KTSP SMP N 2 ARGA MAKMUR


Silabus

Sekolah                     :  SMP NEGERI 2 ARGAMAKMUR

Kelas                           : IX

Mata Pelajaran          : Matematika

Semester                    : I(satu)

Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN

1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Penanaman

Nilai Karakter dan Budaya Bangsa

Teknik Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

1.1 Mengiden tifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen Kesebangunan Mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
  • Mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
Unjuk Kerja Tes uraian Bangun-bangun manakah yang sebangun? Mengapa?

2×40 menit Buku teks, lingkungan, model bangun datar dari kawat atau karton
Mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun atau kongruen
  • Mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun atau kongruen
Tes lisan Daftar pertanyaan Apakah kedua bangun berikut ini kongruen? Mengapa?

2×40 menit
1.2 Mengiden tifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen Kesebangunan Mencermati perbedaan dua segitiga sebangun atau kongruen
  • Membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga.
Tes lisan Daftar pertanyaan Kalau ΔABC sebangun dengan ΔPQR, apakah

  1. sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang?
  2. sudut-sudut yang bersesuaian sama besar?

Kalau dua segitiga kongruen, apakah dua segitiga tersebut tentu sebangun?

2×40 menit Buku teks, lingkungan, model bangun datar dari kawat atau karton
Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen.
  • Menyebutkan sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen.

.

Tes tulis Tes isian Diketahui ΔABC dan ΔPQR, sebangun

P

Q


Sudut A = sudut ….

2×40 menit
1.3 Mengguna kan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah Kesebangunan Mengamati perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya.
  • Menentukan perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya
Tes tulis Tes uraian ∆ABC sebangun dengan ∆PQR.

Panjang AB = 4 cm. Sisi yang bersesuaian dengan AB adalah sisi PQ, dan panjang PQ = 6 cm. Jika panjang sisi BC = 5 cm, maka panjang sisi QR adalah ….

4x40menit Buku teks, lingkungan, model bangun datar dari kawat atau karton
Menggunakan kesebangunan untuk memecahkan masalah
  • Memecahkan masalah yang melibatkan kesebangunan.
Tes tulis Tes uraian Sebuah foto ukuran 3 X 4 akan diperbesar sehingga lebar foto tersebut menjadi 60 cm. Kertas foto yang diperlukan untuk membuat foto yang diperbesar tersebut adalah …..cm2. 4x40menit

Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN

2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

2.1 Mengiden tifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola Tabung, kerucut, dan bola Mendiskusikan unsur-unsur tabung, kerucut, dan bola dengan menggunakan model bangun ruang sisi lengkung (model kerangka dan padat)
  • Menyebutkan unsur-unsur: jari-jari/diameter, tinggi, sisi, alas dari tabung, kerucut dan bola
Unjuk Kerja Tes uraian

a. Arsirlah alas kerucut

b.Gambarlah tinggi kerucut

2×40 menit Buku teks, lingkungan, model bangun ruang sisi lengkung(kerangka dan padat)
2.2 Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola Tabung, kerucut, dan bola Menentukan luas selimut tabung, kerucut, dan bola
  • Menghitung luas selimut tabung, kerucut, dan bola.
Tes tulis Tes uraian Sebuah bola berjari-jari 10 cm. Hitunglah luas selimut bola tersebut 4×40 menit Buku teks, lingkungan, model bangun ruang sisi lengkung(kerangka dan padat)
Mencari volume tabung, kerucut, dan bola
  • Menghitung volume tabung, kerucut dan bola.
Tes tulis Tes uraian Sebuah tabung jari-jari alasnya 10 cm dan tinggi tabung 30 cm. Berapakah volum tabung tersebut? 4×40 menit
Menggunakan rumus volume untuk menghitung unsur-unsur tabung, kerucut dan bola jika volumenya diketahui.
  • Menghitung unsur-unsur tabung, kerucut dan bola jika volumenya diketahui
Tes tulis Tes uraian Sebuah tabung volumenya

1540 cm3. Berapakah jari-jari tabung tersebut?

4×40 menit
2.3 Memecah kan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola Tabung, kerucut, dan bola Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut,dan bola dengan menggunakan rumus luas dan volume
  • Menggunakan rumus luas selimut dan volume untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola.
Tes tulis Tes isian Pak Candra akan membuat tabung dari kaleng, yang jari-jari alasnya sama dengan 30 cm dan tingginya 1 m. Kaleng yang diperlukan untuk membuat tabung tersebut sebanyak ….. cm2. 4×40 menit Buku teks, lingkungan, model bangun ruang sisi lengkung(kerangka dan padat)

Standar Kompetensi : STATISTIKA DAN PELUANG

3. Melakukan pengolahan dan penyajian data

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

3.1 Menentu kan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya Statistika Melakukan pengumpulan data dengan mengukur dan mencatat data (menurus/tally) dengan objek lingkungan
  • Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan turus/tally.
mendata Tes uraian Perolehan 12 siswa adalah sebagai berikut.

54, 66, 72, 80, 72, 76, 72, 76, 72, 76, 64, 76

Buatlah tabel skor dengan turus.

Berapa banyak siswa yang mendapat nilai 72?

2×40 menit Buku teks, lingkungan
Mengidentifikasi data berdasar urutan
  • Mengurutkan data tunggal, mengenal data terkecil, terbesar dan jangkauan data.
Unjuk Kerja Tes uraian Umur 10 siswa SD adalah sebagai berikut.

6, 6, 10, 9, 7, 8, 10, 6, 8, 9.

a. Urutkan umur ke sepuluh siswa tersebut dari yang terkecil ke yang terbesar

b. Berapakah selisih antara umur siswa yang termuda dan yang tertua

1×40 menit
Melakukan perhitungan rata-rata, median, modus data tunggal serta menafsirkan maknanya
  • Menentukan rata-rata, median, modus data tunggal serta penafsirannya.
Tes tulis Tes uraian Hasil ulangan 8 siswa adalah sebagai berikut.

7, 6, 6, 5, 7, 8, 8, 7.

a. Hitunglah rata-rata, median dan modus.

b. Apakah makna nilai rata-rata, median, modus tersebut?

5×40 menit
3.2.Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran Statistika Membuat tabel, diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran dari data tunggal
  • Menyajikan data tunggal dalam bentuk tabel, diagram batang, garis dan lingkaran.
Tes tulis Tes uraian Berikut ini data umur 20 siswa SMP Bina Taruna (dalam tahun).

13, 14, 13, 16, 13, 14, 15, 16, 14, 13, 13. 16, 15, 13, 14, 15, 13, 15, 13, 14.

Gambarlah diagram batang dari data tersebut.

4×40 menit Buku teks, lingkungan
Menafsirkan diagram suatu data
  • Membaca diagram suatu data
Tes tulis Tes uraian

  1. sepakbola
  2. renang
  3. senam
  4. voli
  5. basket

Berapa persen siswa yang hobinya main sepakbola?

2×40 menit

Standar Kompetensi : STATISTIKA DAN PELUANG

4. Memahami peluang kejadian sederhana

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

4.1   Menentu kan ruang sampel suatu percobaan Peluang Mendiskusikan pengertian ruang sampel, dan titik sampel suatu percobaan
  • Menjelaskan pengertian ruang sampel, titik sampel suatu percobaan.
Diskusi Daftar pertanyaan Kalau satu mata uang dilambungkan satu kali, maka:

  1. apa sajakah titik sampelnya?
  2. apakah ruang sampelnya?
1×40 menit Buku teks, lingkungan, dadu, mata uang, kartu bridge, kartu bernomor
Mendiskusikan untuk menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata  titik sampelnya
  • Menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya.
Unjuk Kerja Tes isian Dua dadu dilambungkan satu kali.

Titik sampelnya adalah …..

Ruang sampelnya adalah …..

1×40 menit
4.2 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana Peluang Menentukan peluang masing-masing titik sampel pada ruang sampel suatu percobaan misal melambungkan uang logam, dadu
  • Menghitung peluang masing-masing titik sampel pada ruang sampel suatu percobaan
Tes tulis Tes isian Sebuah dadu dilambungkan satu kali. Peluang muncul mata 4 adalah …… 2×40 menit Buku teks, lingkungan, dadu, mata uang, kartu bridge, kartu bernomor
Mencari nilai peluang suatu kejadian
  • Menghitung nilai peluang suatu kejadian.
Tes tulis Tes uraian Dua buah dadu dilambungkan satu kali. A adalah kejadian muncul jumlah mata dadu sama dengan 9. Berapakah peluang terjadinya  peristiwa A? 4×40 menit

Mengetahui,                                                                                                                                                               Argamakmur,     Juli 2010

Kepala Sekolah                                                                                                                                                           Guru mata pelajaran

BUNAZIM, S.Pd, MM                                                                                                                                              IMAM MUSTHAQIEN, S.Pd, M.Pd

NIP : 19630310 196803 1 017                                                                                                                                     NIP : 19700904 199412 1 001

Silabus

Sekolah                     :  SMP NEGERI 2 ARGAMAKMUR

Kelas                           : IX

Mata Pelajaran          : Matematika

Semester                    : II (dua)

Standar Kompetensi : BILANGAN

5. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah sederhana

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Penanaman

Nilai Karakter dan Budaya Bangsa

Teknik Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

5.1 Mengiden tifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar Mendiskusikan pengertian bilangan berpangkat bulat positif, negatif dan nol.
  • Menjelaskan pengertian bilangan berpangkat bilangan bulat positif, negatif dan nol.
Tes tulis Tes isian Hitunglah:

1. 43 = …..

2. 8-2 = ….

3. 250 = ….

4. (-3)4 = …

5. (-6)-2 = ….

6. ()2 = ….

2×40 menit Buku teks

CD Interaktif

LKS

Jujur, Toleransi, Disiplin, Demokratis, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/ Komuniktif, Tanggung-jawab
Mendiskusikan untuk menentukan bilangan berpangkat positif dari bilangan berpangkat negatif.
  • Mengubah bilangan berpangkat bulat negatif menjadi pangkat positif.
Tes tulis Tes isian Ubahlah menjadi bilangan berpangkat positif

1. 5-4 = ……

2. (-3)-5 = ….

3. ()-2 = …..

2×40 menit Jujur, Toleransi, Disiplin, Demokratis, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Tanggung-jawab
Mendiskusikan arti bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar
  • Mengenal arti bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar.
Tes tulis Tes isian 1. Ubahlah dalam bentuk akar

61/2 = ……

2. Ubahlah menjadi pangkat  pecahan

= …..

4×40 menit Toleransi, Disiplin, Demokratis, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, , Tanggung-jawab
5.2 Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar Menentukan hasil operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
  • Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
Tes tulis Tes uraian Hitunglah

  1. 35 x 32
  2. 3√5 + 6√5
  3. 4√3 x 8√5
6×40 menit Buku teks

CD Interaktif

Disiplin, Demokratis, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, , Tanggung-jawab
5.3 Memecah kan masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar Memecahkan masalah dengan menggunakan sifat-sifat dan operasi hitung  pada bilangan berpangkat dan bentuk akar
  • Menggunakan sifat-sifat dan operasi hitung pada bilangan berpangkat dan bentuk akar untuk memecahkan masalah
Tes tulis Tes uraian Misal sejenis amuba membelah diri setiap 2 menit sekali. Berapa banyak amuba dalam waktu 30 menit? 4×40 menit Buku teks, lingkungan Disiplin, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Peduli Sosial, Tanggung-jawab

Standar Kompetensi : BILANGAN

6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah

Kompetensi

Dasar

Materi

Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Penanaman

Nilai Karakter dan Budaya Bangsa

Teknik Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

6.1 Menentu kan pola barisan bilangan sederhana. Barisan dan Deret Aritmetika

Barisan dan Deret Geometri

Mendiskusikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan
  • Menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan.
Tes tulis Tes uraian Dalam permainan baris berbaris, baris berikutnya berdiri 2 anak lebih banyak dari pada baris sebelumnya. Jika baris pertama ada 2 anak, berapakah banyak anak pada baris ke-6? 2×40 menit Buku teks, lingkungan,

CD Pembelajaran

Jujur, Toleransi, Disiplin, Demokratis, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/ Komuniktif, Membaca, Peduli Sosial, Tanggung-jawab
Mendiskusikan unsur-unsur pada berisan dan deret dengan menggunakan soal atau lingkungan (peraga)
  • Mengenal unsur-unsur barisan dan deret, misalnya; suku pertama, suku berikutnya, suku ke –n, beda, rasio.
Tes tulis Tes isian Diketahui barisan:

5, 8, 11, 14, 17, 20, …

a. Suku pertama adalah ….

b. Bedanya adalah …..

c. Suku ke-10 adalah ….

2×40 menit LKS,Buku Teks siswa Jujur, Toleransi, Disiplin, Demokratis, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Bersahabat/Komuniktif, Tanggung-jawab
Mendiskusikan cara memperoleh pola barisan bilangan
  • Menentukan pola barisan bilangan.
Tes tulis Tes uraian Diketahui barisan 3, 6, 9, …

a. Tentukan suku ke-4, ke-5, dan ke-6

b.Tentukan suku ke-n

2×40 menit Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, , Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif
6.2 Menentu kan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri Barisan dan Deret Aritmetika

Barisan dan Deret Geometri

Mendiskusikan pengertian barisan aritmetika dan barisan geometri
  • Mengenal pengertian barisan aritmatika dan barisan geometri.
Tes tulis Tes pilihan ganda Manakah yang merupakan barisan aritmetika?

  1. 1, 3, 5, 7, 9, …
  2. 1, 2, 4, 5, 7, …
  3. 1, 4, 6, 8, …
2×40 menit Buku teks, lingkungan Jujur, Toleransi, Disiplin, Demokratis, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu,
Menemukan rumus suku ke-n barisan aritmetika dan barisan geometri dengan menggunakan alat peraga atau lingkungan , misal nomor urut rumah di salah satu sisi jalan
  • Menentukan rumus suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri.
Tes tulis Tes isian Suku ke-10 dari deret

2, 5, 8, 11, 14, …

adalah …..

2×40 menit Jujur, Disiplin, Demokratis, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Tanggung-jawab
6.3 Menentu kan jumlah n suku pertama deret aritmatika dan deret geometri Barisan dan Deret Aritmetika

Barisan dan Deret Geometri

Mencermati deret aritmetika dan deret geometri naik atau turun
  • Mengenal pengertian

deret aritmatika dan deret geometri naik atau turun.

Tes tulis Tes uraian Manakah yang merupakan deret aritmetika?

  1. 3 + 6 + 9 + …
  2. 3 + 2 + 4 + 2 + …
  3. 1 + 5 + 9 + 13 + …
4×40 menit Buku teks, lingkungan Toleransi, Disiplin, Demokratis, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Tanggung-jawab
Menemukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri
  • Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri.
Tes tulis Tes uraian Hitunglah jumlah 10 suku pertama dari deret:

3 + 6 + 9 + 12 + …

4×40 menit Disiplin, Demokratis, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu,
6.4 Memecah kan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret Barisan dan Deret Aritmetika

Barisan dan Deret Geometri

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret dengan menggunakan rumus pada deret aritmetika , deret geometri
  • Menggunakan sifat-sifat dan rumus pada deret aritmetika dan deret geometri untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret.
Tes tulis Tes uraian Di sebuah ruangan disusun kursi-kursi seperti berikut.Pada barisan pertama terdapat 5 kursi, barisan kedua 8 kursi, barisan ketiga 11 kursi, dan seterusnya. Berapa banyak kursi yang dibutuhkan supaya bisa terdapat 10 baris? 4×40 menit Buku teks, lingkungan

CD Pembelajaran

Disiplin, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komuniktif, Gemar Membaca, Tanggung-jawab

Mengetahui,                                                                                                                                                               Argamakmur,    Januari 2011

Kepala Sekolah                                                                                                                                                           Guru mata pelajaran

BUNAZIM, S.Pd                                                                                                                                                       IMAM MUSTHAQIEN, S.Pd

NIP : 19630310 198703 1 017                                                                                                                                     NIP : 19700904 199412 1 001

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s