PanduaN VERIFIKASI MP


PANDUAN
VERIFIKASI KODE BIDANG STUDI SERTIFIKASI GURU
UNTUK PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI GURU
TAHUN 2012
(Edisi Revisi)

PUSAT PENGEMBANGAN PROFESI PENDIDIK
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 
PANDUAN VERIFIKASI KODE BIDANG STUDI SERTIFIKASI GURU
UNTUK PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI GURU
TAHUN 2012

A. Kode Bidang Studi Sertifikasi Guru
Bidang studi sertifikasi guru adalah bidang studi yang ditempuh oleh guru dalam mengikuti sertifikasi guru sesuai dengan kompetensi yang dimiliki guru sebagai guru profesional yang tercantum dalam sertifikat pendidik. Guru harus menetapkan bidang studi sertifikasi guru sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kompetensi yang dikuasainya. Harus disadari oleh guru bahwa bidang studi sertifikasi guru ini akan terus melekat dalam tugas mengajar yang akan dilaksanakan oleh guru selama guru tersebut mengajar. Dengan kata lain, guru harus konsisten dengan pilihannya secara profesional karena guru harus mengajarkan bidang studi atau mata pelajaran tersebut selama bertugas sebagai guru.
Kode bidang studi sertifikasi guru adalah kode yang ditetapkan untuk memudahkan dalam pengelolaan data pelaksanaan sertifikasi guru yang ditunjukkan dalam nomor peserta sertifikasi guru pada digit 7, 8, dan 9. Pemberian kode bidang studi selama pelaksanaan sertifikasi guru yang dimulai dari tahun 2007 mengalami perubahan pada tahun 2009. Perubahan ini disesuaikan dengan struktur kurikulum yang berlaku dan spektrum program studi pada sekolah menengah kejuruan (SMK) yang mulai diimplementasikan pada tahun 2009.
Dengan adanya perubahan kode bidang studi sertifikasi guru tersebut, maka perlu adanya penyesuaian kode bidang studi bagi peserta sertifikasi guru sebelum tahun 2009. Penyesuaian ini dilakukan melalui proses konversi kode bidang studi dengan mekanisme yang ditentukan pada panduan ini.

B. Konversi Kode Bidang Studi Sertifikasi Guru
Konversi kode bidang studi sertifikasi guru hanya dilakukan untuk bidang studi tertentu oleh karena adanya perubahan kebijakan terhadap pemberian kode bidang studi pada tahun 2009. Peserta sertifikasi guru tahun 2006 s.d 2008 akan mengalami perubahan nomor peserta khususnya kode bidang studi sertifikasi guru disesuaikan dengan kode peserta tahun 2009 melalui proses konversi.
Konversi bidang studi sertifikasi guru dapat dilakukan melalui beberapa jenis atau katagori sebagai berikut.
1. Langsung
Konversi kode bidang studi dilakukan secara langsung untuk bidang studi yang sudah ditetapkan secara jelas perubahan kode bidang studinya. Untuk perubahan secara langsung ini tidak diperlukan perubahan nomor peserta. Daftar bidang studi dapat dilihat pada Tabel 1.
2. Tidak Langsung
Konversi dilakukan secara tidak langsung untuk bidang studi yang perubahan kodenya memerlukan konfirmasi kepada peserta. Untuk perubahan secara tidak langsung ini perlu perubahan nomor peserta sebagaimana tercantum dalam sertifikat pendidik. Daftar bidang studi dapat dilihat pada Tabel 2.

3. Permohonan Guru
Guru dapat melakukan pemohonan perubahan kode bidang studi apabila ada ketidaksesuaian nomor peserta sertifikasi guru dengan bidang studi yang disertifikasi pada proses sertifikasi guru tahun 2007 s.d 2009 karena kesalahan atau kekeliruan LPTK Rayon Penyelenggara Sertifikasi Guru. Hal ini dimungkinkan terjadi karena belum maksimalnya penggunaan aplikasi sertifikasi guru (ASG) pada pelaksanaan tahun 2007 s.d 2009. Sebagai contoh, guru SLB pada tahun 2009 ada yang masih menggunakan kode 027 seharusnya kode 800.

Mekanisme Konversi Bidang Studi Sertifikasi Guru
Tahapan pelaksanaan konversi bidang studi sertifikasi guru berbeda antar masing-masing cara konversi sebagaimana dijelaskan berikut ini.
1. Langsung
Konversi bidang studi secara langsung dilakukan oleh Badan PSDMP-PMP tanpa usulan dan konfirmasi dari guru. Penyesuaian kode bidang studi tersebut tidak mengubah nomor peserta sertifikasi guru. Daftar bidang studi yang akan mengalami perubahan secara langsung terdapat pada Tabel 1. Hasil perubahan kode bidang studi diinformasikan kepada peserta melalui kartu peserta UKG.
2. Tidak Langsung
Konversi bidang studi secara tidak langsung diperlukan konfirmasi kepada guru yang bersangkutan. Tahapan konversi secara tidak langsung sebagai berikut.
a. Badan PSDMP-PMP memberikan daftar guru kepada LPMP.
b. LPMP berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
c. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota menginformasikan kepada guru.
d. Guru mengirimkan data pendukung yang akan digunakan sebagai bahan pertimbangan konversi kode bidang studi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, yaitu:
1) Sertifikat Pendidik yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah
2) SK tugas mengajar sejak mendapat Sertifikat Pendidik (Tahun 2007-2008) hingga 2012 yang dilegalisasi oleh kepala sekolah dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
3) Ijasah S-1/D-IV
e. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mengirimkan usulan konversi kode bidang studi beserta dokumen pendukung tersebut kepada LPMP. Yang digunakan sebagai acuan dalam menetapkan usulan konversi adalah:
1) Bidang studi yang tercantum dalam Sertifikat Pendidik (jika dicantumkan)
2) Jika dalam Sertifikat Pendidik tidak tercantum bidang studinya, maka menggunakan sebagai acuan penetapan bidang studi menggunakan SK tugas mengajar dengan minimal 5 tahun mengajar bidang studi tersebut. Penetapan tersebut harus sesuai dengan rekomendasi bidang studi pada Tabel 2.
3) Jika SK tugas mengajar tidak sesuai dengan rekomendasi pada Tabel 2, maka penetapan konversi termasuk dalam katagori 3 yaitu “Permohonan Guru”.
f. LPMP melakukan verifikasi antara usulan dan dokumen pendukung, kemudian melakukan penetapan konversi kode bidang studi. Konversi ini akan mengubah nomor peserta sertifikasi guru. Hasil penetapan konversi dan perubahan nomor peserta sertifikasi guru dikirimkan ke Pusat Pengembangan Profesi Pendidik untuk diproses lebih lanjut.
g. Badan PSDMPK-PMP membuat surat penetapan konversi bidang studi dan akan disampaikan kepada LPTK untuk diterbitkan Surat Keterangan perubahan data Sertifikat Pendidik.
3. Permohonan Guru
a. Guru mengajukan permohonan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan melampirkan data pendukung berupa dokumen portofolio dan dokumen lain yang diperlukan.
b. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mengirimkan pengajuan guru tersebut kepada Rayon LPTK Penyelenggara Sertifikasi Guru, tembusan ke LPMP.
c. Rayon LPTK Penyelenggara Sertifikasi Guru meneliti data untuk memberikan persetujuan atau tidak memberikan persetujuan terhadap usulan tersebut. Hasil penelaahan dokumen dikirimkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan ke Badan PSDMP-PMP. Bagi usulan yang disetujui, Rayon LPTK menerbitkan Surat Keterangan perubahan nomor peserta dan bidang studi sertifikasi yang ditandatangani oleh Ketua Rayon sebagai bagian yang tidak terpisahkan dengan Sertifikat Pendidik.
d. Badan PSDMP-PMP mencatat perubahan tersebut dalam database sertifikasi guru.

C. Verifikasi dan Penetapan Kode Bidang Studi Bagi Guru yang Diangkat Dalam Jabatan Pengawas
Pengawas adalah guru yang diangkat dalam jabatan pengawas, untuk selanjutnya disebut pengawas, mulai mengikuti sertifikasi guru pada tahun 2009 setelah ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 74 tentang Guru. Substansi kompetensi yang diujikan pada proses sertifikasi bagi pengawas pada tahun 2009 s.d 2011 lebih ditekankan pada kompetensi kepengawasan dari pada kompetensi guru. Kode bidang studi bagi pengawas pada pelaksanaan sertifikasi guru tersebut berdasarkan kelompok rumpun bidang studi. Oleh karena itu, dalam mengikuti uji kompetensi guru (UKG) ini, pengawas yang telah bersertifikat pendidik harus mengikuti UKG bidang studi selayaknya guru untuk mengetahui penguasaan kompetensi sebagai guru.
Penetapan bidang studi UKG bagi pengawas dikelompokkan dalam 3 (tiga) kelompok dengan tahapan sebagai berikut.
1. Pengawas yang berasal dari guru
Bidang studi bagi pengawas yang berasal dari guru sesuai dengan bidang studi pada sertifikat pendidik yang diperoleh ketika mengikuti sertifikasi guru.
2. Pengawas yang bukan berasal dari guru (pindahan dari jabatan struktural)
Bagi pengawas yang bukan berasal dari guru, keikutsertaan UKG sesuai dengan bidang studi yang ditempuh pada pendidikan S-1/D-4.
3. Pengawas yang bukan berasal dari guru tetapi memiliki bidang studi S-1/D-4 selain kependidikan
Bagi pengawas yang memiliki S-1 dari program studi selain kependidikan, seperti Administrasi Pendidikan, Teknologi Pembelajaran, Kurikulum Pendidikan, dll, tidak diikutkan sebagai peserta UKG.

D. Jadwal Verifikasi Kode Bidang Studi
Proses verifikasi kode bidang studi, khususnya untuk kelompok konversi tidak langsung dan permohonan guru serta verifikasi kode bidang studi bagi pengawas, harus telah selesai pada hari Minggu tanggal 16 September 2012. Bagi guru dan pengawas yang proses konversinya belum selesai pada tanggal yang telah ditentukan tersebut, tidak diikutkan UKG pada tahap 2 dan akan mengikuti UKG pada tahun 2013.

TABEL 1
KONVERSI BIDANG STUDI SECARA LANGSUNG

KODE BIDANG STUDI TAHUN 2007-2008 KODE BIDANG STUDI TAHUN 2009-2011
NO. JENJANG/ MATA PELAJARAN KODE JENJANG/ MATA PELAJARAN KODE
I TK/RA
1 Kelompok bermain 024 2 Guru Kelas TK 020
II SD/MI
1 Matematika 047 2 Guru Kelas SD 027
2 PKn 050
3 Bhs Indonesia 054
4 Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika) 057
5 Ilmu Pengetahuan Sosial 060
III SMP/MTs
1 PKN 084 1 PKN 154
2 Bahasa Indonesia (sastra) 087 2 Bahasa Indonesia (sastra) 156
3 Bahasa Inggris 090 3 Bahasa Inggris 157
4 Matematika 094 4 Matematika 180
5 Biologi 124 5 Ilmu Pengetahuan Alam 097
6 Pengetahuan Alam (IPA terpadu, Fisika) 097
7 Geografi 114 6 Ilmu Pengetahuan Sosial 100
8 Sejarah 117
9 Ekonomi (umum, koperasi, akuntansi) 120
10 Pengetahuan Sosial (Sosiologi, IPS terpadu) 100
12 Pendidikan Jasmani (olah raga & kesehatan) 107 9 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 220
13 TI & K (Teknologi Informasi dan Komunikasi) 110 10 TI & K (Teknologi Informasi dan Komunikasi) 224
IV SMK/MAK
1 PKN 310 1 PKN 154
2 Bahasa Inggris 311 2 Bahasa Inggris 157
3 Bahasa Jerman 312 3 Bahasa Jerman 160
4 Bahasa Perancis 313 4 Bahasa Perancis 164
5 Bahasa Arab 314 5 Bahasa Arab 167
6 Bahasa Jepang 315 6 Bahasa Jepang 170
7 Bahasa Mandarin 316 7 Bahasa Mandarin 174
8 Matematika 318 8 Matematika 180
9 Fisika 319 9 Fisika 184
10 Kimia 320 10 Kimia 187
11 Biologi 321 11 Biologi 190

12 Perabot Umum 409 12 Teknik Furnitur 616
13 Perabot Kayu 410
14 Perabot Logam 411
15 Perabot Lainnya 412
16 Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik 416 13 Teknik Instalasi Tenaga Listrik 617
17 Teknik Listrik Industri 418 14 Teknik Otomasi Industri 618
18 Teknik Mekanik Otomotif 427 15 Teknik Kendaraan Ringan 586
19 Restoran 433 16 Jasa Boga 608
20 Tata Busana Umum 441 17 Busana Butik 609
21 Design Busana 442
22 Tata Busana Lainnya 443
23 Budidaya Ternak Harapan 447 18 Agribisnis Aneka Ternak 610
24 Budidaya Ikan 449 19 Agribisnis Perikanan 449
25 Budidaya Ikan Air Tawar 450
26 Budidaya Ikan Air Laut 451
27 Budidaya Ikan Air Payau 452
28 Budidaya Perikanan Lainnya 454
29 Teknologi Hasil Pertanian 455 20 Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian 456
30 Pengolahan Hasil Pertanian Pangan 456
31 Pengolahan Hasil Pertanian Non Pangan 457
32 Teknologi Pencelupan 487 21 Teknik Penyempurnaan Tekstil 590
33 Teknologi Pencapan 488
34 Geologi Pertambangan Umum 494 22 Geologi Pertambangan 495
35 Geologi Pertambangan 495
36 Geologi Khusus Lainnya 497
37 Teknik Transmisi Radio 515 23 Teknik Transmisi Telekomunikasi 599
38 Teknik Transmisi Kabel 516
39 Teknik Suitsing 517 24 Teknik Suitsing 517
40 Teknik Akses Radio 518
41 Teknik Akses Kabel 519 25 Teknik Jaringan Akses 600
42 Teknik Survei dan Pemetaan 521 26 Teknik Survey dan Pemetaan 521
43 Teknik Survei dan Pemetaan 522
44 Teknik Pendingin dan Tata Udara Umum 536 27 Teknik Pendinginan dan Tata Udara 536
45 Teknik Pendingin dan Tata Udara 537
46 Penjualan 28 Pemasaran 615
47 Perdagangan 542
48 Asuransi 544
49 Koperasi 545
50 Usaha Jasa Pariwisata 548 29 Usaha Perjalanan Wisata 607

51 Pekerjaan Sosial Umum Dan Khusus 551 30 Perawatan Sosial 602
52 Budidaya Tanaman Umum 552 31 Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura 553
53 Budidaya Tanaman Pangan 553
54 Budidaya Tanaman Sayuran 554
55 Budidaya Tanaman Hias 555
56 Budidaya Tanaman Buah Tahunan 556
57 Budidaya Tanaman Buah Semusim 557
58 Pengolahan Hasil Hutan 559 32 Kehutanan (4 Tahun) 614
59 Grafis Komunikasi 564 33 Desain Komunikasi Visual 605
60 Animasi 34 Animasi 565
61 Keperawatan Umum 575 35 Keperawatan 575
62 Perawat Medis 576
63 Kesehatan Umum 579 36 Analis Kesehatan 580
64 Analisis Kesehatan 580
65 Kesehatan Khusus Lainnya 581
66 Teknik Produksi Obat 583 37 Farmasi Industri 601


TABEL 2
KONVERSI BIDANG STUDI SECARA TIDAK LANGSUNG

KODE BIDANG STUDI TAHUN 2007-2008 KODE BIDANG STUDI TAHUN 2009-2011
NO. JENJANG/ MATA PELAJARAN KODE JENJANG/ MATA PELAJARAN KODE
I SD
1 Guru bid Studi di SD yg belum tercantum 061 Pilihan disesuaikan dengan bidang studi/mata pelajaran yang tercantum dalam sertifikat ATAU pilihan berikut ini:
1 Guru Kelas SD
2 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
II SMP/MTs
1 Kesenian, budaya dan keterampilan 104 Pilihan :
1 Seni Budaya 217
2 Keterampilan 227
2 Guru bid Studi di SMP yg belum tercantum 125 Pilihan disesuaikan dengan bidang studi/mata pelajaran yang tercantum dalam sertifikat ATAU pilihan berikut ini:
1 Seni Budaya 217
2 Keterampilan 227
III SMA/MA
1 Bahasa Asing Lain 177 Pilihan:
1 Bahasa Jerman 160
2 Bahasa Perancis 164
3 Bahasa Arab 167
4 Bahasa Jepang 170
5 Bahasa Mandarin 174
2 Bidang studi lain di SMA/MA yang belum tercantum 230 Pilihan disesuaikan dengan bidang studi/mata pelajaran yang tercantum dalam sertifikat ATAU pilihan berikut ini:
7 Antropologi 215
8 Bimbingan dan Konseling (Konselor) 810
IV SMK/MAK
1 Bahasa Asing Lain 317 Pilihan disesuaikan dengan bidang studi/mata pelajaran yang tercantum dalam sertifikat
1 Bahasa Jerman 160
2 Bahasa Perancis 164
3 Bahasa Arab 167
4 Bahasa Jepang 170
5 Bahasa Mandarin 174
2 Bidang studi umum lainnnya di SMK yg belum tercantum 322 Pilihan disesuaikan dengan bidang studi/mata pelajaran yang tercantum dalam sertifikat ATAU pilihan berikut ini:
6 Seni Budaya 217
7 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 220
8 Bahasa Indonesia 156
9 Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) 330
10 Kewirausahaan 331
11 Bimbingan dan Konseling (Konselor) 810
3 Teknik Bangunan Umum (Sipil) 400 Pilihan :
12 Teknik Konstruksi Baja 401
13 Teknik Konstruksi Kayu 402
14 Teknik Konstruksi Batu dan Beton 403
4 Teknik Pekerjaan Finishing 404 Pilihan :
15 Teknik Konstruksi Baja 401
16 Teknik Konstruksi Kayu 402
17 Teknik Konstruksi Batu dan Beton 403
5 Teknik Konstruksi Bangunan Sederhana 405 Pilihan :
18 Teknik Konstruksi Baja 401
19 Teknik Konstruksi Kayu 402
20 Teknik Konstruksi Batu dan Beton 403
6 Teknik Bangunan (Sipil) Lainnya 408 Pilihan :
21 Teknik Konstruksi Baja 401
22 Teknik Konstruksi Kayu 402
23 Teknik Konstruksi Batu dan Beton 403
7 Teknik Listrik (Elektro) Umum 413 Pilihan :
24 Teknik Pembangkit Tenaga Listrik 415
25 Teknik Distribusi Tenaga Listrik 417
26 Teknik Transmisi Tenaga Listrik 414
27 Teknik Instalasi Tenaga Listrik 617
28 Teknik Otomasi Industri 618
8 Teknik Listrik/Elektro Lainnya 419 Pilihan :
29 Teknik Pembangkit Tenaga Listrik 415
30 Teknik Distribusi Tenaga Listrik 417
31 Teknik Transmisi Tenaga Listrik 414
32 Teknik Instalasi Tenaga Listrik 617
33 Teknik Otomasi Industri 618
9 Teknik Mesin Umum 420 Pilihan :
34 Teknik Pengelasan 421
35 Teknik Fabrikasi Logam 422
36 Teknik Pengecoran Logam 423
37 Teknik Pemesinan 424
38 Teknik Pemeliharaan Mekanik Mesin 425
39 Teknik Gambar Mesin 426
10 Teknik Mesin Lainnya 431 Pilihan :
40 Teknik Pengelasan 421
41 Teknik Fabrikasi Logam 422
42 Teknik Pengecoran Logam 423
43 Teknik Pemesinan 424
44 Teknik Pemeliharaan Mekanik Mesin 425
45 Teknik Gambar Mesin 426
46 Teknik Kendaraan Ringan 586
47 Teknik Alat Berat 428
48 Teknik Perbaikan Bodi Otomotif 429
49 Teknik Ototronik 430
11 Tataboga Umum 432 Pilihan :
50 Jasa Boga 608
51 Patiseri 434
12 Tataboga Lainnya 435 Pilihan :
52 Jasa Boga 608
53 Patiseri 434
13 Tata Kecantikan Umum 436 Pilihan :
54 Kecantikan Kulit 437
55 Kecantikan Rambut 438
14 Spa 439 Pilihan :
56 Kecantikan Kulit 437
57 Kecantikan Rambut 438
15 Tata Kecantikan Lainnya 440 Pilihan :
58 Kecantikan Kulit 437
59 Kecantikan Rambut 438
16 Budidaya Ternak Umum 444 Pilihan :
60 Agribisnis Ternak Ruminansia 445
61 Agribisnis Ternak Unggas 446
62 Agribisnis Aneka Ternak 610
17 Budidaya Ternak Lainnya 448 Pilihan :
63 Agribisnis Ternak Ruminansia 445
64 Agribisnis Ternak Unggas 446
65 Agribisnis Aneka Ternak 610
18 Kria Khusus Lainnya 465 Pilihan :
66 Desain dan Produksi Kria Tekstil 460
67 Desain dan Produksi Kria Kulit 461
68 Desain dan Produksi Kria Keramik 462
69 Desain dan Produksi Kria Logam 463
70 Desain dan Produksi Kria Kayu 464
19 Teknologi Pesawat Terbang Umum 466 Pilihan :
71 Pemesinan Pesawat Udara 467
72 Konstruksi Rangka Pesawat Udara 468
73 Konstruksi Badan Pesawat Udara 469
74 Air Frame dan Power Plant 470
75 AEI M&R 471
76 Kelistrikan Pesawat Udara 472
77 Elektronika Pesawat Udara 473
20 Teknologi Pesawat Terbang Lainnya 474 Pilihan :
78 Pemesinan Pesawat Udara 467
79 Konstruksi Rangka Pesawat Udara 468
80 Konstruksi Badan Pesawat Udara 469
81 Air Frame dan Power Plant 470
82 AEI M&R 471
83 Kelistrikan Pesawat Udara 472
84 Elektronika Pesawat Udara 473
21 Teknik Perkapalan Umum 475 Pilihan :
85 Teknik Konstruksi Kapal Baja 476
86 Teknik Pengelasan Kapal 477
87 Teknik Instalasi Pemesinan Kapal 478
88 Kelistrikan Kapal 479
89 Teknik Gambar Rancang Bangun Kapal 480
22 Bangunan Kapal Kayu dan Fiberglass 481 Pilihan :
90 Teknik Konstruksi Kapal Kayu 481
91 Teknik Konstruksi Kapal Fiberglass 588
23 Teknik Perkapalan Khusus Lainnnya 482 Pilihan :
92 Teknik Konstruksi Kapal Baja 476
93 Teknik Pengelasan Kapal 477
94 Teknik Instalasi Pemesinan Kapal 478
95 Kelistrikan Kapal 479
96 Teknik Gambar Rancang Bangun Kapal 480
24 Teknologi Tekstil Umum 483 Pilihan :
97 Teknik Pemintalan Serat Buatan 484
98 Teknik Pembuatan Benang 485
99 Teknik Pembuatan Kain 486
100 Teknik Penyempurnaan Tekstil 590
25 Teknologi Tekstil Khusus Lainnya 489 Pilihan :
101 Teknik Pemintalan Serat Buatan 484
102 Teknik Pembuatan Benang 485
103 Teknik Pembuatan Kain 486
104 Teknik Penyempurnaan Tekstil 590
105 Garmen 591
26 Grafika Umum 490 Pilihan :
106 Persiapan Grafika 492
107 Produksi Grafika 491
27 Grafika Khusus Lainnya 493 Pilihan :
108 Persiapan Grafika 492
109 Produksi Grafika 491
28 Perminyakan 496 Pilihan :
110 Teknik Produksi Perminyakan 595
111 Teknik Pemboran Minyak 596
112 Teknik Pengolahan Minyak, Gas, dan Petro Kimia 597
29 Instrumentasi Industri Umum 498 Pilihan :
113 Teknik Instrumentasi Gelas 502
114 Teknik Instrumentasi Logam 501
30 Instrumentasi Khusus Lainnya 503 Pilihan :
115 Teknik Instrumentasi Gelas 502
116 Teknik Instrumentasi Logam 501
31 Kimia Umum 504 Pilihan :
117 Kimia Industri 505
118 Kimia Analisis 506
32 Kimia Khusus Lainnya 507 Pilihan :
119 Kimia Industri 505
120 Kimia Analisis 506
33 Pelayaran Umum 508 Pilihan :
121 Nautika Kapal Niaga 509
122 Teknika Kapal Niaga 510
123 Nautika Kapal Penangkap Ikan 511
124 Teknika Kapal Penangkap Ikan 512
34 Teknika Kapal/Pelayaran Khusus Lainnya 513 Pilihan :
125 Nautika Kapal Niaga 509
126 Teknika Kapal Niaga 510
127 Nautika Kapal Penangkap Ikan 511
128 Teknika Kapal Penangkap Ikan 512
35 Telekomunikasi Umum 514 Pilihan :
129 Teknik Transmisi Telekomunikasi 599
130 Teknik Suitsing 517
131 Teknik Jaringan Akses 600
36 Teknik Telekomunikasi Khusus Lainnya 520 Pilihan :
132 Teknik Transmisi Telekomunikasi 599
133 Teknik Suitsing 517
134 Teknik Jaringan Akses 600
37 Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Umum) 523 Pilihan :
135 Rekayasa Perangkat Lunak 524
136 Teknik Komputer dan Jaringan 525
137 Multi Media 526
38 TIK Khsusus Lainnya 527 Pilihan :
138 Rekayasa Perangkat Lunak 524
139 Teknik Komputer dan Jaringan 525
140 Multi Media 526
39 Teknik Radio, Televisi dan Film Umum 528 Pilihan :
141 Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio 529
142 Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian 530
40 Tek Radio, TV Dan Film Lainnya 531 Pilihan :
143 Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio 529
144 Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian 530
41 Teknik Elektronika Umum 532 Pilihan :
145 Teknik Audio-Video 533
146 Teknik Elektronika Industri 534
42 Teknik Elektronika Khusus Lainnya 535 Pilihan :
147 Teknik Audio-Video 533
148 Teknik Elektronika Industri 534
43 Bisnis dan Manajemen Umum 538 Pilihan :
149 Administrasi Perkantoran 539
150 Akuntansi 540
151 Pemasaran 615
152 Perbankan 543
44 Bisnis Dan Manajemen Khusus Lainnya 546 Pilihan :
153 Administrasi Perkantoran 539
154 Akuntansi 540
155 Pemasaran 615
156 Perbankan 543
45 Pariwisata Umum 547 Pilihan :
157 Usaha Perjalanan Wisata 607
158 Akomodasi Perhotelan 549
46 Pariwisata Khusus Lainnya 550 Pilihan :
159 Usaha Perjalanan Wisata 607
160 Akomodasi Perhotelan 549
47 Budidaya Tanaman Khusus Lainnya 561 Pilihan :
161 Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura 553
162 Agribisnis Tanaman Perkebunan 558
48 Seni Rupa Umum 562 Pilihan :
163 Seni Lukis 603
164 Seni Patung 604
49 Seni Murni 563 Pilihan :
165 Seni Lukis 603
166 Seni Patung 604
50 Seni Rupa Khusus Lainnya 566 Pilihan :
167 Seni Lukis 603
168 Seni Patung 604
51 Seni Pertunjukan Umum 567 Pilihan :
169 Seni Musik Klasik 568
170 Seni Musik Non Klasik 569
171 Seni Tari 570
172 Seni Karawitan 571
173 Seni Pedalangan 572
174 Seni Teater 573
52 Seni Pertunjukkan Khusus Lainnya 574 Pilihan :
175 Seni Musik Klasik 568
176 Seni Musik Non Klasik 569
177 Seni Tari 570
178 Seni Karawitan 571
179 Seni Pedalangan 572
180 Seni Teater 573
53 Keperawatan Khusus Lainnya 578 Pilihan :
181 Keperawatan 575
182 Keperawatan Gigi 577
54 Kefarmasian Khusus Lainnya 584 Pilihan :
183 Farmasi 582
184 Farmasi Industri 601
55 Bidang Kejuruan Lainnya 585 186 Pilihan disesuaikan dengan kompetensi keahlian yang sesuai
V SD/SMP/SMA/SMK/SLB
1 Guru SD/SMP/SMA/SMK dalam rumpun kesehatan 802 1 Pilihan disesuaikan dengan latar belakang pendidikan atau bidang studi/mata pelajaran yang tercantum dalam sertifikat
2 Guru SD/SMP/SMA/SMK dalam rumpun pertanian yang belum tercantum 804
3 Guru SD/SMP/SMA/SMK dalam rumpun perikanan yang belum tercantum 806
4 Guru SD/SMP/SMA/SMK dalam rumpun kesehatan yang belum tercantum 808
5 Guru Pendidikan Luar sekolah yang belum tercantum 812
6 Guru dalam rumpun pekerja sosial yang belum tercantum 814
7 Guru bidang studi lainnya yang belum tercantum 815
8 Muatan Lokal 063 2 Pilihan disesuaikan dengan bidang studi yang relevan atau bidang studi/mata pelajaran yang tercantum dalam sertifikat


TABEL 3
BIDANG STUDI YANG TIDAK BERUBAH

KODE BIDANG STUDI TAHUN 2007-2008 KODE BIDANG STUDI TAHUN 2009-2011
NO. JENJANG/ MATA PELAJARAN KODE JENJANG/ MATA PELAJARAN KODE
I TK/RA
1 Umum 020 1 Guru Kelas TK 020
II SD/MI
1 Umum (kelas awal dan akhir) 027 1 Guru Kelas SD 027
III SMA/MA
1 PKN 154 1 PKN 154
2 Bahasa Indonesia (dan Sastra) 156 2 Bahasa Indonesia (dan Sastra) 156
3 Bahasa Inggris 157 3 Bahasa Inggris 157
4 Bahasa Jerman 160 4 Bahasa Jerman 160
5 Bahasa Perancis 164 5 Bahasa Perancis 164
6 Bahasa Arab 167 6 Bahasa Arab 167
7 Bahasa Jepang 170 7 Bahasa Jepang 170
8 Bahasa Mandarin 174 8 Bahasa Mandarin 174
10 Matematika 180 10 Matematika 180
11 Fisika 184 11 Fisika 184
12 Kimia 187 12 Kimia 187
13 Biologi 190 13 Biologi 190
14 Sejarah 204 14 Sejarah 204
15 Geografi 207 15 Geografi 207
16 Ekonomi (umum, koperasi, akuntansi) 210 16 Ekonomi 210
17 Pengetahuan Sosial (Sosiologi, IPS terpadu) 214 17 Pengetahuan Sosial (Sosiologi, IPS terpadu) 214
18 Kesenian (dan budaya) 217 18 Kesenian (dan budaya) 217
19 Pendidikan Jasmani (OR dan kesehatan) 220 19 Pendidikan Jasmani (OR dan kesehatan) 220
20 TI & K (Teknologi Informasi dan Komunikasi) 224 20 TI & K (Teknologi Informasi dan Komunikasi) 224
21 Keterampilan 227 21 Keterampilan 227
IV SMK/MAK
22 Teknik Konstruksi Baja 401 22 Teknik Konstruksi Baja 401
23 Teknik Konstruksi Kayu 402 23 Teknik Konstruksi Kayu 402
24 Teknik Batu dan Beton 403 24 Teknik Konstruksi Batu dan Beton 403
25 Teknik Gambar Bangunan 406 25 Teknik Gambar Bangunan 406
26 Teknik Plumbing & Sanitasi 407 26 Teknik Plambing dan Sanitasi 407
27 Teknik Transmisi Tenaga Listrik 414 27 Teknik Transmisi Tenaga Listrik 414
28 Teknik Pembangkit Tenaga Listrik 415 28 Teknik Pembangkit Tenaga Listrik 415
29 Teknik Distribusi Tenaga Listrik 417 29 Teknik Distribusi Tenaga Listrik 417
30 Teknik Las 421 30 Teknik Pengelasan 421
31 Teknik Pembentukan 422 31 Teknik Fabrikasi Logam 422
32 Teknik Pengecoran 423 32 Teknik Pengecoran Logam 423
33 Teknik Pemesinan 424 33 Teknik Pemesinan 424
34 Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri 425 34 Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri 425
35 Teknik Gambar Mesin 426 35 Teknik Gambar Mesin 426
36 Teknik Alat Berat 428 36 Teknik Alat Berat 428
37 Teknik Body Otomotif 429 37 Teknik Perbaikan Bodi Otomotif 429
38 Teknik Elektro Otomotif 430 38 Teknik Ototronik 430
39 Patiseri 434 39 Patiseri 434
40 Tata Kecantikan Kulit 437 40 Kecantikan Kulit 437
41 Tata Kecantikan Rambut 438 41 Kecantikan Rambut 438
42 Budidaya Ternak Ruminansia 445 42 Agribisnis Ternak Ruminansia 445
43 Budidaya Ternak Unggas 446 43 Agribisnis Ternak Unggas 446
44 Budidaya Rumput Laut 453 44 Agribisnis Rumput Laut 453
45 Pengawasan Mutu 458 45 Pengawasan Mutu 458
46 Kria Tekstil 460 46 Desain dan Produksi Kria Tekstil 460
47 Kria Kulit 461 47 Desain dan Produksi Kria Kulit 461
48 Kria Keramik 462 48 Desain dan Produksi Kria Keramik 462
49 Kria Logam 463 49 Desain dan Produksi Kria Logam 463
50 Kria Kayu 464 50 Desain dan Produksi Kria Kayu 464
51 Permesinan 467 51 Pemesinan Pesawat Udara 467
52 Konstruksi Rangka Pesawat Udara 468 52 Konstruksi Rangka Pesawat Udara 468
53 Konstruksi Badan Pesawat Udara 469 53 Konstruksi Badan Pesawat Udara 469
54 Air Frame & Power Plant 470 54 Air Frame dan Power Plant 470
55 AEI Maintenance & Repair 471 55 AEI M&R 471
56 Kelistrikan Pesawat Udara 472 56 Kelistrikan Pesawat Udara 472
57 Elektronika Pesawat Udara 473 57 Elektronika Pesawat Udara 473
58 Pembangunan dan Perbaikan Kapal Baja 476 58 Teknik Konstruksi Kapal Baja 476
59 Las Kapal 477 59 Teknik Pengelasan Kapal 477
60 Instalasi Permesinan Kapal 478 60 Teknik Instalasi Pemesinan Kapal 478
61 Listrik Kapal 479 61 Kelistrikan Kapal 479
62 Gambar Rancang Bangun 480 62 Teknik Gambar Rancang Bangun Kapal 480
63 Teknologi Pemintalan Serat Buatan 484 63 Teknik Pemintalan Serat Buatan 484
64 Teknologi Pembuatan Benang 485 64 Teknik Pembuatan Benang 485
65 Teknologi Pembuatan Kain Tenun 486 65 Teknik Pembuatan Kain 486
66 Produksi Grafika 491 66 Produksi Grafika 491
67 Persiapan Grafika 492 67 Persiapan Grafika 492
68 Kontrol Proses 499 68 Kontrol Proses 499
69 Kontrol Mekanik 500 69 Kontrol Mekanik 500
70 Instrumentasi Logam 501 70 Teknik Instrumentasi Gelas 502
71 Instrumentasi Gelas 502 71 Teknik Instrumentasi Logam 501
72 Kimia Industri 505 72 Kimia Industri 505
73 Analis Kimia 506 73 Kimia Analisis 506
74 Nautika Kapal Niaga 509 74 Nautika Kapal Niaga 509
75 Teknika Kapal Niaga 510 75 Teknika Kapal Niaga 510
76 Nautika Kapal Penangkap Ikan 511 76 Nautika Kapal Penangkap Ikan 511
77 Teknika Kapal Penangkap Ikan 512 77 Teknika Kapal Penangkap Ikan 512
78 Rekayasa Perangkat Lunak 524 78 Rekayasa Perangkat Lunak 524
79 Teknik Komputer dan Jaringan 525 79 Teknik Komputer dan Jaringan 525
80 Multi Media 526 80 Multi Media 526
81 Teknik Siaran Radio 529 81 Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio 529
82 Produksi Program Pertelevisian 530 82 Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian 530
83 Teknik Audio – Video 533 83 Teknik Audio-Video 533
84 Teknik Elektronika Industri 534 84 Teknik Elektronika Industri 534
85 Administrasi Perkantoran 539 85 Administrasi Perkantoran 539
86 Akuntansi 540 86 Akuntansi 540
87 Perbankan 543 87 Perbankan 543
88 Akomodasi Perhotelan 549 88 Akomodasi Perhotelan 549
89 Budidaya Tanaman Perkebunan 558 89 Agribisnis Tanaman Perkebunan 558
90 Pembibitan Tanaman 560 90 Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman 560
91 Seni Musik Klasik 568 91 Seni Musik Klasik 568
92 Seni Musik Non Klasik 569 92 Seni Musik Non Klasik 569
93 Seni Tari 570 93 Seni Tari 570
94 Seni Karawitan 571 94 Seni Karawitan 571
95 Seni Pedalangan 572 95 Seni Pedalangan 572
96 Seni Teater 573 96 Seni Teater 573
97 Pengatur Rawat Gigi 577 97 Keperawatan Gigi 577
98 Kefarmasian Umum 582 98 Farmasi 582
V SD/SMP/SMA/SMK/SLB
1 Guru Pendidikan Luar Biasa 800 1 Guru Pendidikan Luar Biasa 800
2 Guru Bimbingan Konseling 810 2 Guru Bimbingan Konseling (Konselor) 810


TABEL 4
VERIFIKASI KODE BIDANG STUDI GURU YANG DIANGKAT DALAM JABATAN PENGAWAS

NO JENJANG PENDIDIKAN RUMPUN MATA PELAJARAN KODE SERTIFIKASI GURU KONVERSI KODE
1 PAUD/TK/RA 1 Pengawas PAUD/TK/RA 900 020
2 SD/MI 2 Pengawas SD/MI 910 027
3 SMP/MTs 1 Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 911 Bagi pengawas yang berasal dari guru sesuai dengan bidang studi pada sertifikat pendidik yang diperoleh ketika mengikuti sertifikasi guru.
2 Ilmu Pengetahuan Sosial 912
3 Bahasa 913
4 Olah Raga 914
5 Seni dan Budaya 915
4 SMA/MA 1 Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 921 Bagi pengawas yang bukan berasal dari guru, sesuai dengan bidang studi yang ditempuh pada pendidikan S-1/D-4.
2 Ilmu Pengetahuan Sosial 922
3 Bahasa 923
4 Olah Raga 924
5 Seni dan Budaya 925
5 SMK/MAK 1 Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 931 Bagi pengawas yang bukan berasal dari guru yang memiliki S-1 dari program studi selain kependidikan, seperti Administrasi Pendidikan, Teknologi Pembelajaran, Kurikulum Pendidikan, dll, tidak diikutkan sebagai peserta UKG.
2 Ilmu Pengetahuan Sosial 932
3 Bahasa 933
4 Olah Raga 934
5 Seni Budaya 935
6 Tekhnik dan Industri 936
7 Pertanian dan Kehutanan 937
8 Bisnis dan Manajemen 938
9 Pariwisata 939
10 Kesejahteraan Masyarakat 940
11 Seni dan Kerajinan 941
6 SDLB/SMPLB/SMALB 1 Pengawas SLB 950 800
7 SD/MI; SMP/MTs; SMA/MA/SMK/MAK* 2 Pengawas Bimbingan dan Konseling atau Konselor 953 810

A.n Kepala Badan PSDMP-PMP,
Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik

Unifah Rosyidi
NIP. 19620405 198703 2 001

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s