSD/PGSM = Y

 

 

………….…………………  200…

Pembimbing/Penguji

 

 

 

__________________

NIP.

*)    Coret yang tidak perlu

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s