KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)


 

 

 

 

KURIKULUM

SMP NEGERI 2 ARGA MAKMUR

 

 

 

Tahun Pelajaran 2011/2012

 

PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU UTARA

DINAS PENDIDIKAN NASIONAL

SMP NEGERI 2 ARGA MAKMUR

SEKOLAH STANDAR NASIONAL(SSN)

Jl. Ratu samban 12 Lubuk sahung  Arga Makmur

TAHUN 2011

PEMBERLAKUAN

 

 

KURIKULUM

SMP NEGERI 2 ARGA MAKMUR

TAHUN 2011/2012

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                    

           Menyetujui,                                                    Arga Makmur,  Juli 2011.

Komite Sekolah                                                        Kepala Sekolah,

 

 

 

Drs.Saiful.Amri.                                                        BUNAZIM,SPd.MM

Ketua                                                         NIP.196303101987031017

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Dinas Pendidikan Nasional

Kabupaten Bengkulu Utara

H  A  R  Y  A  D  I,  S. Pd, MM

NIP. 19660310 198803 1 007

 

 

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL        ……………………………………………………………..  0

PEMBERLAKUAN         …………………………………………………………….. 1

DAFTAR ISI                   ……………………………………………………………..  2

KATA PENGANTAR     ……………………………………………………………..  3

BAB I.   PENDAHULUAN  

  A. Rasional   ………………………………………………………

2

  B. Landasan  ……………………………………………………..

5

  C. Tujuan Penyusunan KTSP ………………………………

5

  D. Pengertian  ……………………………………………………

8

BAB II.  VISI, MISI, TUJUAN  

  A. Visi SMP Negeri 2 Arga Makmur ………………………

9

  B. Misi SMP Negeri 2 Arga Makmur ……………………..

9

  C. Tujuan SMP Negeri 2 Arga Makmur………………….

9

   

 

BAB III.  STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM  

  A. Struktur Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur

11

  B. Muatan Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur

12

  1. Mata Pelajaran …………………………………………..

12

  2. Muatan Lokal …………………………………………….

12

  3. Kegiatan Pengembangan Diri ………………………

12

  2. Pengaturan Beban Belajar ………………………….

16

  5. Ketuntasan Belajar …………………………………….

16

  6. Remedial ………………………………………………….

17

  7. Kenaikan Kelas …………………………………………

18

  8. Nilai Raport ………………………………………………

18

  9. Kelulusan  ………………………………………………..

18

10.Pendidikan Kecakapan Hidup

(LIFE SKILL) ……………………………………………                19

11.Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal

Dan Global ………………………………………………                20

12.Pendidikan Karakter ………………………………….                20

 

BAB IV.  KALENDER PENDIDIKAN  …………………………….  

23

   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

 

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT  yang telah memberikan limpahan rahmat,  hidayah dan karunianya  sehingga Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur ini dapat disusun kembali tepat pada waktunya.

 

Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur sebagai dokumen resmi sekolah merupakan bagian  perencanaan sekolah dari keseluruhan manajerial sekolah yang dikembangkan dari Rencana Kerja Sekolah (RKS), yang dbuat berdasarkan kodisi sekolah sebagai pedoman dan acuan dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar,  dengan harapan dapat  meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ini.

 

Kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu tersusunnya KTSP Semoga apa yang telah kita lakukan dapat bermanfaat bagi kita semua.

 

Harapan kami, mudah-mudahan rencana-rencana tersebut dapat terealisasi dan mendapat tangapan yang positif dari berbagai fihak terutama stakeholder, dalam rangka peningkatan mutu pendidikan

 

 

 

Tim Penyusun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KURIKULUM

SMP NEGERI 2 ARGA MAKMUR

TAHUN 2011/2012

 

BAB I 

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

SMP Negeri 2 Arga Makmur telah  mengalami peningkatan dari sekolah potensial  menjadi Rintisan Sekolah Standar Nasional. Sebagai Rintisan sekolah  standar nasional,  hal tersebut  merupakan suatu harapan yang selama ini diperjuangkan dan sekaligus sebagai tantangan bagi semua warga sekolah dan stakeholder lainnya.

Pada saat ini sekalipun telah mendapatkan pembinaan dan pendanaan selama 2 tahun, namun  SMP Negeri 2 Arga Makmur belum sepenuhnya memenuhi Standar Nasional. Untuk itu perlu diadakan pembenahan dan pembinaan yang terus menerus untuk meraih dan mempertahankan kualitas sebagai Rintisan sekolah standar  Nasional.

Salah satu bentuk pelaksanaan standar nasional di sekolah,  untuk itu sekolah menyusun Kurikulum sekolah berdasarkan 8 standar nasional pendidikan, antara lain standar Kompetensi lulusan, Standar  Isi, Standar Proses, standar tenaga pendidik dan kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar Penilaian. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu, diantaranya adalah untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional, yaitu untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Dalam rangka menyesuaikan dengan kekhasan, kondisi sekolah, potensi daerah dan peserta didik, Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.

  1. Landasan

Adapun yang menjadi landasan hukum penyusunan Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur adalah :

1.   Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Ketentuan dalam UU 20/2003 yang mengatur KTSP, adalah Pasal 1 ayat (19); Pasal 18 ayat (1), (2), (3), (2); Pasal 32 ayat (1), (2), (3); Pasal 35 ayat (2); Pasal 36 ayat (1), (2), (3), (2); Pasal 37 ayat (1), (2), (3); Pasal 38 ayat (1), (2).

2.   Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Ketentuan di dalam PP 19/2005 yang mengatur KTSP, adalah Pasal 1 ayat (5), (13), (12), (15); Pasal 5 ayat (1), (2); Pasal 6 ayat (6); Pasal 7 ayat (1), (2), (3), (2), (5), (6), (7), (8); Pasal 8 ayat (1), (2), (3); Pasal 10 ayat (1), (2), (3); Pasal 12 ayat (1), (2)

  1. Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Standar Isi mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan  siswa SMP Negeri 2 Arga Makmur. Termasuk dalam Standar isi adalah : Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum, Standar Kompetensi ( SK ) dan kompetensi dasar ( KD ).
  2. Permen Diknas Nomor 23 Tahun 2006  tentang  Standar Kompetensi Lulusan, hal tersebut merupakan kualifikasi kemampuan lulusan siswa SMP Negeri 2 Arga Makmur yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan.
  3. Permen Diknas Nomor 20 Tahun 2007  tentang  Standar Penilaian, hal tersebut merupakan kualifikasi kemampuan lulusan siswa SMP Negeri 2 Arga Makmur yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan.
  4. Permendiknas RI No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Permendiknas RI No. 20 Tahun 2007 tentang Sistem Penilaian
  6. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2007 tentang Sarana dan Prasarana
  7. Permendiknas RI No. 29 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan

10. Permendiknas RI No. 21 Tahun 2007 tentang Standar Proses

11. Permendiknas RI No. 69 Tahun 2009 tentang Stndar Pembiayaan

12. PP No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan

13. Inpres nomor 1/2010 tentang
Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010 yang menyatakan/menghendaki/ memerintahkan  pengembangan karakter peserta didik melalui pendidikan di sekolah.

 

C.  Tujuan Penyusunan Kurikulum

Kurikulum SMP  Negeri 2 Arga Makmur disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan di SMP Negeri 2 Arga Makmur.

Acuan Operasional Penyusunan Kurikulum  SMP Negeri 2 Arga Makmur ini disusun dengan memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan KTSP sebagai berikut :

  1. 1.    Peningkatan Iman dan taqwa serta Akhlak mulia.

Keimanan dan ketaqwaan serta Akhlak mulia menjadi dasar pembentukan kepribadian peserta didik SMP Negeri 2 Arga Makmur secara utuh. Kurikulum Tingkat  SMP Negeri 2 Arga Makmur disusun agar sejauh mungkin semua mata pelajaran dan kegiatan pengembangan diri dapat menunjang peningkatan iman taqwa serta Akhlak mulia.

  1. Peningkatan potensi, kecerdasan dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan  siswa SMP  Negeri 2 Arga Makmur. Pendidikan merupakan proses sistematik untuk meningkatkan martabat manusia secara holistik yang memungkinkan potensi diri         (afektif, kognitif, psikomotor ) berkembang secara optimal. Sejalan dengan itu Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur disusun dengan memperhatikan potensi, Tingkat Perkembangan, Pemahaman, minat, kecerdasan intelektual, emosional dan soaial, spiritual dan kinestetik   peserta didik  SMP Negeri 2 Arga Makmur.
  2. Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan SMP Negeri 2 Arga Makmur. Bengkulu Utara memiliki potensi, kebutuhan, tantangan dan keragaman dan karakteristik lingkungan, masing– masing daerah memerlukan pendidikan sesuai dengan karakteristik daerah dan pengalaman  kehidupan sehari–hari. Oleh karena itu Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur harus memuat keragaman tersebut untuk menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan pengembangan daerah Bengkulu Utara Khususnya dan Provinsi Bengkulu umumnya.
  3. Tuntutan pembangunan daerah dan nasional.

Dalam era otonomi dan desentralisasi untuk mewujudkan pendidikan yang otonom dan demokratis di SMP Negeri 2 Arga Makmur perlu memperhatikan keragaman dan mendorong partisipasi masyarakat dengan tetap mengedapankan wawasan nasional dan internasional. Untuk itu keduanya harus ditampung secara berimbang dan saling mengisi.

  1. Tuntutan Dunia Kerja.

Kegiatan pembelajaran harus dapat mendukung tumbuh kembangnya pribadi peserta didik di SMP Negeri 2 Arga Makmur, yang berjiwa kewirausahaan dan mempunyai kecakapan hidup, oleh sebab itu, Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur perlu memuat kecakapan hidup untuk membekali peserta didik memasuki dunia kerja. Hal ini sangat penting terutama bagi satuan pendidikan kejuruan dan peserta didik yang tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

  1. Perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni

Pendidikan perlu mengantisipasi dampak global yang membawa masyarakat berbasis pengetahuan dimana IPTEK sangat berperan sebagai penggerak utama perubahan. Penddidikan harus terus menerus melakukan adaptasi dan penyesuaian perkembangan IPTEKS sehingga tetap relevan dan kontekstual dengan perubahan. Oleh karena itu, Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur harus dikembangkan secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

  1. Agama

Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur harus dikembangkan untuk mendukung peningkatan iman dan taqwa serta akhlak mulia dengan tetap memelihara toleransi dan kerukunan umat beragama, oleh karena itu, muatan Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur semua mata pelajaran harus ikut mendukung peningkatan iman, taqwa dan akhlak mulia.

  1. Dinamika Perkembangan Global

Pendidikan harus menciptakan kemandirian, baik pada individu maupun bangsa, yang sangat penting dalam dinamika perkembangan global dimana pasar bebas sangat berpengaruh pada semua aspek kehidupan semua bangsa. Pergaulan antar bangsa yang semakin dekat memerlukan individu yang mandiri dan mampu bersaing serta memiliki kemampuan untuk hidup berdampingan dengan suku-sukubangsa lain.

  1. Persatuan Nasional dan Nilai-Nilai Kebangsaan

Pendidikan di SMP Negeri 2 Arga Makmur diarahkan untuk membangun karakter dan wawasan kebangsaan bagi seluruh  peserta didik, yang manjdi landasan penting bagi upaya memelihara persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka NKRI. Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur harus dapat mendorong berkembangnya wawasan dan sikap kebangsaan serta persatuan nasional untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam wilayah NKRI. Muatan kekhasan daerah harus dilakukan secara proporsional.

10. Kondisi Sosial Budaya Masyarakat Setempat

Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik sosial budaya masyarakat setempat dan menunjang pelestarian keragaman bdaya. Penghayatan dan apresiasi pada budaya setempat harus terlebih dahulu ditumbuhkan sebelum mempelajari budaya dari daerah dan bangsa lain.

11. Kesetaraan Jender

Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur diarahkan kepada terciptanya pendidikan yang berkeadilan dan mendukung upaya kesetaraan jender.

12. Karakteristik Satuan Pendidikan

Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur dikembangkan sesuai dengan visi, misi, tujuan, kondisi dan ciri khas satuan pendidikan SMP Negeri 2 Arga Makmur.

 

D.  Pengertian

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus.

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan proses pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

TUJUAN SEKOLAH

 

Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur disusun untuk menyesuaikan program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah. Tujuan pendidikan SMP adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahklak mulia, serta keterampilan ntuk hidup mandiri mengikuti pendidikan lebih lanjut.  Untuk itu maka SMP Negeri 2 Arga Makmur merumuskan :

A.  VISI SMP NEGERI 2 ARGA MAKMUR

“Terdepan dalam prestasi berdasarkan imtaq dan iptek” tahun 2015

Indikator VISI :

1.  Terwujudnya prestasi akademik dan non akademik

2.  Terwujudnya sikap budi pekerti yang luhur didasari iman dan taqwa

3. Terwujudnya SDM pendidikan yang memiliki kemampuan sesuai      tuntutan iptek

Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan, tugas dan tanggung jawab sekolah dalam  jangka panjang dengan arah yang jelas,  yaitu

 

B.  MISI SMP NEGERI 2 ARGA MAKMUR

1. Menanamkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.

2.  Membentuk kepribadian peserta didik yang berahlak mulia, memiliki kecakapan hidup dan menguasai Iptek

3.  Meningkatkan kesadaran peserta didik sebagai makhluk sosial dalam tatanan kemasyarakatan, dan aktif memelihara/melestarikan lingkungan.

2.  Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan melalui pengalaman langsung sesuai dengan minat dan bakat peserta didik.

C. Tujuan SMP NEGERI 2 ARGA MAKMUR

1.  Meningkatkan perilaku akhlak mulia bagi peserta didik.

2.  Mempersiapkan peserta didik sebagai bagian dari anggota masyarakat yang mandiri dan berguna.

3.  Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan minat dan bakat peserta didik, melalui pembelajaran yang efektif.

2.  Mempersiapkan peserta didik dalam melanjutkan pendidikan lebih lanjut.

Tujuan SMP Negeri 2 Arga Makmur  Dalam 5 Tahun (2007-2012)

1.  Peningkatan pemerataan akses, mutu, efesiensi, relevansi dan tata kelola pendidikan yang baik.

2.  Pencapaian standar isi (Kurikulum tingkat satuan pendidikan, model/sistem penilaian, RPP lengkap)

3.  Pencapaian standar proses (diterapkannya CTL dan  belajar tuntas)

2.  Pencapaian standar kelulusan (tercapainya kelulusan sebesar 95 %)

5.  Pencapaian standar Pendidikan dan tenaga Kependidikan (tercapainya 95 % kualifikasi S1 bagai guru, mengajar sesuai bidangnya dan 30 % dapat mengembangkan profesianya)

6.  Pencapaian standar sarana prasarana sekolah (memiliki labaoratorium IPA, Bahasa dan Komputer yang berfungsi dan terawat baik)

7.  Pencapaian standar pengelolaan (pengelolaan pembelajaran, sarana prasarana, kesiswaan dan administrasi)

8.  Pencapaian standar Penilaian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

 

A.  Struktur Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur 

Struktur Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas VII sampai kelas IX.  Struktur Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur disusun berdasarkan Standar Kompetensi Kelulusan dan Standar Isi stiap  Mata Pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Mamemuat 10 Mata Pelajaran, Muatan Lokal dan Pengembangan diri.
  2. Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah termasuk keunggulan daerah yang materinya tidak bisa dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada.
  3. Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik SMP Negeri 2 Arga Makmur untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan dan minat, bakat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi atau dibimbing pembina, guru atau tenaga  kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstra kurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial belajar dan pengembangan karir peserta didik.
  4. Substansi Mata Pelajaran IPA dan IPS pada Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur merupakan IPA terpadu dan IPS terpadu.
  5. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagai tertera dalam struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan SMP Negeri 2 Arga Makmur.
  6. Alokasi waktu satu jam pelajaran 20 menit dilaksanakan mulai hari senin sampai dengan sabtu.
  7. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran ( dua semester ) adalah 38 minggu.

 

 

 

 

 

 

Struktur Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur

 

Komponen

Kelas dan Alokasi Waktu

VII

VIII

IX

A. Mata Pelajaran

1.   Pendidikan Agama

2

2

2

2.   Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

2

3.   Bahasa Indonesia

4

4

4

2.   Bahasa Inggris

4

4

4

5.   Matematika

4

4

4

6.   Ilmu Pengetahuan Alam

4

4

4

7.   Ilmu Pengetahuan Sosial

4

4

4

8.   Seni Budaya

2

2

2

9.   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

2

2

2

10. Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi

2

2

2

B.   Muatan Lokal

2

2

2

C. Pengembangan Diri

2*)

2*)

2*)

Jumlah

34

34

34

2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran

B.  Muatan Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur 

1.   Mata Pelajaran

Kurikulum SMP Negeri 2 Arga Makmur  memuat kelompok mata pelajaran sebagai berikut ini:

  1. kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;

b.    kelompok mata pelajaran kewarganegaraan   dan kepribadian;

  1. kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
  2. kelompok mata pelajaran estetika;
  3. kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.

Masing-masing kelompok mata pelajaran tersebut di implementasikan dalam kegiatan pembelajaran pada setiap mata pelajaran secara menyeluruh. Dengan demikian, cakupan dari masing-masing kelompok itu dapat diwujudkan melalui mata pelajaran yang relevan. Cakupan setiap kelompok mata pelajaran adalah sebagai berikut:

CAKUPAN KELOMPOK MATA PELAJARAN

NO

KELOMPOK MATA PELAJARAN

CAKUPAN

1.

Agama dan Akhlak Mulia

Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.

2.

Kewarganegaraan dan Kepribadian Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.

Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.

3.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMP dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.

2.

Estetika Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.

5.

Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SMP dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan hidup sehat.

Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.

  1. 2.    Muatan Lokal

 

Muatan Lokal dapat dikembangkan dan dilaksanakan oleh SMP Negeri 2 Arga Makmur berdasarkan:

 

  1. Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), potensi dan kebutuhan daerah yang mencakup aspek ekonomi, budaya, bahasa, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), ekologi, dan lain-lain;
  2. Kebutuhan, minat, dan bakat peserta didik;
  3. Ketersediaan daya dukung/potensi satuan pendidikan (internal) antara lain:
  • Kurikulum Satuan Pendidikan yang memuat mata pelajaran muatan lokal;
  • Sarana prasarana: ruang belajar, peralatan praktik, media pembelajaran, buku/bahan ajar sesuai dengan mata pelajaran muatan lokal yang diselenggarakan;
  • Ketenagaan dengan keahlian sesuai tuntutan mata pelajaran muatan lokal;
  • Biaya operasional pendidikan yang diperoleh melalui berbagai sumber.
  1. Ketersediaan daya dukung eksternal antara lain:
  • Dukungan Pemda Kab./Kota berupa kebijakan, pembinaan dan fasilitas/pembiayaan;
  • Stakeholders yang memiliki kepedulian untuk mendukung keseluruhan proses penyelenggaraan mata pelajaran muatan lokal, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program;
  • Nara sumber yang memiliki kemampuan/keahlian sesuai dengan mata pelajaran Muatan Lokal  yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan;
  • Satuan pendidikan formal lain dan/atau satuan pendidikan  non formal yang terakreditasi.

Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, maka muatan lokal yang dipilih oleh SMP Negeri 2 Arga Makmur adalah Bahasa Rejang 2 jam pelajaran untuk kelas 7, Pertanian 2 jam pelajaran untuk kelas 8, dan Tata Boga 2 jam pelajaran untuk kelas 9, alasan pemilihan muatan lokal tersebut didasarkan karena daerah Bengkulu Utara dikenal sebagai daerah pertanian, mayoritas bersuku Rejang, dan agar siswa mempunyai ketrampilan di bidang tata boga.

3.  Kegiatan Pengembangan Diri

Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri    dilakukan    oleh    tenaga   bimbingan konselor, guru, atau tenaga

 

kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk :

  1. Kegiatan Terprogram, meliputi kegiatan :

1)    Bimbingan Konseling, mencakup hal-hal yang berkenaan dengan pribadi, kemasyarakatan, belajar, dan karier peserta didik.

Bimbingan Konseling diasuh oleh guru yang ditugaskan.

2)    Pengembangan diri yang dilaksanakan sebagian besar di luar kelas (ekstrakurikuler)  diasuh oleh guru pembina. Pelaksanaannya secara reguler setiap hari dengan jadwal yang telah ditentukan,  yaitu:

a. Olah Raga, terdiri dari

  • Futsal
  • Bola Basket

b.  Pramuka

c.  Kesenian

d.  Keagamaan

e.  Paskibra

f.   PMR

g.BTA / SBA

Untuk melaksanakan kegiatan pengembangan diri harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

●     setiap peserta didik diwajibkan mengikuti kegiatan keagamaan dan memilih satu kegiatan pengembangan diri lainnya.

●     peserta didik dikategorkan tuntas dalam pengembangan diri, jika 75% kehadiran dalam mengikuti kegiatan tersebut dengan nilai baik

●     apabila dalam kegiatan pengembangan diri peserta didik memperoleh prestasi dengan membawa nama sekolah pada tingkat kota, propinsi maupun nasional akan diberi penghargaan, diantaranya piagam dan bonus nilai amat baik.

●     kegiatan pengembangan diri merupakan salah satu syarat kenaikan kelas

 

 

 

 

 

●     kriteria penilaian kegiatan pengembangan diri adalah:

Amat baik         =  A  1) kehadiran tidak kurang dari 75 %

2) berprestasi membawa nama sekolah,

3) Produk yang dihasilkan baik

Baik                   =  B  1) kehadiran 65% – 72%

Cukup               =  C  1) kehadiran 50% – 62%

Kurang              =   kurang dari 50 %

  1. Program pengembangan diri yang  mencakup kegiatan yang bersifat pembinaan karakter peserta didik  yang dilakukan secara rutin, spontan, dan keteladanan, dengan rincian sebagai berikut :

 

 

RUTIN

SPONTAN

KETELADANAN

Upacara membiasakan antri berpakaian rapi
Senam memberi salam memberikan pujian
Sholat berjamaah membuang sampah pada tempatnya tepat waktu
kunjungan pustaka Musyawarah hidup sederhana

Penilaian kegiatan pengembangan diri  bersifat kualitatif. Potensi, ekspresi, perilaku, dan kondisi psikologis peserta didik merupakan portofolio yang digunakan untuk penilaian.

2.  Pengaturan Beban Belajar

Beban belajar ditentukan berdasarkan penggunaan sistem paket. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran pada sistem paket dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Pengaturan  alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran yang terdapat pada semester ganjil dan genap dalam satu tahun ajaran dapat dilakukan secara fleksibel dengan jumlah beban belajar yang tetap. SMP Negeri 2 Arga makmur menambah  3 jam pembelajaran per minggu. Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur dalam sistem paket adalah 0 – 50 %.

 

  1. 5.       Ketuntasan Belajar

Untuk menentukan KKM Menggunakan Kriteria-kriteria sebagai berikut:

a.   Tingkat Kompleksitas (kesulitan dan kerumitan) setiap SK/KD yang harus dicapai oleh siswa.

b.   Kemampuan Sumber Daya Pendukung : Yaitu ketersediaan tenaga, sarana dan prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan, manajemen sekolah, kepedulian stakholders sekolah.

c.   Tingkat Kemampuan (Intake)  rata-rata siswa

i.    KKM kelas VII berdasarkan pada rata-rata ijasah SD.

ii.   KKM Kelas VIII dan IX  berdasarkan pada tingkat pencapaian KKM   kelas sebelumnya.

  1. Kreteria Ketuntasan Minimal  (KKM) ditentukan per aspek
  2. Untuk menentukan ketuntasan mata pelajaran, jika mata pelajaran mempunyai beberapa aspek yang dinilai; maka nilai beberapa aspek dijumlahkan dan dibuat rata-rata dan dibandingkan dengan rata-rata KKM.

Daftar Nilai KKM SMP Negeri 2 Arga Makmur adalah :

 

Komponen

Ketuntasan Belajar Kelas

 

VII

VIII

IX

 
A. Mata Pelajaran      
  1. 1.  Pendidikan Agama

 

 

Agama Hindu

 

75

75

76

75

75

77

 2. Pendidikan       Kewarganegaraan

75

76

77

 

3. Bahasa Indonesia

75

75

76

 

2. Bahasa Inggris

75

76

75

 5. Matematika

75

76

76

 

6. Ilmu Pengetahuan Alam

75

77

77

 

7. Ilmu Pengetahuan Sosial

76

76

76

 

8. Seni Budaya

75

76

76

 9. Pendidikan Jasmani, Olahragadan Kesehatan

75

76

76

10 Keterampilan/Teknologi

Informasi dan Komunikasi

75

76

76

B. Muatan Lokal

1. Pertanian

 

2. Bahasa Rejang

75

75

76

77

78

78

 

C. Pengembangan Diri

 

B

B

B

6.  Remedial

a)          Remedial dilaksanakan minimal 1 kali untuk setiap kali dilakukan ulangan harian  (Setelah satu atau beberapa Kompetensi dasar)

b)          Nilai hasil remedial tidak boleh melebihi KKM

c)               Kompetensi yang diremedial adalah yang tidak tuntas / tidak lulus.

7. Kenaikan Kelas

Syarat untuk dapat naik kelas adalah :

1)          Lulus / tuntas pada semua mata pelajaran

2)          Boleh tidak lulus / tidak tuntas maksimal 3 mata pelajaran

3)          Kehadiran 95 %,  alfa  5 %

4)          Berprilaku minimal baik, dengan indikator tidak berkelahi, tidak melakukan pelecehan seksual dan tidak mencuri

5)          Mengikuti minimal satu kegiatan pengembangan diri

6)         Penetapan kenaikan kelas dihitung dari hasil semester 1 dan 2 dengan ketentuan sebagai berikut :

– Jika semester 1 dan 2 nilai suatu mata pelajaran tuntas, mata pelajaran tsb dinyatakan tuntas.

– Jika semester 1 dan 2 nilai suatu mata pelajaran tidak tuntas, mata pelajaran harus dilakukan perhitungan pada mata pelajaran tersebut sebagai berikut : Hitunglah nilai rata-rata semester 1 dan 2 pada mata pelajaran tersebut, kemudian hitunglah rata-rata KKM semester 1 dan 2 mata pelajaran tersebut, jika nilai rata-rata semester 1 dan 2 mata pelajaran tersebut sama atau lebih besar dari rata-rata KKM, mata pelajaran tersebut dinyatakan tuntas.

8.   Nilai Raport

Perhitungan untuk menentukan nilai raport ditentukan dengan Bobot  sebagai berikut :

1)            Nilai Harian dengan bobot                            3

2)            Ujian tengan semester dengan bobot         1

3)            Ujian akhir semester dengan bobot            1

9.   Kelulusan

Sesuai dengan ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 Ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah:

a.   menyelesaikan seluruh program pembelajaran;

b.    memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan;

c.  lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan

d.   lulus Ujian Nasional.

 

  1. 10.      Pendidikan Kecakapan Hidup  (LIFE SKILL)

Pendidikan Kecakapan Hidup yang dikembangkan di SMP Negeri 2 Arga Makmur meliputi kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan akademik, kecakapan vokasional.

  1. a.  Kecakapan hidup personal meliputi :
  • terampil membaca dan menulis Al Qur’an,
  • rajin beribadah
  • jujur
  • disiplin
  • kerja keras

Kecakapan personal ini dapat dicapai dengan mata pelajaran Agama dan akhlak mulia, Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

  1. Kecakapan Sosial meliputi
  • Terampil  memecahkan masalah di lingkungannya
  • Memiliki sikap sportif
  • Membiasakan hidup sehat
  • Sanggup bekerjasama
  • Sanggup berkomunikasi lisan dan tertulis

Kecakapan sosial ini dapat dicapai dengan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan  Ilmu Pengetahuan Alam.

  1. Kecakapan Akademik meliputi
  • Terampil dalam penelitian ilmiah (merencanakan dan melakukan penelitian dengan merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel, dan membuktikan variabel)
  • Terampil menerapkan teknologi sederhana
  • Kecakapan berpikir rasional

Kecakapan Akademik diintegrasikan dengan Matematika, Bahasa Indonesia   Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan  Ilmu Pengetahuan Alam.

  1. Kecakapan vokasional
  • Terampil berbahasa Inggris,
  • Terampil mengoperasikan komputer
  • Terampil membawakan acara
  • Terampil menulis karangan ilmiah/populer

Kecakapan vokasional diintegrasikan dengan mata pelajaran Matematika, TIK, Tata Boga,  Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

  1. 11.      Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
    1. Keunggulan lokal:

Wajib yaitu mata pelajaran Pertanian, Bahasa Rejang dan Tata Boga,  Sesuai dengan kondisi daerah Bengkulu Utara

  1. Keunggulan global yang akan dikembangkan antara lain :

1)  Kemampuan Berbahasa Inggris

2)  Mengoperasikan komputer hingga pemanfaatan internet

Keunggulan global tersebut sejalan/didukung SMP Negeri 2 Arga Makmur  yang menuntut bahasa Inggris dan penggunaan TIK untuk menyongsong dan menyiasati kebutuhan global.

Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global adalah pendidikan yang memanfaatkan keunggulan lokal dan kebutuhan daya saing global dalam  aspek ekonomi, budaya, bahasa, teknologi informasi dan komunikasi, ekologi, dan lain-lain, yang bermanfaat untuk pengembangan kompetensi peserta didik.

12. Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter  merupakan pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai kehidupan yang melandasi perilaku manusia berdasarkan norma agama, kebudayaan, hukum/konstitusi, adat istiadat, dan estetika. Pelaksanaannya terintegrasi dalam perencanaan, proses, dan penilaian pembelajaran. Nilai yang dikembangkan di SMP Negeri 2 Arga Makmur  antara lain :

  1. Nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan

1)     Religius

  1. Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri

1)     Jujur

2)     Bertanggung jawab

3)     Bergaya hidup sehat

4)     Disiplin

5)     Kerja keras

6)     Percaya diri

7)     Berjiwa wirausaha

8)     Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif

9)     Mandiri

10)  Ingin tahu

11)  Cinta ilmu

  1. c.     Nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama

1)    Sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain

2)    Patuh pada aturan-aturan sosial

3)    Menghargai  karya dan prestasi orang lain

4)    Santun

5)    Demokratis

  1. d.     Nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungan

1)     Peduli sosial dan lingkungan

  1. e.     Nilai kebangsaan

1)     Nasionalis

2)     Menghargai keberagaman

 

Distribusi Nilai-Nilai Utama ke Dalam Mata Pelajaran

 

 

Mata Pelajaran

 

 

Nilai Utama

1.   Pendidikan Agama Religius, jujur, santun, disiplin, bertanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan social, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, peduli
2.   PKn Nasionalis, patuh pada aturan sosial, demokratis, jujur, menghargai keragaman, sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain
3.   Bahasa Indonesia Berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif, percaya diri, bertanggung jawab, ingin tahu, santun, nasionalis
 2. Matematika Religius, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kepedulian, demokratis, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, kerja keras, keingintahuan, kemandirian, percaya diri
5.   IPS Nasionalis, menghargai keberagaman, Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, peduli social dan lingkungan, berjiwa wirausaha, jujur, kerja keras
6.   IPA ingin tahu, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, jujur, bergaya hidup sehat, percaya diri, menghargai keberagaman, disiplin, mandiri, bertanggung jawab, peduli lingkungan, cinta ilmu
7.   Bahasa Inggris Menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada aturan sosial
8.   Seni Budaya Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin tahu, jujur, disiplin, demokratis
9.   Penjasorkes Bergaya hidup sehat, kerja keras, disiplin, jujur, percaya diri, mandiri, menghargai karya dan prestasi orang lain
10. TIK/Keterampilan Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, mandiri, bertanggung jawab, dan menghargai karya orang lain
11. Muatan Lokal Menghargai keberagaman, menghargai karya orang lain, nasionalis, peduli

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

KALENDER PENDIDIKAN

 

Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran. Kalender pendidikan mencakup  permulaan tahun pelajaran,  waktu belajar efektif, waktu tengah semester dan waktu hari libur.

Dalam Tahun Pelajaran 2011/2012 rincian  Analisis Minggu dan hari efektif secara riil tampak sebagai berikut :

Semester I

No

Bulan

Jumlah Minggu

Jumlah hari

Kalender

Efektif

Kalender

Efektif

1

Juli

2

2

31

12

2

Agustus

5

3

31

12

3

September

2

3

30

17

2

Oktober

2

3

31

21

5

November

5

5

30

22

6

Desember

3

1

31

17

JUMLAH

23

17

182

105

 

Semester II

No

Bulan

Jumlah Minggu

Jumlah hari

Kalender

Efektif

Kalender

Efektif

1

Januari

2

3

31

16

2

Pebruari

5

5

29

21

3

Maret

2

2

31

21

2

April

2

3

30

12

5

Mei

5

2

31

22

6

Juni

2

2

30

21

JUMLAH

26

23

182

113

 

Secara rinci kalender pendidikan di SMP Negeri 2 Arga Makmur disusun sebagai berikut :

 

 

 

KALENDER KEGIATAN

SMP NEGERI 2 ARGA MAKMUR

TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SEMESTER 1

HLU :           JHE :10 HLK :  

JULI.2011

 

TGL

URAIAN KEGIATAN

1 ─ 16 Libur semester Genap T.P

Minggu

3

10

17

22/31

JME : 2

  2010/2011

Senin

2

11

18

25

18

Hari pertama masuk sekolah

  TP 2011/2012

Selasa

5

12

19

26

12 – 16 MOS kelas 7

Rabu

6

13

20

27

29

Menyambut Ramadhan

Kamis

7

12

21

28

30

Perkiraan libur awal Puasa

Jumat

1

8

15

22

29

     

Sabtu

2

9

16

23

30

     
HLU :           JHE :15 HLK :  

AGUSTUS.2011

 

TGL

URAIAN KEGIATAN

Minggu

7

12

21

28

JME : 3

1,2,3

Perkiraan libur awal puasa

`Senin

1

8

15

22

29

17

HUT Republik Indonesia

Selasa

2

9

16

23

30

23 – 28 Perkiraan libur menjelang

  Idul Fitri

Rabu

3

10

17

22

31

30 -31 Libur Idul Fitri 1232 H

Kamis

2

11

18

25

   

Jumat

5

12

19

26

   

Sabtu

6

13

20

27

     

     
HLU :           JHE : 17 HLK :  

SEPTEMBER.2011

 

TGL

URAIAN KEGIATAN

1 ─ 10

Perkiraan libur setelah Idul

Minggu

2

11

18

25

JME : 3

  Fitri

Senin

5

12

19

26

 

Selasa

6

13

20

27

   

Rabu

7

12

21

28

   

Kamis

1

8

15

22

29

 

Jumat

2

9

16

23

30

   

Sabtu

3

10

17

22

     
HLU :           JHE : 19 HLK :  

OKTOBER.2011

 

TGL

URAIAN KEGIATAN

   

Minggu

2

9

16

23/30

JME : 3

   

Senin

3

10

17

22/31

3 ─ 8

Perkiraan UTS

Selasa

2

11

18

25

 

Rabu

5

12

19

26

   

Kamis

6

13

20

27

 

Jumat

7

12

21

28

   

Sabtu

1

8

15

22

29

     

     
HLU :           JHE : 26 HLK :  

NOVEMBER.2011

 

TGL

URAIAN KEGIATAN

Minggu

7

12

21

28

JME : 5

 

Senin

1

8

15

22

29

   

Selasa

2

9

16

23

30

   

Rabu

3

10

17

22

   

Kamis

2

11

18

25

   

Jumat

5

12

19

26

 

Sabtu

6

13

20

27

     

     
HLU :           JHE : 9 HLK :  

DESEMBER.2011

 

TGL

URAIAN KEGIATAN

Minggu

2

11

18

25

JME : 1

 

Senin

5

12

19

26

,12 – 17

Ulangan Umum Akhir

  Semester Ganjil

Selasa

6

13

20

27

19 -23 Pengolahan Nilai Semester

  Ganjil

Rabu

7

12

21

28

22

Pembagian Raport

Kamis

1

8

15

22

29

26 – 31 Libur Akhir Semester Ganjil

Jumat

2

9

16

23

30

 

Sabtu

3

10

17

22

31

     

Keterangan :
1. Jumlah Minggu Effektif : 17 minggu
2. Jumlah Hari Belajar Effektif :  96 hari

KALENDER KEGIATAN

SMP NEGERI 2 ARGA MAKMUR

TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SEMESTER 2

HLU :           JHE : 20 HLK :  

JANUARI.2012

 

TGL

URAIAN KEGIATAN

JME : 2

Minggu

1

8

15

22

29

   

Senin

2

9

16

23

30

1

Libur Tahun Baru

Selasa

3

10

17

22

31

,2 – 7

Libur semester ganjil

Rabu

2

11

18

25

   

Kamis

5

12

19

26

   

Jumat

6

13

20

27

 

Sabtu

7

12

21

28

   

     

HLU :           JHE : 25 HLK :  

PEBRUARI.2011

JME : 2

TGL

URAIAN KEGIATAN

Minggu

5

12

19

26

 

Senin

6

13

20

27

 

Selasa

7

12

21

28

   

Rabu

1

8

15

22

29

   

Kamis

2

9

16

23

   

Jumat

3

10

17

22

   

Sabtu

2

11

18

25

   
HLU :           JHE : 15 HLK :  

MARET.2011

JME : 2

TGL

URAIAN KEGIATAN

Minggu

2

11

18

25

,19 – 22 UAS kelas IX dan UTS

Senin

5

12

19

26

kelas VII dan VIII

Selasa

6

13

20

27

26 – 30

Ujian Praktek kelas IX

Rabu

7

12

21

28

   

Kamis

1

8

15

22

29

 

Jumat

2

9

16

23

30

   

Sabtu

3

10

17

22

   
HLU :           JHE : 17 HLK :  

APRIL.2012

JME : 2

TGL

URAIAN KEGIATAN

Minggu

1

8

15

22

29

, 2 – 5 Ujian Sekolah kelas IX

Senin

2

9

16

23

30

23 – 26

Perkiraan UN

Selasa

3

10

17

22

 

Rabu

2

11

18

25

   

Kamis

5

12

19

26

   

Jumat

6

13

20

27

 

Sabtu

7

12

21

28

   

     

HLU :           JHE : 27 HLK :  

MEI.2011

JME : 5

TGL

URAIAN KEGIATAN

Minggu

7

12

21

28

2

Hari Pendidikan Nasional

Senin

1

8

15

22

29

20

Hari Kebangkitan Nasional

Selasa

2

9

16

23

30

   

Rabu

3

10

17

22

31

   

Kamis

2

11

18

25

   

Jumat

5

12

19

26

   

Sabtu

6

13

20

27

   

     
HLU :           JHE :12 HLK :  

JUNI.2011

JME : 2

TGL

URAIAN KEGIATAN

Minggu

3

10

17

22

,11 – 16 Perkiraan UKK Smt.Genap

  Kelas 7 dan 8

Senin

2

11

18

25

18 – 22

Pengolahan Nilai

Selasa

5

12

19

26

23

Pembagian raport

Rabu

6

13

20

27

25 – 30 Libur semester genap

Kamis

7

12

21

28

 

Jumat

1

8

15

22

29

   

Sabtu

2

9

16

23

30

   
Keterangan :
1. Jumlah Minggu Effektif : 19 minggu
2. Jumlah Hari Belajar Effektif :  128 hari

 

             

a.   Permulaan tahun pelajaran

–  Permulaan tahun pelajaran  adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Permulaan tahun pelajaran telah ditetapkan oleh Pemerintah yaitu tanggal 18 bulan Juli tahun 2011 dan berakhir pada tanggal 25 Juni tahun 2011 .

–  Masa orientasi siswa (MOS) baru dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 7, 8 dan 9 Juli 2010

  1. Waktu belajar efektif

Waktu belajar menggunakan sistem semester yang membagi 1 tahun pelajaran menjadi semester 1 (satu) dan semester 2 (dua).

Kegiatan pembelajaran dilaksanakan selama 6 (enam) hari, yaitu:

HARI

WAKTU BELAJAR

Senin 07.30 – 12.20
Selasa 07.30 – 12.00
Rabu 07.30 – 12.00
Kamis 07.30 – 12.00
Jum’at 07.30 – 11.05
Sabtu 07.30 – 12.00

Sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah, waktu pembelajaran efektif belajar ditetapkan sebanyak 23 minggu untuk setiap tahun pelajaran.

  1. Waktu tengah semester

Kegiatan tengah semester direncanakan selama 6 (lima) hari, pada minggu pertama bulan Oktober 2011. Kegiatan tengah semester akan diisi dengan ujian tengah semester.

  1. Waktu libur sekolah

Hari libur sekolah  adalah hari yang ditetapkan oleh sekolah, pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota untuk tidak diadakan proses pembelajaran di sekolah.

Penentuan hari libu memperhatikan ketentuan berikut ini:

 

  • Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan/atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan.
  • Peraturan Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota penentuan hari libur umum/nasional atau penetapan hari serentak untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sekolah mengambil kebijakan hari libur sebagai berikut ini.

 

  • Libur Awal Puasa
1  Agustus  – 3 Agustus. 2011
  • Libur Semester 1
 22 Desember  –  08 Januari  2011
  • Libur Semester 2
27 Juni –   11 Juli 2011

 

 

Hari libur yang ditentukan oleh Peraturan Pemerintah Pusat antara lain:

 

  • Tahun Baru Masehi
   
  • Idul Adha
   
  • Tahun Baru Imlek

 
  • Tahun Baru Hijriah

 
  • Hari Raya Nyepi

 
  • Maulid Nabi Muhammad SAW

 
  • Wafat Isa Al masih

 
  • Hari Raya Waisak

 
  • Kenaikan Isa Al Masih

 
  • Hari Kemerdekaan R I

 
  • Isra ‘Miraj Nabi Muhammad

 
  • Idul Fitri dan Cuti Bersama

 
  • Hari Raya Natal

 
 

 
  1. Jadwal Kegiatan

Rencana kegiatan sekolah tahun pelajaran 2009/ adalah sebagaimana tertera pada tabel berikut ini.

 

JADWAL KEGIATAN TAHUN 2010/2011

       

NO

JENIS KEGIATAN

PELAKSANAAN

KETERANGAN

1

Rapat Persiapan PSB  1 Juni 2010.

 

2

Penerimaan Peserta didik Baru 16-Juni s.d 12 Juli 2010  

3

Rapat Persiapan KBM Semester I 17 Juni 2010.  

2

Hari pertama tahun pelajaran 2007/2009 12 Juli 2010.  

5

Masa Orientasi Peserta didik Kelas VII 7 – 9 Juli 2010.  

6

Rapat Koordinasi TU 12 Juli 2010.  

7

Rapat Kordinasi Wali kelas 12 Juli 2010  

8

Rapat Kordinasi Pembina OSIS 12 Juli 2010  

9

Rapat Koordinasi Staf & wakil 12 Juli 2010.  

10

Rapat Pleno Komite 17 Juli 2010  

11

Peringatan Kemerdekaan RI 17 Agustus 2010  

12

Ujian Tengah Semester 1 27  September 2010 – 2 Oktober 2010  

13

Libur Awal Puasa 11-12  September   2010  

12

Libur Idul Fitri 6 Sept s.d 18 Oktober 2010  

15

Ujian Akhir Semester 1 13 – 18 Desember 2010  

16

Rapat Evaluasi Smt.1 & Persiapan Smt.2 22 Desember 2010  

17

Pembagian Raport 19 Desember 2010  

18

Libur Semester 1 22  Desember 2009 s.d 8-Januari 2011  

19

Hari pertama semester 2 10 Januari 2011  

20

Ujian tengah semester 12 – 19 Maret  2011  

21

Ujian akhir semester 13– 18  Juni 2011  

22

Rapat Pembentukan Panitia US/UN 5 Maret 2011  

23

Ujian Praktik 21 – 26 Apri 2011l  

22

Ujian Sekolah 28 – 29  Maret 2011  

25

Ujian Nasional 2 – 7 April 2011  

26

Rapat Kelulusan      Mei 2011  

27

Rapat Kenaikan Kelas 23  Juni 2011  

28

Pembagian Raport 25 Juni 2011  

29

Rapat Kerja Sekolah

22  Juni 2011

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s