LAPORAN EDS 1


NPSN : 10700221
Sekolah : SMP N 2 Argamakmur
Alamat : Jl.Ratu Samban 12 Argamakmur
1.Standar Sarana dan Prasarana
KEKUATAN

TK.

KETERCAPAIAN

4

  • Sekolah kami memenuhi standar dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar
  • Sekolah kami belum memiliki semua sarana pembelajaran dan alat- alat yang dibutuhkan untuk memenuhi ketetapan dalam standar
  • sekolah kami aman sehat dan nyaman , menyenangkan sehingga dapat mendorong suasana kerja yang baik
  • Sekolah kami memiliki kebijakan untuk membantu menyediakan kemudahan pelayanan bagi peserta didik termasuk bagi yg be rkebutuhan khusus
  • sekolah kami aman sehat dan nyaman , menyenangkan sehingga dapat mendorong suasana kerja yang baik
KELEMAHAN

TK.

KETERCAPAIAN

3

  • Sekolah kami memenuhi standar terkait sarana perasarana
  • Sekolah kami membutuhkan pemeliharaan dan masih berusaha menyediakan lingkungan yang menarik yang dapat memberikan rangsangan bekerja da dan belajar
REKOMENDASI
2.Standar Isi
KEKUATAN

TK.

KETERCAPAIAN

4

  • Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BNSP
  • Kurikulum sekolah memenuhi standar untuk jenis satuan pendidikan.
  • Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat dan kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pe mbe
  • belajarn
  • Sekolah memenuhi standar untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik yang meliputi bimbingan, konseling, dan kegiatan ek stra kuri
  • Kurikuler atau pengembangan diri.
  • Sekolah kami sudah menyediakan beberapa kegiatan ektra kurikuler bagi peserta didik
KELEMAHAN

TK.

KETERCAPAIAN

2

Sekolah belum dapat menyediakan tenaga ahli untuk kegiatan pengembangan diri khususnya cabang Seni.
REKOMENDASI Untuk mendapat hasil pengembangan diri yang optimal untuk cabang Seni ,direkomendasikan untuk menghubungi sekolah yang terdekat.
3.Std Proses
KEKUATAN

TK.

KETERCAPAIAN

4

  • sylabus Sekolah kami dikaji dan diperbaharui secara tratur an di sesuaikan dengan situasi kondisi dan kebutuhan masyarakat
  • Sylabus sekolah kami memiliki kelenturan (fleksibilitas) bagi untuk memenuhi kebutuhan semua peserta didik
  • Sylabus sekolah kami dirancang untuk menerapkan pembelajaran yang relevan sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah
  • seluruh Guru membuat RPP yangdirancang berdasarkan perogram tahuanan ,perogram semester dan syllabus yang mencakup penggunaan sumber be belajar dan metode yang relevan
  • Rencana Pembelajaran dirancang secara inovatifberdasarkan perinsip penyusunas RPP
  • sebagian guru di sekolah kami sudah memakai hasil karya perserta didik sebagai alat peraga dan memajang nya
  • Para guru melaksanakan rencana pembelajaran dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan da pat    e m    memo tivasi peserta didik.
  • Guru – guru di sekolah kami melaksanakan pembelajaran dengan metode yang beragam
  • Guru – guru di sekolah kami menerapkan berbagai methode dalam peroses pembelajaran
  • Rencana pembelajaran memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, ke  m  a    mpuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-n

KELEMAHAN

TK.

KETERCAPAIAN

3

  • guru – disekolah kami mempertimbangkan berbagai kebutuhan pembelajaran yang berbeda dan merencanakan pembelajaran berdasarkan ke     bu  tuhan tersebut
  • Guru -guru di sekolah kami mengkaji ulang RPP setelah mengajar untuk membantu merencanakan pembelajaran berikutnya
  • Guru- guru disekolah kami dalam melakukan peroses pembelaran memakai berbagai sumber dan ttidak hanya tergantung pada buku pelajaran saja
  • Guru – guru disekolah kami sudah menggunakan alat peraga dalam peroses pembelajaran tetapi hanya pada mata pelajaran tertentu
  • sekitar 70% guru di sekolah kami mendappat bahan penunjang pembelajaran dalam jumlah yang cukup
  • sebagian besar para peserta didik menunjukkan minat yang tinggi pada peroses pebelajaran
REKOMENDASI
  • Untuk memenuhi bahan penunjang pembelajaran disarankan sekolah dapat memenuhi 100% kebutuhan tersebut.
4.Std Penilaian
Kekuatan

TK.

KETERCAPAIAN

4

  • Guru membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik.
  • Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)Guru melaksanakan penilaian se  ca   ra teratur berdasarkan rencana yang telah dibuat.
  • Guru menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.
  • Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik.
  • Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran
  • Sekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik da  lam bentuk buku laporan pendidikan.
KELEMAHAN

TK.

KETERCAPAIAN

2

  • Guru-guru kebanyakan dalam menilai hanya hanya menggunakan test dan ujian
  • Hasil test kurang berpengaruh terhadap peros pembelajaran
  • Hasil penilaian kurang berpengaruh terhadap peningkatan motivasi peserta didik pada peroses pembelajaran
REKOMENDASI
  • Sebainya sekolah mengadakan pelatihan tentang method dan variasi intrumen penilaia.
  • Semua guru harus memahami bahwa hasil test sangat berpengaruh terhadap peruses pembelajar.
  • Dengan melihat hasil test ,seharus guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
6.Standar Pengelolaan
KEKUATAN

TK.

KETERCAPAIAN

4

  • Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan.
  • * Rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengeloaan sekolah/madrasah yang menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, da  n     akuntabilitas. No Deskripsi
  • sekolah kami memiliki team pengelolaan yang kuat komite yang mendukung dan melibatkan diri pada seluruh perencanaan kegiatansekolah agar ter  ca    pai    kemajuan bagi peserta didik
  • Sekolah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak ya  ng     berkepentingan.
  • sekolah kami merumuskan tujuan berdasarkan hsil yang telah dcapai dan targt belajar peserta didik sejalalan dengan prioritas dawrah dan pusat
  • Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah / madrasah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah.
  • Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan
  • Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif, dan dapat diakses
  • Sekolah meningkatkan kefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikandan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan
  • * Supevisi dan evaluasi pelaksanaan tugas pendidik dan tenaga kependidikan dan kesesuaian dengan standar nasional No Deskripsi
  • Warga sekolah terlibat dalam pengelolaan kegiatan akademis dan nonakademis
  • Sekolah melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis
KELEMAHAN

TK.

KETERCAPAIAN

3

  • Komite sekolah lemah dalam peroses penggalian dana dari masyarakat
  • Sekolah kami mempunyai tujuan yang jelas beserta rencana kerjanya untuk kelancaran pengelolaan sekolah
  • Para guru dan tenaga administrasi sekolah kami belum memiliki rasa kepemilikan yang kuat terhadap nlai- nilai dan tujuan yang ingin dicapai sekolah
  • Sekolah belum menyediakan laporan dan data yang dibutuhkan oleh kabupaten/kota dan tingkatan lain dalam sistem
  • Supevisi dan evaluasi pelaksanaan tugas pendidik dan tenaga kependidikan dan belum sepenuh nya ber kesesuaian dengan standar nasional
  • Tidak semua pengurus komite dapat berpartisipasi dam menunjang perogram sekolah
REKOMENDASI
  • Komite sekolah dan sekolah harus mempunyai kiat – kiat yang jitu dalam hal penggalian dana
  • Data- data yang akurat mengenai hambatan dan kemajuan sekolah harus tersedia  dan tersimpan dengan baik.
5.Standar Kompetensi Lulusan
Kekuatan
  • Hasil belajar peserta didik sesuai dengan standar kompetensi lulusan.
  • Peserta didik kami mengembangkan keterampilan berpikir logis ,kritis dan analitis serta mengembangkan kreatifitas mereka
  • Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik.
  • * Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima. No Deskripsi
Kelemahan
  • Kami belum merumuskan dan mengupayakan target belajar yang bisa dicapai bagi semua perserta didik agar mereka bsa berhasil
  • Sekolah mengembangkan keterampilan hidup.
7.Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Kekuatan
  • Jumlah dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan memenuhi standar
  • Pendidik dan tenaga kependidikan memenuhi standar kompetensi
Kelemahan
  • Masih ada sebagian kecil 5 % tenaga pendidik dan kependidikan yang memenuhi snp
8.Standar Pembiayaan
Kekuatan
  • Anggaran sekolah dirumuskan merujuk Peraturan Pemerintah, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan kabupaten/kota
  • Pengelolaan keuangan sekolah transparan, efisien, dan akuntabel
  • Sekolah membuat pelaporan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan
  • Sekolah memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri
  • Kami meatuhi standar mengenai biaya sumbangan orang dan silang pembiayaan dan juga memiliki alokasi presentasi bagi akomodir anak – anak miskin
  • Sumbangan orangtua siswa sekolah ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua
  • Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi
Kelemahan
  • sekolah mengalami kesulitan dalam penggalian dana dari masyarakat
  • Jumlah anak – anak miskin yang masih tinggi sehingga menjadi beban bagi siswa yang orang tuanya berkemampuan
  • Sekolah mengalami kesulitan dalam menggali dana dari masyarakat
REKOMENDASI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s