INSTRUMEN SUPERVISI


LEMBAR PENILAIAN SUPERVISI

 

Hari / Tanggal                :  …………………………………………

Nama Guru                    :  …………………………………………

Mata Pelajaran               :  …………………………………………

Materi                             : ………………………………………….

Kelas / Jam Ke-              :  …………………………………………

 

NO

INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI

SKOR

 

I

PRAPEMBELAJARAN

1.

Memeriksa kesiapan siswa

 1  2  3  4 5

2.

Melakukan kegiatan apersepsi

 1  2  3  4 5

 

II

KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

 

A.

Penguasaan materi pelajaran

 

3.

Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran

1  2  3  4  5

4.

Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan

1  2  3  4  5

5.

Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki belajar

1  2  3  4  5

6.

Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan

1  2  3  4  5

 

B.

Pendekatan/strategi pembelajaran

 

7.

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai

1  2  3  4  5

8.

Melaksanakan pembelajaran secara runtut

1  2  3  4  5

9.

Menguasai kelas

1  2  3  4  5

10.

Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual

1  2  3  4  5

11.

Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif

1  2  3  4  5

12.

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan

1  2  3  4  5

 

C.

Pemanfaatan sumber belajar /media pembelajaran

 

13.

Menggunakan media secara efektif dan efisien

1  2  3  4  5

14.

Menghasilkan pesan yang menarik

1  2  3  4  5

15.

Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media

1  2  3  4  5

 

D.

Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa

16.

Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran

1  2  3  4  5

17.

Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa

1  2  3  4  5

18.

Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar

1  2  3  4  5

 

E.

Penilaian proses dan hasil belajar

 

19.

Memantau kemajuan belajar selama proses

1  2  3  4  5

20.

Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)

1  2  3  4  5

 

F.

Penggunaan bahasa

 

21.

Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar

1  2  3  4  5

22.

Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai

1  2  3  4  5

 

III

PENUTUP

 

23.

Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa

1  2  3  4  5

24.

Melaksanakan tindak lanjut  dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan

1  2  3  4  5

25

Pengintegrasian nilai-nilai karakter bangsa

 

26

Pengintegrasian UU Lalulintas *

 

 

Total Skor

 

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5)  sesuai dengan kriteria sebagai berikut.

1 = sangat tidak baik

2 = tidak baik

3 = kurang baik

4 = baik

5 = sangat baik

6.* khusus untuk PPkn/IPS.

 

 

 

          Kepala Sekolah,

 

 

 

 

(BUNAZIM, S.Pd.MM)

NIP 196303101987031017

  Argamakmur, ………………………………. 2011

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

……………………………………………….

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s