ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG ) 1
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN *)
NAMA GURU/MAHASISWA |
: |
………………………………………….. |
|
N I M |
: |
………………………………………….. |
|
TEMPAT MENGAJAR |
: |
………………………………………….. |
|
KELAS |
: |
………………………………………….. |
|
MATA PELAJARAN |
: |
………………………………………….. |
|
WAKTU |
: |
………………………………………….. |
|
TANGGAL |
: |
………………………………………….. |
PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini:
1. Menentukan bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan 1.1 Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum (GBPP) 1.2 Merumuskan tujuan .*)
|
1 2 3 4 5
Rata-rata butir 1 = A |
2. Mengembangkan dan mengorgani-sasikan materi, media (alat bantu pembelajaran), dan sumber belajar 2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran 2.2 Menentukan dan mengembangkan alat bantu perbaikan pembelajaran 2.3 Memilih sumber belajar |
Rata-rata butir 2 = B |
3. Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran 3.1 Menentukan jenis kegiatan perbaikan pembelajaran 3.2 Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran 3.3 Menentukan alokasi waktu perbaikan pembelajaran 3.4 Menentukan cara-cara memotivasi siswa 3.5 Menyiapkan pertanyaan |
Rata-rata butir 3 = C |
4. Merancang pengelolaan kelas 4.1 Menentukan penataan ruang dan fasilitas belajar 4.2 Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam pembelajaran
|
Rata-rata butir 4 = D |
5. Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan alat penilaian 5.1 Menentukan prosedur dan jenis penilaian 5.2 Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban |
Rata-rata butir 5 = E |
6. Tampilan dokumen rencana pembelajaran 6.1 Kebersihan dan kerapian 6.2 Penggunaan bahasa tulis
|
Rata-rata butir 6 = F |
……….………………………
Pembimbing /Penguji I Pembimbing/Penguji II
_________________ __________________
NIP. NIP.
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG ) 2
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN Melaksanakan PEMBELAJARAN
1. | NAMA GURU/MAHASISWA | : | …………………………… |
2. | N I M | : | …………………………… |
3. | TEMPAT MENGAJAR/UJIAN | : | …………………………… |
4. | KELAS | : | …………………………… |
5. | MATA PELAJARAN | : | …………………………… |
6. | WAKTU | : | …………………………… |
7. | TANGGAL | : | …………………………… |
PETUNJUK
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2. Pusatkanlah perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut.
4. Khusus untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.
5. Nilailah semua aspek kemampuan guru.
1. Mengelola ruang dan fasilitas pembelajaran 1.1 Menata fasilitas dan sumber belajar 1.2 Melaksanakan tugas rutin kelas
|
1 2 3 4 5
Rata-rata butir 1 = A |
2. Melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran 2.1 Memulai pembelajaran 2.2 Melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan 2.3 Menggunakan alat bantu (media) pem- belajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan 2.4 Melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis
2.5 Melaksanakan perbaikan pembelajaran secara individual, kelompok atau klasikal 2.6 Mengelola waktu pembelajaran secara efisien |
1 2 3 4 5
Rata-rata butir 2 = B |
3. Mengelola interaksi kelas 3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan isi pembelajaran 3.2 Menangani pertanyaan dan respons siswa 3.3 Menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat, dan gerakan badan 3.4 Memicu dan memelihara keterlibatan siswa 3.5 Memantapkan penguasaan materi pembelajaran
|
Rata-rata butir 3 = C |
4. Bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar 4.1 Menunjukkan sikap ramah, luwes, terbuka, penuh pengertian, dan sabar kepada siswa 4.2 Menunjukkan kegairahan dalam mengajar 4.3 Mengembangkan hubungan antar- pribadi yang sehat dan serasi 4.4 Membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangannya 4.5 Membantu siswa menumbuhkan kepercayaan diri |
Rata-rata butir 4 = D |
5. Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam perbaikan pembelajaran mata pelajaran tertentu a. Bahasa Indonesia 5.1 Mendemonstrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia 5.2 Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar 5.3 Memberikan latihan keterampilan berbahasa 5.4 Peka terhadap kesalahan penggunaan istilah teknis
5.5 Memupuk kegemaran membaca
b. Matematika 5.1 Menanamkan konsep matematika melalui metode bervariasi yang sesuai dengan karakteristik materi 5.2 Menguasai simbol-simbol matematika 5.3 Memberikan latihan matematika dalam kehidupan sehari-hari 5.4 Menguasai materi matematika
c. IPA 5.1 Membimbing siswa membuktikan konsep IPA melalui pengalaman langsung terhadap objek yang dipelajari 5.2 Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman belajar dengan berbagai kegiatan 5.3 Menggunakan istilah yang tepat pada setiap langkah pembelajaran 5.4 Terampil dalam melakukan percobaan IPA serta tepat dalam memilih alat peraga IPA 5.5 Menerapkan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari 5.6 Menampilkan penguasaan IPA
d. IPS 5.1 Mengembangkan pemahaman konsep IPS terpadu 5.2 Mengembangkan pemahaman konsep waktu 5.3 Mengembangkan pemahaman konsep ruang 5.4 Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan (scarcity)
e. PPKn 5.1 Menggunakan metode dan alat bantu dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
5.2 Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan 5.3 Ketepatan penggunaan istilah-istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan 5.4 Menunjukkan penguasaan materi Pendidikan Kewarganegaraan 5.5 Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari.
|
1 2 3 4 5
Rata-rata butir 5.a = E
Rata-rata butir 5.b = E
Rata-rata butir 5.c = E
Rata-rata butir 5.d = E
1 2 3 4 5
Rata-rata butir 5.e = E |
6. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar 6.1 Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran 6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran
|
Rata-rata butir 6 = F
|
7. Kesan umum pelaksanaan pembelajaran 7.1 Keefektifan proses pembelajaran. 7.2 Penggunaan bahasa Indonesia lisan. 7.3 Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa. 7.4 Penampilan guru dalam pembelajaran
|
1 2 3 4 5
Rata-rata butir 7 = G |
Nilai APGK PKP PGSD/PGSM = Y
|
………….………………… 200…
Pembimbing/Penguji
__________________
NIP.
*) Coret yang tidak perlu