KTSP SMPN 2ARGAMAKMUR 2011


KURIKULUM

SMP NEGERI 2 ARGA MAKMUR

BENGKULU UTARA

Tahun Pelajaran 2011/2012

 

Disusun oleh :

 

Tim Pengembang Kurikulum Sekolah

 

PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL

SMP NEGERI 2 ARGA MAKMUR

Jl. Ratu Samban No. 12 Lubuk Saung ( (0737) 522202 ARGA MAKMUR

Website : http://smp2argamakmur.wordpress.com/

e-Mail : smp2argamakmur@yahoo.co.id

 

TAHUN 2011

 

 


KURIKULUM

SMP NEGERI 2 ARGA MAKMUR

KABUPATEN BENGKULU UTARA

TAHUN 2011 / 2012

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Pengelolaan pendidikan adalah pengaturan kewenangan dalam penyelenggaraan sistem pendidikan nasional oleh Pemerintah, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, penyelenggara pendidikan yang didirikan masyarakat, dan satuan pendidikan agar proses pendidikan dapat berlangsung sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Pengelolaan pendidikan ditujukan untuk menjamin:

a. Akses masyarakat atas pelayanan pendidikan yang mencukupi, merata, dan terjangkau;

b. Mutu dan daya saing pendidikan serta relevansinya dengan kebutuhan dan/atau kondisi masyarakat;

c. Efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas pengelolaan pendidikan.

Pengelolaan pendidikan didalamnya terkait kurikulum yang merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Guna meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan amanat Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, perlu disusun seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu yang disebut dengan kurikulum. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu, diantaranya adalah untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, yaitu untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. dalam rangka menyesuaikan dengan kekhasan, kondisi sekolah, potensi daerah dan peserta didik, oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ini mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu standar isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum pada satuan pendidikan di SMP Negeri 2 Arga Makmur Kab.Bengkulu Utara.

SMP Negeri 2 Arga Makmur  merupakan salah satu SMP Negeri yang berada di ibukota kecamatan Kota Arga Makmur, menempati tanah seluas ± 2 Ha.  Lokasi sekolah yang strategis di tepi jalan Ratu Samban Lubuk Saung, dengan alamat;  Jl. Ratu Samban No. 12 Lubuk Saung, Telpon (0737) 522202 Arga Makmur. Situs alamat Website : https://smp2argamakmur.wordpress.com/, sedangkan alamate-Mail : smp2argamakmur@yahoo.co.id. Sekolah ini dinyatakan sebagai sekolah rintisan standar nasional (RSSN) tahun 2008, selanjutnya dinyatakan sebagi sekolah standar nasional (SSN) mulai 2009 hingga sekarang.

Proses seleksi penerimaan peserta didik tahun 2011/2012  dengan jumlah pendaftar yang mencapai 278 calon siswa, sedangkan dinyatakan diterima hanya 200 siswa yang terbagi dalam 7 rambongan belajar, hal ini menunjukkan bahwa sekolah ini merupakan salah satu sekolah favorit di Kota Arga Makmur. Persentase kelulusan tahun 2009/2010 : 98,82% dari 170 siswa, dengan nilai rata-rata 6,78 dan 2010/2011 = 99,38 % dari 163 siswa dengan rata-rata Nilai sekolah = 7,67, rata-rata Nilai Ujian Nasional = 7,235 dan rata-rata NA = 7,41.

Kondisi sosial ekonomi orang tua atau wali murid tergolong rata-rata menengah ke bawah, namun tingkat kepedulian cukup. Kondisi ekonomi yang demikian itu menimbulkan dampak bagi perkembangan pendidikan di SMP Negeri 2 Arga Makmur. Sebagai contoh  Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sebagai sumbangan peningkatan mutu akademik dan non akademik siswa relatif terjangkau. Penyediaan sarana  prasarana pembelajaran mengalami perkembangan berkat peran komite sekolah  seperti meubelair, teralis ruang, perbaikan kusen, perbaikan jalan masuk. Peran instansi lainnya seperti dari Polres, Puskesmas, kodim, Badan POM, PMI Kabupaten, Badan Narkoba Kabupaten, Depag, Telkom, Dinas Sosial, Universitas Ratu Samban dan Bank Bengkulu.

Fasilitas yang dimiliki SMP Negeri 2 Arga Makmur antara lain ruang kelas sejumlah 18 rombel, komputer (pembelajaran) terdiri dari 7 unit komputer dengan spesifikasi Pentium IV, 4 Laptop, laboratorium IPA, ruang Multi Media, perpustakaan, musholla yang lengkap, dan lapangan olah raga yang memadai. Sejak dinyatakan sebagai sekolah berstandar nasional maka sekolah telah menerapkan sistem ICT berupa Hotspot layanan internet dalam pembelajaran maupun pekerjaan lainnya. Namun sekolah belum memiliki laboratorium bahasa beserta kelengkapannya.

SMP Negeri 2 Arga Makmur memiliki tenaga pendidik dan kependidikan sebagai berikut, tenaga guru sejumlah 38 orang dan tenaga tata usaha 24 orang. Dari jumlah 38 guru terdiri dari 27 orang guru PNS, 2 orang guru bantu daerah, 9 orang guru tidak tetap. Sesuai dengan ketentuan yang ada bahwa guru SMP minimal bekualifikasi ijazah S1 / Akta IV, kondisi guru di SMP Negeri 2 Arga Makmur 90 % berkualifikasi ijazah S1 / Akta IV, dan 9 % berkualifikasi S2,1 % berkualifikasi D2/A2. Sejak tahun 2006 hinggasekarang guru yang tersertifikasi 52,6 % atau 20 guru. Terdapat guru yang berprestasi dibidang akademik baik tingkat kabupaten maupun propinsi. Dalam pelaksanaanya untuk pembelajaran terkendala biaya operasional, hal ini kurang adanya dukungan subsidi dari pemerintah daerah.

 

  1. B.     Landasan Yuridis
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, khususnya Bab III Pembagian Urusan Pemerintahan Pasal 14 Ayat 1 yang menegaskan bahwa bidang pemerintahan yang wajib dilaksanakan oleh Daerah Kabupaten dan Daerah/Kota antara lain pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan bahwa Kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22 tahun 2006 tentang  Standar Isi (SI) pasal 1 menyatakan bahwa “Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah” yang selanjutnya disebut “Standar Isi”  mencakup lingkup materi minimal dan tingkat kompetensi  minimal untuk mencapai kompetensi lulusan minimal pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 23 tahun 2006 tentang  Standar Kompetisi Lulusan (SKL) pasal 1 ayat (1) menyatakan bahwa  SKL untuk satuan pendidikan dasar dan menengah digunakan sebagai pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik; ayat (2) menyatakan SKL sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi SKL minimal satuan pendidikan dasar dan menengah, SKL minimal kelompok mata pelajaran, dan SKL mata pelajaran.
    1. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan pasal 1 ayat (4) menyatakan bahwa satuan pendidikan dasar dan menengah dapat mengadopsi atau mengadaptasi model kurikulum tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah yang disusun oleh BSNP; ayat (5) menyatkan bahwa kurikulum satuan pendidikan dasar dan menengah ditetapkan oleh kepala satuan pendidikan dasar dan menengah setelah  memperhatikan pertimbangan dari Komite Sekolah atau Komite Madrasah; pasal 2 ayat (1) menyatakan bahwa satuan pendidikan dasar dan menengah dapat menerapkan KTSP mulai tahun ajaran 2006/2007; ayat (2) menyatakan bahwa satuan pendidikan  dasar dan menengah harus sudah mulai menerapkan KTSP paling lambat tahun ajaran 2010/2011; ayat (3) satuan pendidikan dasar dan menengah  pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang telah melaksanakan  uji coba kurikulum 2004 secara menyeluruh dapat menerapkan secara menyeluruh SI dan SKL semua tingkatan kelasnya mulai tahun ajaran 2006/2007; pasal (4) satuan pendidikan dasar dan menengah  yang belum melaksanakan uji coba kurikulum 2004, melaksanakan SI, SKL, dan KTSP secara bertahap dalam waktu paling lama 3 tahun,

 

C.  Tujuan Penyusunan KTSP

Kurikulum SMP  Negeri 2 Arga Makmur disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran dan kebijakan sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan di SMP Negeri 2 Arga Makmur Kabupaten  Bengkulu Utara tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan pembelajaran dimaksud pembelajaran kurikuler, pengembangan diri, penanaman nilai-nilai karakter dan budaya bangsa. Kebijakan sekolah meliputi regulasi dalam penerimaan siswa baru, pindahan, kenaikan kelas, kelulusan, pelaksanaan kegiatan sekolah dalam kalender pendidikan, UTS, pelaksanaan peringatan hari besar agama/nasional.

 

 

 

D.        Prisip Pengembangan KTSP

Acuan Operasional Penyusunan Kurikulum  SMP Negeri 2 Arga Makmur ini disusun dengan memperhatikan hal – hal sebagai berikut :

  1. 1.      Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya

Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik mempunyai posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa serta Akhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri menjadi dasar pembentukan kepribadian peserta didik SMP Negeri 2 Arga Makmur secara utuh sehingga menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan kebutuhan dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan.

  1. 2.      Beragam dan terpadu

Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi sekolah, serta menghargai dan tidak diskriminatif terhadap perbedaan agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan jender. Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur  meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antarsubstansi.  Keterpaduan substansi muatan kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur  ini berwujud pada saling keterkaitan antara muatan kurikulum wajib dengan kurikulum lokal yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan dan saling mengisi.

  1. 3.      Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni

Kurikulum SMP NEGERI 2 Arga Makmur dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, semangat dan isi kurikulum SMP NEGERI 2 Arga Makmur memberikan pengalaman belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang sesuai perkembangan jaman seperti komputer, internet, alat-alat musik tradisional maupun modern dan lain sebagainya.

  1. Relevan dengan kebutuhan kehidupan

Pengembangan kurikulum SMP NEGERI 2 Arga Makmur dilakukan dengan   melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan  kemasyarakatan, dunia usaha dan  dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi,  keterampilan  berpikir, keterampilan sosial, keterampilan akademik, dan keterampilan vokasional merupakan keniscayaan. Mengacu pada hal ini, Kurikulum SMP NEGERI 2 Arga Makmur diarahkan untuk mendukung kebutuhan dalam kehidupan seperti keterampilan menjahit, ketrampilan membordir, ketrampilan menyablon, kecakapan menggunakan teknologi, kecakapan memainkan alat-alat musik, kecakapan bersosial dan lain sebagainya.

 

 

 

  1. 5.      Menyeluruh dan berkesinambungan

Substansi kurikulum SMP NEGERI 2 Arga Makmur mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antar semua jenjang pendidikan. Keseluruhan dimensi kompetensi ini terlihat dalam kelompok mata pelajaran dan mata pelajaran yang disajikan di sekolah sebagai bekal bagi siswa, yang meliputi kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian, lmu pengetahuan dan teknologi, estetika, serta jasmani olah raga dan kesehatan.

  1. 6.      Belajar sepanjang hayat

Kurikulum SMP NEGERI 2 Arga Makmur diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum SMP NEGERI 2 Arga Makmur mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, non-formal, dan informal  dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya. Hal ini menunjukkan suatu indikasi bahwa pendidikan di SMP NEGERI 2 Arga Makmur bukan merupakan satu-satunya bekal pendidikan bagi kehidupan siswa, melainkan siswa harus mau dan mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

  1. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

Kurikulum SMP NEGERI 2 Arga Makmur dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan motto Bhinneka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Wujud keseimbangan ini tercermin dari disajikannya kurikulum yang digariskan secara nasional, meliputi : Pendididikan Agama,  yang diimbangi dengan penambahan kurikulum yang erbasis lokal seperti Bahasa  Rejang, dan pertanian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

TUJUAN SEKOLAH

1.  Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan dirumuskan mengacu kepada tujuan umum pendidikan nasional (UU RI Nomor 20 Tahun 2003) yaitu :

  1. Untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
  2. Meletakkan dasar kecakapan hidup secara generik yang meliputi penajaman kecakapan personal, kecakapan berpikir rasional, dan kecakapan sosial.
  3. Pengenalan eksistensi diri sebagai makhluk ciptaan Allah SWT yang harus bertauhid dan beribadah secara murni kepada-Nya, sebagai makhluk sosial yang harus berakhlak mulia merupakan bagian dari penajaman kecakapan personal.
  4. Pengenalan potensi diri yang merupakan bagian dari kecakapan personal yang ditekankan pada pendidikan dasar.
  5. Belajar mengenali diri secara proporsional, menghargai kelebihan orang lain, tidak mudah sombong dengan pujian merupakan kecakapan personal yang menjadi penekanan pada SMP Negeri 2 Arga Makmur, melalui mata pelajaran Agama dan  PKn, SMP Negeri 2 Arga Makmur selalu mendorong untuk terjadinya proses pendidikan agama, bukan sekadar pembelajaran agama. Agama sebagai nilai akan dilatihkan untuk dikembangkan di samping agama sebagai pengetahuan dan ”keterampilan”. Sementara itu, kecapakap berpikir rasional juga dikembangkan melalui mata-mata pelajaran matematika, sains, dan bahasa. Yang perlu mendapatkan tekanan dalam pengembangan berpikir rasional adalah kecakapan menggali dan mengolah informasi, sehingga siswa terbiasa berpendapat atas dasar data, bukan semata atas dasar asumsi, atau malah prasangka. Demikian pula kecakapan sosial yang bermuara pada kesantunan dalam bersikap, berbicara, menulis perlu mendapatkan pelatihan. Ini merupakan fokus tujuan pendidikan dasar dengan semua mata pelajaran sebagai alat pencapaiannya.

Kurikulum yang  disusun oleh SMP Negeri 2 Arga Makmur Kab.  Bengkulu Utara adalah untuk meletakkkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

2.         VISI SMP NEGERI 2 ARGA MAKMUR

“Terdepan dalam prestasi berdasarkan imtaq dan iptek serta unggul dalam pelestarian lingkungan 2015”

Nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam pemenuhan visi sekolah adalah religius, disiplin, toleransi, kerja keras, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab

Indikator VISI :

1.  Terwujudnya prestasi akademik dan non akademik baik tingkat daerah maupun nasional

2.  Terwujudnya sikap budi pekerti yang luhur didasari iman dan taqwa 2010-2015

 

3. Terwujudnya SDM pendidikan yang memiliki kemampuan sesuai tuntutan iptek, sesuai kualifikasi pendidikan dan pelatihan

4. Terwujudnya lingkungan yang bersih, indah dan menyenangkan, sehingga tercapai sekolah sehat dan peduli lingkungan

Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan, tugas dan tanggung jawab sekolah dalam  jangka panjang dengan arah yang jelas. Dalam sosialisasi dan aplikasi Visi sekolah dilakukan melalui informasi pada upacara bendera, pertemuan orang tua, ditulis pada dinding ruang guru.

3.         MISI SMP NEGERI 2 ARGA MAKMUR

1. Menanamkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa, dengan penanaman akhlak mulia.

2.  Membentuk kepribadian peserta didik yang berakhlak mulia, memiliki kecakapan hidup dan menguasai Iptek, melalui pembelajaran yang berkesinambungan.

3.  Meningkatkan kesadaran peserta didik sebagai makhluk sosial dalam tatanan kemasyarakatan, dan aktif memelihara/melestarikan lingkungan, dengan kegiatan penanaman pohon pelindung.

4.  Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan melalui pengalaman langsung sesuai dengan minat dan bakat peserta didik, baik akademik maupun nonakademik

4.         TUJUAN SMP NEGERI 2 ARGA MAKMUR

1.  Meningkatkan perilaku akhlak mulia bagi peserta didik.

2.  Mempersiapkan peserta didik sebagai bagian dari anggota masyarakat yang mandiri dan berguna.

3.  Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan minat dan bakat peserta didik, melalui pembelajaran yang efektif.

4.  Mempersiapkan peserta didik dalam melanjutkan pendidikan lebih lanjut.

5. Mempersiapkan peserta didik memiliki karakter dan berbudaya

Tujuan Jangka Panjang

  1. Mencapai pendidikan yang bermutu, efisien dan relevan
  2. Memenuhi pengelolaan pendidikan yang transparan, akuntabel, efektif, dan partisipatif
  3. Mampu menjadikan sekolah mandiri (SBI), dengan kelas akselerasi, prestasi dan reguler

Tujuan Jangka Pendek

  1. Peningkatan Gain Score Achievment (GSA) rata-rata Ujian Nasional dari 6,00 menjadi  >  6,50
  2. Memiliki minimal 18 rombongan belajar untuk setiap jenjang kelas.
  3. Menjadi juara 3 besar dalam keteladanan siswa tingkat kabupaten.
  4. Menjadi juara 3 besar  dalam lomba mata pelajaran tingkat kabupaten.
  5. Menjadi juara 3 besar pada lomba KIR tingkat kabupaten.
  6. Tim Bola Voli menjadi finalis tingkat kabupaten.
  7. Tim Bola Basket menjadi finalis tingkat propinsi.
  8. Tim Tenis Meja menjadi Juara I tingkat kabupaten.
  9. Tim seni tari menjadi finalis dalam lomba tingkat kabupaten.
  10. Tim MTQ/ loketa menjadi finalis tingkat Propinsi.
  11. 90% siswa melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianut.
  12. 90% siswa menguasai keterampilan komputer program windows dan excel
  13. Regu Pramuka dan PMR menjadi juara I tingkat Propinsi.
  14. Memiliki Perpustakaan yang representatif dengan pelayanan yang optimal.
  15. Memiliki Laboratorium IPA, Laboratorium Komputer yang representatif.
  16. Memiliki Ruang Keterampilan dan Ruang Kesenian yang representatif.
  17. 90% masyarakat dan pemerintah percaya atas produk dan bentuk-bentuk pelayanan sekolah.
  18. Pencapaian standar isi (Kurikulum tingkat satuan pendidikan, model/sistem penilaian, silabus, RPP dan KKM lengkap baik Mata Pelajaran Nasional maupun Lokal).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

  1. A.    Struktur Kurikulum     

Struktrur dan muatan Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur tertuang dalam Standar Isi, meliputi lima kelompok mata pelajaran, sebagai berikut :

Kelompok Mata Pelajaran Cakupan Penanggung jawab Program
1.         Agama dan Akhlak Mulia Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. Darmawansa, S.Ag

Lisnaweli, S.PdI

Sri Yuliani, S.PdI

Rosmayeni,S.Pd

Siti Imamah, S.PdI

Samsinaryati, S.PdI

2. Kewarganegaraan dan Kepribadian Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.

Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Sutanto, S.Pd

Lia Indriani, S.Pd

Purwaka, s.Pd

Suhati, S.Pd

Herliana, S. Pd

Agustami, S.Pd

Eko Sumaryono, S.Pd

Gunawan Sinurat

Elfi Karwasni, S.Pd

 

 

3.         Ilmu Pengetahuan     dan Teknologi Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMP/MTs/SMPLB dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri. Janu Ismadi, S.Pd

Imam Musthaqien, S.Pd, M.Pd

Ana Iryanti, S.Pd

Irpan Nur, S.Pd, Mat

Budi Hartati, S.Pd, M.Pd

4.         Estetika Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis. Nasib Suprapto W, S.Pd

Ade Rimayanti, S.Pd

Romiyanti, S.Pd

Melly Yusnita, S.Pd

Nurhayani, S.Pd

Suryani,S.Pd

Febriana MB, SE

Rismaili

 

5.         Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SMP/MTs/SMPLB dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.

Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.

Jeki Shonata,

Id Mubarok, S.Pd

Mieke Hendrawati D, S.Pd

Rian Arindi P

Septawati CD

Tugiran,SPd

Herma Gusmiarsih, S.Pd

Mardani, S.Pd

Mareti Pitaloka, S.Pd

  1. Muatan Kurikulum
  2. 1.      Mata Pelajaran
    1. Pendidikan Agama Islam

1)      Menerapkan tata cara membaca Al-qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca “Al”- Syamsiyah dan “Al”- Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf

2)      Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada Qadha dan Qadar serta Asmaul Husna

3)      Menjelaskan dan membiasakan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasawuh dan  menjauhkan diri dari perilaku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah

4)      Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat

5)      Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para shahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di nusantara.

  1. Pendidikan Agama Kristen

1)      Menjelaskan karya Allah dan penyelamatan bagi manusia dan seluruh ciptaan

2)      Menginternalisasi nilai-nilai kristiani dengan menanggapinya secara nyata

3)      Bertanggung jawab terhadap diri dan sesamanya, masyarakat dan gereja sebagai orang yang sudah diselamatkan.

  1.  Pendidikan Agama Khatolik

1)      Peserta didik dapat menguraikan pemahaman tentang pribadinya  sebagai pria dan wanita yang memiliki rupa-rupa kemampuan dan keterbatasan untuk berelasi dengan sesama dan lingkungannya.

2)      Peserta didik dapat menguraikan pemahamannya tentang Yesus Kristus dan bagaimana meneladani Yesus yang mewartakan Bapa dan Kerajaan Allah

3)      Peserta didik dapat menguraikan makna Gereja sebagai sakramen keselamatan dan bagaimana mewujudkannya dalam hidup nyata.

4)      Peserta didik dapat menguraikan pamahaman tentang hidup bermasyarakat dan bagaimana melaksanakan kehidupan bermasyarakat sesuai ajaran Firman Allah dan pengajaran Yesus Kristus.

  1. Pendidikan Kewarganegaraan

1)      Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma  kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan,  dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

2)      Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama

3)      Menghargai perbedaan dan kemerdekaan dalam mengemukakan pendapat dengan bertanggung jawab

4)      Menampilkan perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945

5)      Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat

6)      Menjelaskan makna otonomi daerah, dan hubungan antara pemerintahan pusat dan daerah

7)      Menunjukkan sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi

8)      Memahami prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan keindividuannya

  1. Bahasa Indonesia

1)      Mendengarkan

Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara, pelaporan, penyampaian berita radio/TV, dialog interaktif, pidato, khotbah/ceramah, dan pembacaan berbagai karya sastra berbentuk dongeng, puisi, drama, novel remaja, syair, kutipan, dan sinopsis novel

2)      Berbicara

Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, pengalaman, pendapat, dan komentar dalam kegiatan wawancara, presentasi laporan, diskusi, protokoler, dan pidato, serta dalam berbagai karya sastra berbentuk cerita pendek, novel remaja, puisi, dan drama

3)      Membaca

Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami berbagai bentuk wacana tulis, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerita pendek, drama, novel remaja, antologi puisi, novel dari berbagai angkatan

4)      Menulis

Melakukan berbagai kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk buku harian, surat pribadi, pesan singkat, laporan, surat dinas, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan, poster, iklan baris, resensi, karangan, karya ilmiah sederhana, pidato, surat pembaca, dan berbagai karya sastra berbentuk pantun, dongeng, puisi, drama, puisi, dan cerpen

  1. Bahasa Inggris

1)      Mendengarkan

Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari

2)      Berbicara

Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari

3)      Membaca

Memahami makna dalam wacana tertulis interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari

4)      Menulis

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

 

 

  1. Matematika

1)      Memahami konsep bilangan real, operasi hitung dan sifat-sifatnya (komutatif, asosiatif, distributif), barisan bilangan sederhana (barisan aritmetika dan sifat-sifatnya), serta  penggunaannya dalam pemecahan masalah

2)      Memahami konsep aljabar meliputi: bentuk aljabar dan unsur-unsurnya, persamaan dan pertidaksamaan linear serta penyelesaiannya, himpunan dan operasinya, relasi, fungsi dan grafiknya, sistem persamaan linear dan penyelesaiannya, serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah

3)      Memahami bangun-bangun geometri, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, ukuran dan pengukurannya, meliputi: hubungan antar garis, sudut (melukis sudut dan membagi sudut), segitiga (termasuk melukis segitiga) dan segi empat, teorema Pythagoras, lingkaran (garis singgung sekutu, lingkaran luar dan lingkaran dalam segitiga dan melukisnya), kubus, balok, prisma, limas dan jaring-jaringnya, kesebangunan dan kongruensi, tabung, kerucut, bola, serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah

4)      Memahami konsep data, pengumpulan dan penyajian data (dengan tabel, gambar, diagram, grafik), rentangan data, rerata hitung, modus dan median, serta  menerapkannya dalam pemecahan masalah

5)      Memahami konsep ruang sampel dan peluang kejadian, serta  memanfaatkan dalam pemecahan masalah

6)      Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan

7)      Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerja sama

  1. Ilmu Pengetahuan Alam

1)      Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh

2)      Memahami keanekaragaman hayati, klasifikasi keragamannya berdasarkan ciri,  cara-cara pelestariannya, serta saling ketergantungan antar makhluk hidup di dalam ekosistem

3)      Memahami sistem organ pada manusia dan kelangsungan makhluk hidup

4)      Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya

5)      Memahami konsep gaya, usaha, energi, getaran, gelombang, optik, listrik, magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

6)      Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya

  1. Ilmu Pengetahuan Sosial

1)      Mendeskripsikan keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan

2)      Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian  manusia

3)      Membuat sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan

4)      Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan

5)      Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan sejak Pra-Aksara, Hindu Budha, sampai masa Kolonial Eropa

6)      Mengidentifikasikan upaya penanggulangan permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan

7)      Memahami proses kebangkitan nasional, usaha persiapan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia

8)      Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya dan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam masyarakat, dan upaya pencegahannya

9)      Mengidentifikasi region-region di permukaan bumi berkenaan dengan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera, keterkaitan unsur-unsur geografi dan penduduk, serta ciri-ciri negara maju dan berkembang

10)  Mendeskripsikan perkembangan lembaga internasional, kerja sama internasional  dan peran Indonesia dalam kerja sama dan perdagangan  internasional, serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia

11)  Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi serta mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam memenuhi kebutuhannya

12)  Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan

  1. Pendidikan Seni Budaya

1)      Seni Rupa

a)      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar bentuk obyek tiga dimensi yang ada di daerah setempat

b)      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar/ lukis, karya seni grafis dan kriya tekstil batik daerah Nusantara

c)      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara.

2)      Seni  Musik

a)      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok.

b)      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu tradisional nusantara secara perseorangan dan kelompok

c)      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu mancanegara secara perseorangan dan kelompok

3)      Seni  Tari

a)      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni  tari tunggal dan berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari daerah setempat

b)      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni  tari tunggal dan berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari Nusantara

c)      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni  tari tunggal dan berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari mancanegara

4)      Seni Teater

a)      Mengapresiasi dan bereksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara

b)      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater  terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat

c)      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni  teater  terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara

d)     Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni  teater  tradisional, modern dan kreatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat, Nusantara dan mancanegara

  1. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

1)      Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan, olahraga serta atletik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

2)       Mempraktekkan senam lantai dan irama dengan alat dan tanpa alat

3)       Mempraktekkan teknik renang dengan gaya dada, gaya bebas, dan gaya punggung

4)       Mempraktekkan teknik kebugaran dengan jenis latihan beban menggunakan alat sederhana

5)       Mempraktekkan kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar dan piknik

6)      Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan, mengenal berbagai penyakit dan cara pencegahannya serta menjauhi narkoba

  1. Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi

1)      Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa datang

2)      Menguasai dasar-dasar ketrampilan komputer

3)      Menggunakan perangkat pengolah kata dan pengolah angka untuk menghasilkan dokumen sederhana

4)      Memahami prinsip dasar internet/intranet dan menggunakannya untuk memperoleh informasi.

  1. Mulok Sekolah

1. Bahasa Rejang

Mata Pelajaran Muatan Lokal Karawitan di SMP N 2 Arga Makmur bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

1)      Menumbuhkembangkan kemampuan dan keterampilan menulis huruf kaganga sehingga menjadi motivasi bagi siswa untuk melestarikannya sebagai hasil kreasi budaya daerah sekaligus sebagai salah satu unsur kebudayaan nasional.

2)      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni , tata cara dan adat istiadat suku Rejang untuk mengenal kebudayaan asli daerah.

3)      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik , lagu-lagu daerah rejang secara perseorangan dan kelompok untuk mengiringi dendang .

4)      Menumbuhkembangkan kemampuan dan keterampilan berkomunikasi siswa dengan menggunakan bahasa Rejang, sehingga menjadi motivasi bagi siswa untuk melestarikan sebagai hasil kreasi budaya daerah sekaligus sebagai salah satu unsur kebudayaan nasional.

  1. 2.      Pertanian

Mata Pelajaran Muatan Lokal Pertanian di SMP N 2 Arga Makmur bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

1)      Mengembangkan kemampuan dan keterampilan budi daya pertanian siswa dengan menggunakan teknologi tepat guna.

2)      Meningkatkan hasil pertanian dengan cara memanfaatkan lahan yang ada dengan efektif.

 

  1. 3.      Kegiatan Pengembangan Diri

Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.

  1. Pengembangan Diri Terprogram

1)      Kegiatan Pelayanan Konseling

Melayani  :

a)      Masalah kesulitan belajar siswa

b)      Pengembangan karir siswa

c)      Pemilihan jenjang pendidikan yang lebih tinggi

d)     Masalah dalam kehidupan sosial siswa

2)      Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa

Bertujuan untuk :

a)      Melatih siswa dalam berorganisasi

b)      Mempersiapkan siswa untuk menjadi pemimpin yang handal

c)      Melatih siswa untuk bersikap demokratis

d)     Melatih siswa belajar mengambil keputusan dengan tepat

3)      Kepramukaan

a)      Sebagai wahana siswa untuk berlatih berorganisasi

b)      Melatih siswa untuk trampil dan mandiri

c)      Melatih siswa untuk mempertahankan hidup

d)     Memiliki jiwa social dan peduli kepada orang lain

e)      Memiliki sikap kerjasama kelompok

f)       Dapat menyelesaikan permasalahan dengan tepat

4)      Kegiatan Olahraga Seni dan Budaya

a)      Pengembangan Olahraga Prestasi

(1)   Sepak Bola

(2)   Bola Basket

(3)   Bola Volley

(4)   Bulu Tangkis

b)      Pengembangan Seni Rupa, Musik, dan Tari

c)      Pengembangan Baca Tulis Al Quran

d)     Pengembangan Seni Baca Al Qur’an

e)      Pengembangan Seni Rebana/ nasyid

f)       Pengembangan Paskibra

g)      Pengembangan Palang Merah Remaja

5)      Kegiatan Kelompok Ilmiah Remaja

a)      Melatih siswa berpikir kritis

b)      Melatih siswa terampil dalam menulis karya ilmiah

c)      Mampu berkompetisi dalam berbagai lomba IPTEK

d)     Mampu berkompetisi dalam lomba bidang IMTAK

6)      Kegiatan English Club

Tujuan :

Agar siswa dapat berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris di dalam kehidupan sehari-hari

7)      Kegiatan Keterampilan

a)      Menjahit dan bordir

Tujuan : untuk memberi bekal keterampilan menjahit kepada siswa sebagai bekal hidup di masyarakat.

b)      Sablon

Tujuan : untuk meningkatkan ketrampilan siswa terhadap seni mencetak/sablon dengan pendalaman dan pemahaman berbagai program kegiatan sablon kertas dan kain.

8)      Baca Tulis Al-Qur’an

Mata Pelajaran Muatan Lokal BTA di SMPN 2 Arga Makmur bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :

–          Mengembangkan kemampuan dan keterampilan menulis, membaca, menghafal dan mengartikan serta menyimpulkan ayat-ayat alqur’an.

–          Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pemahaman dan penulisan ayat-ayat al qur’an dibidang kaligrafi.

–          Meningkatkan hasil belajar siswa dalam bidang seni baca al qur’an.

 

Untuk melaksanakan kegiatan pengembangan diri harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

●     setiap peserta didik diharuskan memilih salah satu kegiatan pengembangan diri (maksimal 1 kegiatan)

●     peserta didik dikategorkan tuntas dalam pengembangan diri, jika 75% kehadiran dalam mengikuti kegiatan tersebut dengan nilai baik

●     apabila dalam kegiatan pengembangan diri peserta didik memperoleh prestasi dengan membawa nama sekolah pada tingkat kabupaten, propinsi maupun nasional akan diberi penghargaan, diantaranya piagam penghargaan serta pembinaan.

●     kegiatan pengembangan diri dilakukan dilingkungan sekolah.

●     kriteria penilaian kegiatan pengembangan diri adalah:

Amat baik          =  A  1) kehadiran tidak kurang dari 75 %

2) berprestasi membawa nama sekolah

Baik                    =  B  1) kehadiran 65% – 74%

Cukup                =  C  1) kehadiran 50% – 64%

Kurang               =   kurang dari 50 %

  1. Pengembangan Diri / Pembiasaan

Meliputi :

1)      Pembiasaan Rutin, yaitu kegiatan yang dilakukan terjadwal, meliputi :

a)      Upacara bendera

b)      Senam

c)      Doa bersama

d)     Ketertiban

e)      Pemeliharaan kebersihan

f)       Kesehatan diri

2)      Pembiasaan Spontan, yaitu kegiatan tidak terjadwal dalam kejadian khusus, meliputi :

a)      Pembentukan perilaku memberi senyum, salam, sapa

b)      Membuang sampah pada tempatnya

c)      Antri

d)     Mengatasi silang pendapat (pertengkaran)

e)      Saling mengingatkan ketika melihat pelangaran tata tertib sekolah

f)       Kunjungan rumah

g)      Kesetiakawanan sosial

h)      Anjangsana

3)      Pembiasaan Keteladanan, adalah kegiatan dalam bentuk perilaku sehari-hari, meliputi :

a)      Berpakaian rapi

b)      Berbahasa yang baik

c)      Rajin membaca

d)     Memuji kebaikan dan atau keberhasilan orang lain

e)      Datang tepat waktu

 

  1. 4.      Jadwal Kegiatan Pengembangan Diri

 

No

 

Nama Kegiatan

Hari

Waktu

Tempat

Penanggung Jawab Kegiatan

1

Kegiatan pelayanan Konseling Senin – Sabtu Mulai pukul 08.00 s.d. 12.40

 

Kelas VII – IX sesuai jadwal Bunazim, S.Pd, MM

Imam M, S.Pd

Lia Indriani, S.Pd

Herma Gusmiarsih, S.Pd

Mareti P. S,Pd

2

Kegiatan LDKS Senin-sabtu 15.00 s.d. 17.30 Halaman / Lapangan SMP Negeri 2 Arga Makmur Irpan Nur, S.Pd

Sutanto, S.Pd

Agustami, S.Pd.

 

3

Kegiatan Kepramukaan Jumat 15.00– 17.30

 

Halaman / Lapangan SMP Negeri 2 Arga Makmur Id Mubarok , S.Pd,

Mardani, S.Pd

4

Kegiatan Olahraga Seni dan Budaya        

  • Pengembangan Olahraga Prestasi
    • Sepak Bola
    • Bola Basket
    • Bola Volley
    • BuluTangkis
 

 

Rabu

Sabtu

Rabu

Kamis

 

 

15.00– 17.30

 

 

 

Lap. Sepak Bola

Lap. Basket SMP

Lap. Volly SMP

Lap. Badminton SMP

 

 

Jeki Shonata, S.Pd.

Rian Arindi P

 

  • Pengembangan
    • Seni Rupa
    • Seni Musik
    • Seni  Tari
 

Sabtu

Sabtu

Jumat

15.00– 17.30

 

Ruang Kesenian

Ruang Kesenian

Ruang Kesenian

Nasib Suprapto,  S.Pd.

Purwaka, S.Pd

 

  • Pengembangan Baca Tulis Al Quran
Sabtu 15.00– 17.30

 

Mushola SMP Sri Yuliani, S.PdI

Darmawansa, S.Ag

Siti Imamah, S.PdI

 

  • Pengembangan Seni Baca Al Qur’an
Sabtu 15.00– 17.30

 

Mushola SMP Sri Yuliani, S.PdI

Lisnaweli, S.Pd.I

Samsinaryanti, A.Ma

 

  • Pengembangan Seni Rebana
Jumat 15.00– 17.30

 

Mushola SMP Rosmayeni, S.Pd

Lisnaweli, S.Pd.I

Samsinaryanti, A.Ma

 

  • Pengembangan Majalah Dinding Siswa
Sabtu 15.00– 17.30

 

Ruang Kelas Ade Rimayanti, S.Pd

Mely Yusnita, S.Pd

Romiyanti, S.Pd

 

  • PMR
Sabtu 15.00– 17.30

 

Halaman / Lapangan Mieke HD, S.Pd

Id Mubarok, S.Pd

5

Kelompok Ilmiah Remaja Sabtu 15.00– 17.30

 

Laboratorium IPA Ade Rimayanti, S.Pd

Mely Yusnita, S.Pd

Romiyanti, S.Pd

 

6

Kegiatan English Club Sabtu 15.00– 17.30

 

Ruang Kelas Eko sumaryono, S.Pd

Elfi Karwasni, S.Pd

Septawati CD

Tugiran, S.Pd

7

Kegiatan Keterampilan

ü  Menjahit

 

ü  Bardir

Jumat –

 

Sabtu

 

15.00– 17.30

 

 

Ruang Keterampilan

 

 

Suhati, S.Pd.

 

Alhaini

8

Kegiatan Keterampilan

ü  Sablon

 

Jumat –

 

Sabtu

 

15.00– 17.30

 

Ruang Keterampilan

 

Janu Ismadi, S.Pd.

Nasib Suprapto, S.Pd

 

 

Keterangan :

  • Setiap siswa wajib mengikuti satu macam kegiatan pengembangan diri dengan memilih jenis pengembangan diri yang tersedia.
  • Khusus pengembangan diri LDKS dan kepramukaan wajib diikuti oleh siswa kelas VII.

 

  1. 5.      Alokasi Waktu

Untuk kelas VII dan kelas  VIII diberikan waktu pengembangan diri 2 jam pelajaran (ekuivalen 2 x 45 menit)

Untuk kelas 9 diberi kegiatan Bimbingan Belajar secara intensif untuk persiapan menghadapi Ujian Nasional

 

  1. 6.      Penilaian :

Kegiatan pengembangan diri dinilai dan dilaporkan secara berkala kepada sekolah dan orang tua dalam bentuk kualitatif :

Katagori

Keterangan

A

Sangat Baik

B

Baik

C

Cukup

D

Kurang

*)   2 jam pelajaran untuk pengembangan diri dilaksanakan di luar jam tatap muka.

Struktur Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur Kab. Bengkulu Utara

 

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

VII

VIII

IX

A.        Mata Pelajaran      
1.   Pendidikan Agama

2

2

2

2.   Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

2

3.   Bahasa Indonesia

4

4

4

4.   Bahasa Inggris

4

4

4

5.   Matematika

4

4

4

6.   Ilmu Pengetahuan Alam

4

4

4

7.   Ilmu Pengetahuan Sosial

4

4

4

  1. Pendidikan Seni Budaya

2

2

2

9.   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

2

2

2

10. Teknologi Informasi dan Komunikasi

2

2

2

B. Muatan Lokal

  1. Bahasa Rejang
  2. Pertanian

1

1

1

1

1

1

C. Pengembangan Diri

2*)

2*)

2*)

Jumlah

32

32

32

2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran

Mata pelajaran yang ditambah di kelas VII, VIII dan  IX melalui les tambahan belajar adalah :

  1. Bahasa Indonesia sebanyak 2 jam pelajaran
  2. Bahasa Inggris sebanyak 2 jam pelajaran
  3. IPA terpadu 2 jam pelajaran
  4. Matematika sebanyak 2 jam pelajaran

 

Beban belajar dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui sistem tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. Semua itu dimaksudkan untuk mencapai standar kompetensi lulusan dengan memperhatikan tingkat perkembangan peserta didik.

Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik.

Beban belajar kegiatan tatap muka keseluruhan untuk SMP Negeri 2 Arga Makmur tergambar dalam tabel berikut:

Kelas

Satu jam pembelajaran tatap muka/ menit

Satu jam pembelajaran Kegiatan Terstruktur + Kegiatan Tidak Terstruktur/ menit

Jumlah jam pembelajaran perminggu

Minggu efektif

Per Tahun Pelajaran

Waktu pembelajaran / jam per tahun

VII

40

20

32

36

25.960 menit = 432,67 jam

VIII

40

20

32

36

25.960 menit = 432,67 jam

IX

40

20

32

36

25.960 menit = 432,67 jam

Penugasan terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaian penugasan terstruktur ditentukan oleh pendidik.

Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur dalam sistem paket untuk SMP Negeri 2 Argamkmur adalah antara 50% dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan. Pemanfaatan alokasi waktu tersebut mempertimbangkan potensi dan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi.

Kegiatan mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaiannya diatur sendiri oleh peserta didik.

Alokasi waktu untuk praktik, dua jam kegiatan praktik di sekolah setara dengan satu jam tatap muka. Empat jam praktik di luar sekolah setara dengan satu jam tatap muka.

Bentuk tugas terstruktur maupun mandiri tidak terstruktur dirancang oleh guru melalui kegiatan diskusi kelompok mata pelajaran didasarkan pada Kompetensi Dasar yang ditetapkan atau dipilih guru. SMP Negeri 2 Arga Makmur memfasilitasi kegiatan ini pada awal tahun pelajaran sehingga tugas terstruktur berupa PR tiap mata pelajaran dan tugas mandiri tidak struktur berupa tugas praktik atau persiapan praktik sudah dibuat pada awal tahun pelajaran.

 

  1. 8.      Ketuntasan Belajar

Ketuntasan belajar setiap mata pelajaran ditentukan oleh kelompok guru mata pelajaran dengan mempertimbangkan materi kompleksitas, intake siswa, dan daya dukung dalam penyelenggaraan pembelajaran. Penentuan KKM menggunakan format berikut:

Kompetensi dasar dan Indikator

Kriteria Ketuntasan Minimal

Kriteria Penetapan Ketuntasan

Nilai KKM

Kompleksitas

Daya dukung

Intake

Smt. 1 dan 2        

 

KRITERIA PENENTUAN KKM

  1. Dengan memberikan point pada setiap kriteria yang ditetapkan :

1) Kompleksitas       :        – Tinggi         = 1

– Sedang       = 2

– Rendah      = 3

2) Daya dukung       :        – Tinggi         = 3

– Sedang       = 2

– Rendah      = 1

3) Intake                   :        – Tinggi         = 3

– Sedang       = 2

– Rendah      = 1

8.  Pengaturan Beban Belajar

Beban belajar ditentukan berdasarkan penggunaan sistem paket. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran pada sistem paket dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Pengaturan  alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran yang terdapat pada semester ganjil dan genap dalam satu tahun ajaran dapat dilakukan secara fleksibel dengan jumlah beban belajar yang tetap. SMP Negeri 2 Arga Makmur menambah  4 jam pembelajaran per minggu. Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur dalam sistem paket adalah 0 – 50 %.

 

9.  Rambu-rambu Pembelajaran

Untuk mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar, SMP Negeri 2 Arga Makmur menggunakan beberapa metode pembelajaran dan bahan ajar sebagai berikut :

  1. Metode kuantum (penciptaan lingkungan belajar)
  2. Metode konstruktif (belajar menemukan dan memecahkan masalah)
  3. Metode kontekstual (dunia nyata/ otentik)
  4. Metode kooperatif
  5. Metode partisipatori

1)      keterlibatan siswa secara penuh

2)      menemukan sendiri hasil belajar

3)      siswa sebagai subjek

4)      guru sebagai fasilitator

f.   Metode langsung

  1. penjelasan
  2. demonstrasi
  3. bimbingan
  4. pengecekan
  5. pelatihan lanjutan

g.  Bahan Ajar

Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.

Bentuk bahan ajar yang digunakan di SMP Negeri 2 Arga Makmuradalah

  1. Bahan cetak seperti: hand out, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart,
  2. Audio Visual seperti: video/film,VCD, LCD Projector
  3. Audio seperti: radio, kaset, CD audio, HP
  4. Visual: foto, gambar, model/maket.
  5. Multi Media: CD interaktif, computer Based, Internet
  6. 1.      Bagi siswa kelas VII
  7. 2.      Bagi siswa Pindahan
  1. Penerimaan Siswa Baru
    1. Siswa baru yang diterima melalui seleksi calon siswa baru dengan nilai rata-rata NUASBN ≥ 5,50, dengan tidak ada nilai < 4,00
    2. Nilai rata-rata rapaort SD kelas IV sd VI  ≥  6,00
    3. Melalui seleksi ujian tertulis mata pelajaran Bahas Indonesia,  Matematika, IPA, IPS/ PPKn.
    4. Melalui ujian praktek baca tulis Alqur’an dengan nilai ≥ 6,00
    5. Bukan tamatan  Paket A

a)      Lulus seleksi ujian tertulis mata pelajaran Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, IPS, Matematika, Bahasa Inggris dengan nilai ≥ 5,50 sesuai tingkat kelasnya.

b)     Lulus ujian praktek baca tulis Alqur’an dengan nilai ≥ 6,00

c)      Bukan siswa mutasi dalam satu kecamatan kota Arga Makmur

d)     Bukan siswa mutasi dari sekolah swasta/ terakreditasi C.

e)      Nilai raport sekurang-kurangnya baik

f)       Tidak menerima siswa yang tidak naik kelas

  1. Ketuntasan Belajar

Untuk menentukan KKM Menggunakan Kriteria-kriteria sebagai berikut:

a.   Tingkat Kompleksitas (kesulitan dan kerumitan) setiap SK/KD yang harus dicapai oleh siswa.

b.  Kemampuan Sumber Daya Pendukung : Yaitu ketersediaan tenaga, sarana dan prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan, manajemen sekolah, kepedulian stakholders sekolah.

c.   Tingkat Kemampuan (Intake)  rata-rata siswa

i.    KKM kelas VII berdasarkan pada rata-rata ijasah SD.

ii    KKM Kelas VIII dan IX  berdasarkan pada tingkat pencapaian KKM   kelas sebelumnya.

  1. Kreteria Ketuntasan Minimal  (KKM) ditentukan per aspek
  2. Untuk menentukan ketuntasan mata pelajaran, jika mata pelajaran mempunyai beberapa aspek yang dinilai; maka nilai beberapa aspek dijumlahkan dan dibuat rata-rata dan dibandingkan dengan rata-rata KKM.

Daftar Nilai KKM SMP Negeri 2 Arga Makmur adalah :

Mata Pelajaran

K K M

Ket
Kelas VII Kelas VIII Kelas IX
A. Mata Pelajaran        
     1. Pendidikan Agama

77

77

78

 
     2. Pendidikan Kewarganegaraan

78

78

77

 
     3. Bahasa Indonesia

76

76

75

 
     4. Bahasa Inggris

76

76

75

 
     5. Matematika

76

75

75

 
     6. Ilmu Pengetahuan Alam

76

75

75

 
     7. Ilmu Pengetahuan Sosial

77

77

76

 
     8. Seni Budaya

77

77

76

 
     9. Pendidikan Jasmani,

Olahraga dan Kesehatan

78

78

77

 
   10. Teknologi Informasi dan

Komunikasi

78

78

77

 
B. Muatan Lokal

  1. Bahasa Rejang
  2. Pertanian

78

78

78

78

77

78

 
C. Pengembangan Diri

B

B

B

 

 

f. Setiap bulan guru menyerahkan hasil penilaian

12. Remedial

a)      Remedial dilaksanakan maksimal 2 kali untuk setiap kali dilakukan ulangan harian  (Setelah satu atau beberapa Kompetensi dasar)

b)      Nilai hasil remedial tidak boleh melebihi KKM

c)      Kompetensi yang diremedial adalah Kompetensi Dasar yang tidak tuntas / tidak lulus.

13.  Kenaikan Kelas dan Kelulusan

Kriteria  untuk dapat naik kelas adalah :

Berdasarkan perolelehan nilai semester 1 dan 2 pada jenjang kelas yang diikuti

1)      Lulus / tuntas pada semua mata pelajaran, Jika semester 1 dan 2 nilai suatu mata pelajaran tuntas, mata pelajaran tersebut dinyatakan tuntas. Jika semester 1 dan 2 nilai suatu mata pelajaran tidak tuntas, mata pelajaran harus dilakukan perhitungan pada mata pelajaran tersebut sebagai berikut : Hitung nilai rata-rata semester 1 dan 2 pada mata pelajaran tersebut, jika skor rata-rata semester 1 dan 2 mata pelajaran tersebut sama atau lebih besar dari rata-rata KKM, mata pelajaran tersebut dinyatakan tuntas

2)      Melakukan pelanggaran hukum (surat perjanjian maksimal 2 kali) atau pemanggilan Orang tua berdasar sangsi pelanggaran maksimal 2 kali.,

3)      Kehadiran minimal 90 %

4)      Mengikuti minimal satu kegiatan pengembangan diri dengan nilai minimal B

5)      Berprilaku minimal baik

 

14.  Nilai Raport

ü Perhitungan untuk mementukan nilai raport ditentukan dengan persentase  sebagai berikut :

1)                  Ulangan Harian dengan bobot                           60 %

2)                  Ujian Tengah Semester dengan bobot               20 %

3)                  Ujian Akhir Semester dengan bobot                  20 %

ü  Menuliskan data siswa, nilai yang diperoleh siswa, KKM setiap mata pelajaran, menuliskan deskripsi kemajuan belajar siswa berdasar ketuntasan setiap SK yang ada dalam lampiran raport

ü  Menuliskan akhlak dan kepribadian, kegiatan pengembangan diri, ketidakhadiran

15. Kelulusan

Sesuai dengan ketentuan Permendiknas No.25,26/2011, peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah:

a.   menyelesaikan seluruh program pembelajaran;

b.    memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan;

c.  lulus ujian sekolah dengan Nilai sekolah = 40% rata-rata Nilai Rapot + 60% Nilai Ujian Sekolah.

d.   Nilai Akhir ≥ 5,50, dengan rumus  NA = 40% N. Sekolah + 60% N. Ujian Nasional

  1. a.      Pendidikan Berbasis Kecakapan Hidup

Tujuan umum pendidikan kecakapan hidup adalah memfungsikan pendidikan sesuai dengan fitrahnya, yaitu mengembangkan potensi peserta didik dalam menghadapi perannya di masa mendatang secaa menyeluruh.

Tujuan khusus pendidikan kecakapan hidup adalah :

  1.         i.      Mengaktualisasikan potensi peserta didik sehingga dapat digunakan untuk memecahkan berbagai masalah, misalnya narkoba dan sosial.
  2.       ii.      Memberikan wawasan yang luas mengenai pengembangan karier peserta didik.
  3.     iii.      Memberikan bekal dengan latihan dasar tentang nilai-nilai yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
  4.     iv.      Memberikan kesempatan kepada sekolah untuk mengambangkan pembelajaran yang fleksibel sesuai dengan prinsip pendidikan berbasis luas (broad based education).
  5.       v.      Mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya di lingkungan sekolah dan di masyarakat sesuai dengan prinsip manajemen berbasis sekolah.

Kecakapan hidup dikembangkan melalui pembelajaran :

  1. Kecakapan personal, meliputi : beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berpikir rasional, memahami diri sendiri, percaya diri, bertanggung jawab, menghargai dan menilai diri.
  2. Kecakapan sosial, meliputi : kecakapan bekerja sama, menunjukkan tanggung jawab sosial, mengendalikan emosi, berinteraksi dalam budaya lokal dan global, berinteraksi dalam masyarakat, meningkatkan potensi fisik, membudayakan sikap sportif, membudayakan sikap disiplin, membudayakan sikap hidup sehat.
  3. Kecakapan akademik, meliputi : menguasai pengetahuan, menggunakan metode dan penelitian ilmiah, bersikap ilmiah, mengembangkan kpasitas sosial untuk belajar sepanjang hayat, mengembangkan berpikir strategis, berkomunikasi secara ilmiah, memperoleh kompetensi lanjut akan ilmu pengetahuan dan teknologi, membudayakan berpikir dan berperilaku ilmiah, membudayakan berpikir kreatif, membudayakan berpikir dan berperilaku ilmiah secara mandiri, menggunakan teknologi, menggunakan pengetahuan, dan nilai-nilai untuk mengambil keputusan yang tepat.
  4. Kecakapan vokasional, meliputi : keterampilan yang berkaitan dengan kejuruan (misalnya : menjahit), keterampilan bekerja, keterampilan kewirausahaan, keterampilan menguasai teknologi informasi dan komunikasi (TIK), keterampilan merangkai alat.

Implementasi pendidikan kecakapan hidup di SMP Negeri 2 Arga Makmur adalah melalui pengembangan silabus, pembelajaran CTL, pembelajaran tematik, pemilihan mata pelajaran mulok sekolah dan pengembangan diri siswa.

 

  1. b.      Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global

Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global adalah pendidikan yang memanfaatkan keunggulan lokal dan kebutuhan daya saing global dalam aspek ekonomi, budaya, bahasa, teknologi, ekologi dan lain-lain, yang bermanfaat bagi pengembangan kompetensi peserta didik agar mampu bersaing di tingkat lokal, nasional dan internasional.

Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global dapat merupakan bagian dari semua mata pelajaran dan juga dapat menjadi mata pelajaran muatan lokal. Pendidikan berbasis keunggulan lokal di SMP Negeri 2 Arga Makmur  yaitu pada mata pelajaran bahasa Rejang, dan mata pelajaran muatan lokal Pertanian.

 

BAB IV

KALENDER PENDIDIKAN

 

Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran. Kalender pendidikan mencakup  permulaan tahun pelajaran,  waktu belajar efektif, waktu tengah semester dan waktu hari libur.

a.    Permulaan tahun pelajaran

Permulaan tahun pelajaran  adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Permulaan tahun pelajaran telah ditetapkan oleh Pemerintah yaitu tanggal 18 bulan Juli tahun 2011 dan berakhir pada bulan Juni tahun 2012.

–      Masa orientasi siswa (MOS) baru dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 14 sampai dengan 16 Juli 2011

  1. Waktu belajar efektif

Waktu belajar menggunakan sistem semester yang membagi 1 tahun pelajaran menjadi semester 1 (satu) dan semester 2 (dua).

Kegiatan pembelajaran dilaksanakan selama 6 (enam) hari, yaitu:

HARI WAKTU BELAJAR Keterangan
Senin 07.30 – 13.40 90’ Kegt les tambahan belajar
Selasa 07.30 – 13.40 90’ Kegt les tambahan belajar
Rabu 07.30 – 13.40 90’ Kegt les tambahan belajar
Kamis 07.30 – 13.40 90’ Kegt les tambahan belajar
Jum’at 07.30 – 11.05 Senam
Sabtu 07.30 – 11.05  

Sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah, waktu pembelajaran efektif belajar ditetapkan sebanyak 34 minggu untuk setiap tahun pelajaran.

  1. Waktu tengah semester, kegiatan tengah semester direncanakan selama 6 (lima) hari. Kegiatan ujian tengah semester akan dilaksanakan pada minggu ke-8 setelah hari efektif pembelajaran.
  2. Waktu libur sekolah

Hari libur sekolah  adalah hari yang ditetapkan oleh sekolah, pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota untuk tidak diadakan proses pembelajaran di sekolah. Penentuan hari libu memperhatikan ketentuan berikut ini.:

 

  • Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan/atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan.
  • Peraturan Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota dalam hal penentuan hari libur umum/nasional atau penetapan hari serentak untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan.

 

 

 

 

 

Sekolah mengambil kebijakan hari libur sebagai berikut ini.

  • Libur Awal Puasa
1 Agustus  – 3 Agustus 2011
  • Libur sekitar idul Fitri
22 Agustus – 11 September 2011
  • Libur Semester 1
 24 Desember  2011 –  7 Januari  2012
  • Libur Semester 2
27 Juni – 12 Juli 2012

Hari libur yang ditentukan oleh Peraturan Pemerintah Pusat antara lain:

  • Tahun Baru Masehi
   
  • Idul Adha
   
  • Tahun Baru Imlek
   
  • Tahun Baru Hijriah
   
  • Hari Raya Nyepi
   
  • Maulid Nabi Muhammad SAW
   
  • Wafat Isa Al masih
   
  • Hari Raya Waisak
   
  • Kenaikan Isa Al Masih
   
  • Hari Kemerdekaan R I
   
  • Isra ‘Miraj Nabi Muhammad
   
  • Idul Fitri dan Cuti Bersama
   
  • Hari Raya Natal
   

 

 

 

 

 

 

 

 


e.     Jadwal Kegiatan

Rencana kegiatan sekolah tahun pelajaran 2011/2012  adalah sebagaimana tertera pada tabel berikut ini.

JADWAL KEGIATAN SEKOLAH TAHUN 2011/2012

NO JENIS KEGIATAN PELAKSANAAN KETERANGAN
1 Rapat Persiapan PSB  21 april 2011.  
2 Penerimaan Peserta didik Baru 11 mei – 20 Juli 2011  
3 Rapat Persiapan Perangkat KBM Semester I 23 Juni 2011.  
4 Hari pertama tahun pelajaran 2010/2011  18 Juli 2011.  
5 Masa Orientasi Peserta didik Kelas VII 14 – 16 Juli 2011.  
6 Rapat Koordinasi TU 18 Juli 2011.  
7 Rapat Kordinasi Wali kelas 18  Juli 2011  
8 Rapat Kordinasi Pembina OSIS 18 Juli 2011  
9 Rapat Koordinasi Staf & wakil 18 Juli 2011.  
10 Rapat Pleno Komite 27 Juli 2011  
11 Peringatan Kemerdekaan RI 17 Agustus 2011  
12 Ujian Tengah Semester 1 19 – 24 September 2011  
13 Libur Awal Puasa 1-3 Agustus 2011  
14 Libur Idul Fitri 22 Agst  – 10 Sept 2011  
15 Ujian Akhir Semester 1 12 – 17 Desember 2011  
16 Rpt Evaluasi Smt.1&Persiapan Smt.2 22 Desember 2011  
17 Pembagian Raport 24 Desember 2011  
18 Libur Semester 1 26 Des2011 sd 7 Jan 2012  
19 Hari pertama semester 2 8 Januari 2012  
20 Ujian tengah semester genap 12 – 17 Maret 2012  
21 Ujian akhir semester 4 – 9 Juni 20012  
22 Rapat Pembentukan Panitia US/UN 31 Maret  2012  
23 Ujian Praktik 2-7 April 2012  
24 Ujian Sekolah/ Nasional 9-14 April  2012  
25 Rapat Kelulusan 4 Juni  2012  
26 Rapat Evaluasi sekolah 4 Juni 2012  
27 Rapat Kenaikan Kelas 21 Juni 2012  
28 Pembagian Raport 23 Juni 2012  
29 Rapat Kerja Sekolah/ PSB 23 Juni 2012  
30      
31      


KALENDER PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

NO

BULA N

TANGGAL

JML HARI SEKOLAH

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

1

Juli 2011

2

Agt 2011

3

Sep 2011

4

Okt 2011

5

Nop 2011

6

Des 2011

 

7

Jan 2012

8

Feb 2012

9

Maret 2012

10

April 2012

11

Mei 2012

12

Juni 2012

13

Juli 2012

 

X         = Hari Minggu

S         = Libur Semester

@        = Libur Khusus

#          = Libur Umum

P         = Libur Puasa

R         = Penyerahan Raport

U         = Ulangan Umum Semester

T         = Ulangan Tengah Semester

M        = MOS

N         = UN  /  UAN

NS      = UN / UAS Susulan

Q         =  Pengumuman

A         = Awal Tahun Ajaran

  1. I.        Libur Umum :
  2. 17 Agustus 2011           = Proklamasi RI
  3.                             = Israa’ Mi’raj
  4.                             = Idul Fithri 1432 H
  5.                             = Natal
  6.                             = Tahun Baru
  7.                             = Idul Adha 1432 H
  8.                             = Imlek
  9.                             = Nyepi
  10.                             = Maulid Nabi
  11.                             = Wafat Isa Almasih
  12.                             = Waisyak
  13.                             = Kenaikan Isa Almasih

 

  1. II.      Libur Khusus dan Semester :
    1.     = libur awal puasa
    2.     = Libur menjelang/sesudah Idul Fitri.
    3.     = Libur Semester
    4.     = Paskah
    5.     = Kenaikan Isa Almasih
    6.     = Libur Semester Genap

 

Semester Ganjil  =                      6      hari

Semester Genap =                       6      hari

Jumlah              =                       12    hari

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s